Sabtu, 29 Januari 2011

http://www.pelopor.com/Bagaimana Membuat Dan Menggunakan MIDI Files
MIDI sudah ada sejak tahun 1980 an tapi banyak orang masih belum mengerti apa itu MIDI. MP3 lebih banyak mendapatkan perhatian belakangan ini. Jadi, apa sebenarnya MIDI, dan dimana Anda dapat belajar lebih banyak lagi tentang MIDI? Disinilah, ada sebuah petunjuk mengenai seluk beluk MIDI.
Karaoke Files (.KAR) adalah Standard MIDI files yang menggunakan nomor-nomor track khusus untuk lyrik, melodi dan instrumen (seperti drum, bas, piano, gitar,dsb).
Ada lagi Karaoke Player bernama Gosing yang bisa membaca format KAR, MK1 & MID. Aplikasi Gratis ini dapat di Download langsung di situsnya www.gosing.com

Bermusik Dengan PC
Komputer bisa dipakai untuk menghasilkan musik seperti dimainkan oleh satu grup musik dengan peralatan lengkap. Dasarnya, hanya butuh sedikit perangkat dan tentu saja sedikit jiwa seni.
Dengan musik komputer, seseorang bisa merekam contoh (sample) suara ke dalam PC, kemudian menggu-nakannya kembali untuk diga-bungkan dengan sampel suara lain atau dengan musik yang dimainkan dengan alat musik yang sebenarnya.
Definisi Musik Digital
Musik jenis apa yang disebut dengan musik digital?
Apakah CD audio dapat dibilang musik digital? Apakah MP3, WMA, MIDI, dan format file musik lain disebut sebagai musik digital?
Ada beberapa pendapat yang berbeda mengenai arti musik digital, Pertama, musik digital ialah musik yang dikemas secara digital. Jadi CD audio, MP3, dan WMA merupakan contoh musik digital
Kedua, musik digital ialah musik yang diolah secara digital. Musik ini dihasilkan oleh alat musik asli, kemudian diolah secara digital. Misalnya, dalam sebuah lagu terdiri dari gitar akustik, bas, piano, dan drum. Lagu yang dimainkan oleh masing-masing alat musik direkam secara terpisah dan tidak berbarengan. Kemudian, dengan menggunakan perang-kat tertentu, suara-suara terse-but dipadukan serta diedit dan disempurnakan.
Terakhir, musik digital ialah musik yang dibuat secara digital. Saat pembuatan, suara-suara dihasilkan dengan me-rangkai sampel-sampel suara alat musik yang sudah ada, tanpa membutuhkan alat mu-sik. Musik digital tipe terakhir ini dapat dibuat tanpa bantuan alat musik sama sekali, hanya menggunakan komputer.
Mengapa Menggunakan PC
Dengan bantuan komputer dalam membuat musik digital tipe ketiga, keuntungannya adalah seseorang tidak perlu bisa memainkan alat musik. Kita tinggal mengambil sampel suara, meletakkannya pada tempat yang tepat, mengga-bungkannya dengan sampel-sampel suara yang lain se-hingga menjadi sebuah lagu.
Dengan menggunakan kompu-ter PC, kita dapat membuat musik dengan cara yang jauh lebih murah, karena dengan PC, ratusan bahkan ribuan alat musik bisa didapat untuk bereksperimen.
Mengenai perangkat untuk bermusik secara digital secara sederhana, alat yang dibu-tuhkan tak rumit. Dari segi perangkat keras, PC yang dilengkapi dengan kartu suara sudah cukup. Prosesornya cukup Pentium II saja, sudah bisa jalan. Kalau mau lebih mudah dalam bermusik boleh dilengkapi dengan keyboard MIDI.
Perangkat lunak untuk ber-musik digital banyak yang gratis alias freeware.
________________________________________
polyphonic ringtone adalah suatu nada dering yang menghasilkan suara polyphony.

Polyphonic ringtones dihasilkan dari metode rekaman data-data MIDI yang di "sequence". Seperti halnya rekaman pada umumnya, suara instrument musik akan dimainkan berdasarkan not-not lagu, tapi suara instrument musik sebenarnya bergantung pada peralatan untuk "playback" nya.

TERAPI DENGAN MENABUH DRUM
Mickey Hart pernah me-lapor-kan tentang man-faat instrumen perkusi bagi orang lanjut usia. Me-nurutnya, tubuh manusia merupakan mesin ritme multidimensi di mana segala sesuatunya ber-denyut secara sinkron, mulai kegiatan pencer-naan usus hingga sel-sel saraf di otak. Di dalam tubuh, ketukan utamanya ditentukan oleh sistem kardiovaskular, jantung dan paru-paru. Terapi drum bagi orang lanjut usia merupakan ide yang baik di zaman sekarang seperti halnya beribu-ribu tahun yang lalu.
Pengaruh Musik
Selama beberapa tahun belakangan ini Don Campbell mengungkapkan rahasia yang sudah dike-tahui selama berabad-abad: Musik bukan hanya hiburan. Musik adalah obat bagi tubuh dan jiwa. Dalam bahasa yang cerdas, lengkap, dan praktis, Don mampu men-jadi pemandu yang me-ngagumkan dalam me-ngantar kita menuju pe-mahaman akan kekuatan yang dikandung musik dalam membangkitkan inspirasi, mendidik, dan menyembuhkan. Pengaruh musik mampu menyajikan suatu alam yang berbeda ke dunia tempat kita tinggal.
Dilaporkan pasien-pasien stroke yang diberi terapi musik berkurang depresi dan kecemasan-nya dan menjadi lebih mantap emosi maupun motivasinya untuk berko-munikasi dibandingkan pasien-pasien yang men-dapatkan perawatan baku.
Selain dapat mempe-ngaruhi suasana hati, musik kini diketahui me-miliki kekuatan yang amat mengagumkan. Dalam bahasa sederhana, musik itu baik bagi Anda--secara fisik, emosi, dan spiritual.
Bunyi, nada, dan ritme, terutama yang terkan-dung dalam musik Mozart, lagu Gregorian, jazz, New Age, Latin, pop, bahkan musik gamelan, dapat mempertajam pi-kiran serta meningkatkan kreativitas. Dan yang menakjubkan, mampu menyembuhkan tubuh. Fenomena luarbiasa ini disebut Efek Mozart.
Dalam buku tersebut diperlihatkan bukti-bukti pemanfaatan musik untuk menangani berbagai ma-salah, dari kecemasan hingga kanker, tekanan darah tinggi, nyeri kronis, disleksia, bahkan penyakit mental. Di AS, murid-murid yang menyanyi atau memainkan alat musik, skor SAT-nya 50 poin lebih tinggi ketim-bang rata-rata nasional. Selama proses melahirkan, musik mampu meredakan kecemasan para calon ibu dan membantu menge-luarkan endorfin, pemati rasa sakit alamiah yang dimiliki tubuh, sehingga mengurangi kebutuhan akan anestesia.
VST= Virtual Studio Technology adalah sebuah antarmuka utk mengintegrasikan software audio synthesizer & efek plugin dgn penyunting audio & sistem rekaman hard-disk. VST & teknologi serupa menggunakan Digital Signal Processing utk mensimulasikan hardware studio rekaman tradisional dgn software. Tersedia plugin yg komersial & freeware, VST didukung oleh sejumlah besar aplikasi audio. Teknologi ini dilisensi oleh Steinberg.
MIDI
MIDI singkatan untuk Musical Instrument Digital interface. Ini adalah protokol yang ditetapkan di tahun 1983.
Pengertian yang sangat penting, adalah bahwa MIDI tidak mempunyai suara. MIDI mewakili "event" seluruh VST (Virtual Studio Technology) instrument yang dipakai MIDI dan banyak orang telah keliru, mempercayai bahwa MIDI adalah seperti suatu "sound generator". MIDI secara sederhana nya mentransfer informasi mengenai "event-event" seperti "pitch", "velocity", dan "duration" dari sebuah notasi.
Jadi, untuk contohnya, ketika kita menggunakan sebuah keyboard MIDI untuk memainkan suatu vst instrument, dan kita menekan tuts C1, keyboard MIDI terus mengirimkan informasinya bahwa not ini telah ditekan.
Apa yang begitu berguna dari MIDI adalah dari suatu protokol standard industri yang mengijinkan alat musik elektronik dapat berkomunikasi dengan yang lainnya. Sebelumnya, alat-alat musik yang berbeda dengan masing-masing konfigurasi-konfigurasi yang berbeda. Sekarang, ini memungkinkan untuk menulis sesuatu dengan hanya pada synthesizer, dan kemudian mengirimnya ke "Digital Audio Workstation" untuk menggunakan suara-suara yang kita suka. Memang kita juga dapat melakukan sebaliknya. Kita dapat mengirim "MIDI messages" (data-data MIDI) dari DAW ke alat yang lainnya. Data-data MIDI ini tidak mempunyai suara, data MIDI tersebut dapat dimainkan untuk seluruh jenis "event-event". Kabel MIDI biasanya digunakan didalam sebuah konfigurasi IN-OUT, tetapi ada juga konfigurasi MIDI Thru, yang mentransfer
secara langsung data dari MIDI IN ke sumber/alat lainnya, tanpa sebuah delay.
Jika kita mencari di internet, kita dapat menemukan koleksi dari beberapa MIDI song. Kita dapat membuka file MIDI di Cakewalk atau Cubase dan membacanya seperti misalnya tulisan not baloknya.
Untuk memaksimalkan kompatibilitasnya, tahun 1991, GM (General MIDI) dibuat. Ini adalah protokol yang ditetapkan, seperti poliphony, pemberian nomor program suara. Sebelumnya, sebuah synthesizer A dapat menggunakan program nomor 1, misalnya untuk sebuah suara string dan synthesizer B menggunakan program nomor 1 untuk suara piano. Dengan GM, ada sebuah ketentuan untuk setiap instrumen, misalnya program nomor 17 adalah untuk suara Drawbar Organ, program nomor 1 adalah untuk suara piano. Jadi, kita dapat pastikan, sebuah MIDI song yang dimainkan di alat musik/ synthesizer A, suaranya sama dengan yang dimainkan di synthesizer B.
Parameter MIDI yang begitu penting ketika menulis musik, adalah "velocity", seberapa kerasnya sebuah not dimainkan. Ada juga "aftertouch", yang artinya adalah tekanan tambahan yang dipakai setelah kita menekan sebuah tuts dan "sustain" yang dalam permainan Piano Akustik serta "Pitch bend" yang dapat digunakan ketika menirukan permainan sebuah gitar listrik.
Jadi, sekarang ini, MIDI begitu sederhana. Kita hanya memasang sebuah kabel MIDI dan mainkan
Kabel MIDI USB + Free Studio Music Producer + VSTi


Studio Music Producer
Music Studio Producer v1.25 New
Free MIDI sequenecer, DAW which can host VST(i).
Music Studio Producer adalah program musik untuk pemula dan profesional!
Music Studio Producer adalah versi Gratis dari Music Studio Independence
yang mempunyai sejumlah fungsi untuk semua jenis musik, seperti
composition, arrangement, recording, mixing dan mastering.
MIDI sequencer
Anda dapat membuat musik dengan berbagai cara seperti real-time recording, step recording dan editing hanya dengan menggunakan sebuah mouse!
You can edit music just as you want by using four kinds of windows ; Track,
Piano Roll, Score Roll, Event List and Mixer.
Audio
Sebagai contoh, Anda dapat melakukan mix gitar akustic dan vocal untuk
data MIDI.
Selanjutnya, Anda dapat menggunakan suatu effect untuk suara-suara ini.

Cara paling mudah untuk menghubungkan alat musik Keyboard ke PC atau Laptop!
Begitu mudahnya membuat sebuah Studio Musik di rumah (Home Recording) dengan Komputer PC/Laptop/Notebook . Dimulai dengan menghubungkan sebuah instrumen musik elektronik yang memiliki port MIDI OUT/IN ke Komputer dengan kabel MIDI USB. Dalam beberapa menit Anda akan dapat memainkan lagu-lagu dari file MIDI begitu juga lagu-lagu dapat direkam di Komputer Anda! Dengan software musik yang tepat, Anda dapat menambah instrumen musik tambahan, kemudian melakukan Edit, Mix, dan bahkan Mencetak lembaran Notasi Musik dari komposisi lengkap Anda. Produk USB MIDI CABLE ini telah lulus sertifikasi CE dan FCC. Kabel ini dapat mendukung Windows XP, Vista, begitu juga Mac OSX.
USB MIDI CABLE
Spesifikasi:
• USB powered and Class Compiliant untuk plug & play. Hanya dengan menghubungkan sebuah soket USB komputer untuk otomatis meng-install driver
• 1 in + 1 out MIDI interface; 16 MIDI input channels & 16 MIDI output channels
• Indikator aktivitas MIDI untuk masing-masing port
• Sangat praktis dan ringan
• Dapat dipindah-pindah, anda dapat menghubungkan dan mencabut sesuka anda inginkan, bahkan ketika Komputer sedang hidup
• Adaptor AC tidak diperlukan karena sumber daya berasal dari port USB Komputer
• Panjang Kabel 1,8 m
• Compared with other USB MIDI cable, this product almost has no latency
• Versi terakhir dengan built-in driver
• Mendukung sistim Windows XP, Vista dan Mac OS X
USB MIDI Cable: Rp. 275.000,-
SMS: 0856 888 5469
E-mail: fermata@centrin.net.id


Rp. 275.000,-

この猶予 =anugrah ini
MU.LAB Free
Audio-MIDI Sequencer

MU.LAB adalah sebuah alternatif, program aplikasi musik untuk Wundows dan OSX, menjadikan komputer Anda menjadi sebuah virtual music studio yang canggih!

MU.LAB tidak membanjiri Anda dengan sejumlah fitur yang rumit, dimana Anda tidak menggunakannya.

Sebaliknya, MU.LAB mudah dalam menggunakannya (user-friendly) yang di disain sebagai alat untuk menciptakan, menyempurnakan dan memainkan Musik Anda!

MU.LAB'memiliki kemampuan:
- Audio Recording & Playback
- MIDI Recording & Playback
- Flexible Composition & Sequence Editing
- Supports Audio and MIDI VST Plugins
- Powerful Audio and MIDI Plugin Routing (up to 100% modular if you want)
- Integrated high quality synths, samplers and effects
- High quality Audio Engine
- Sample Accurate Sequencing



Tidak ada komentar: