SOAL UKK MATA PELAJARAN KIMIA
KELAS XI PROGRAM IPA SMAN 1 BANJAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010
No.
1 Siswa dapat menentukan ke-4 bilangan kuantum yang benar dari electron terakhir suatu atom jika diberikan nomor atom unsur tersebut Harga keempat bilangan kuantum elektron terakhir pada unsur dengan nomor
atom 35 adalah ….
A. n = 4, I = 1, m = –1, s = – ½
B. n = 4, I = 1, m = 0, s = – ½
C. n = 4, I = 0, m = –1, s = + ½
D. n = 4, I = 1, m = +1, s = + ½
E. n = 4, I = 1, m = 0, s = + ½
2 Berdasarkan jumlah netron dan nomor massa yang diketahui, siswa dapat menentukan letak unsur tersebut dalam system periodic unsure-unsur Suatu atom unsur mempunyai konfigurasi elektron: 1s2 2s2 2p6 3s2 3p6 3d5 4s1. unsur tersebut dalam sistem periodik terdapat pada ….
A. golongan IA, periode ke-4
B. golongan VIIB, periode ke-4
C. golongan VIA, periode ke-4
D. golongan VIB, periode ke-3
E. golongan IB, periode ke-4
3 Jika diketahui nomor atom unsur-unsur yang berikatan, siswa dapat menentukan bentuk molekulnya berdasarkan teori tolakan pasangan elektron
4 Dari beberapa molekul yang diberikan, siswa dapat menentukan pasangan molekul yang memiliki ikatan hidrogen Dibawah ini adalah pasangan senyawa yang memiliki ikatan hidrogen adalah….
A. H2O dan HCl
B. HCl dan HI
C. H2O dan HF
D. HF dan HI
E. H2S dan HF
5 Berdasarkan grafik, siswa dapat menentukan daerah yang menyatakan perubahan entalpi dan jenis reaksinya
6 Siswa dapat menentukan harga perubahan entalpi reaksi berdasarkan harga entalpi pembentukan standar yang diketahui Diketahui data entalpi pembentukan standar berikut.
C3H8(g) = –104 kJ/mol
CO2(g) = –394 kJ/mol
H2O(l) = –286 kJ/mol
Harga ∆H reaksi:
C3H8(g) + 5O2(g) à 3CO2(g) + 4H2O(l)
adalah .…
A. –1034 kJ
B. –2222 kJ
C. –1121 kJ
D. –2232 kJ
E. –1134 kJ
7 Jika diberikan data energy ikatannya, siswa dapat menentukan dengan benar harga entalpi reaksinya Jika energi ikatan rata-rata dari .…
C = C : 146 kkal
C – Cl : 79 kkal
C – C : 83 kkal
H – Cl : 103 kkal
C – H : 99 kkal
Maka perubahan entalpi pada reaksi adisi etena dengan asam klorida menurut persamaan reaksi:
H2C = CH2 + HCl à H3C – CH2 – Cl sebesar ....
A. –510 kkal
B. +12 kkal
C. –72,8 kkal
D. +510 kkal
E. –12 kkal
8 Siswa dapat menentukan rumus laju reaksi yang benar berdasarkan persamaan reaksi yang diberikan
9 Dari data hasil percobaan yang diketahui, siswa dapat menentukan dengan benar persamaan laju reaksinya Data percobaan laju reaksi untuk:
2 NO(g) + 2H2(g) à N2(g) + 2H2O(g)
Berdasarkan data di atas, maka rumus laju reaksi yang benar adalah ….
A. v = k(NO)(H2)
B. v = k(NO)2
C. v = k(NO)(H2)2
D. v = k(H2)2
E. v = k(NO)2(H2)
10 Berdasarkan grafik yang diberikan siswa dapat menentukan grafik yang menyatakan energy aktiviasi akibat penggunaan katalis dalam suatu reaksi
11 Siswa dapat menentukan reaksi yang berlangsung paling cepat berdasarkan data percobaan dengan benar
12 Berdasarkan reaksi yang diberikan siswa dapat menentukan arah pergeseran reaksi kesetimbangan dengan benar, jika suhunya diubah
13 Jika diberikan konsentrasi zat mula-mula serta persentase zat yang bereaksi, siswa dapat menentukan konsentrasi zat hasil reaksi setelah kesetimbangan tercapai
14 Siswa dapat menentukan harga tetapan kesetimbangan dengan benar jika diketahui jumlah mol zat-zat mula-mula dan yang tersisa setelah kesetimbangan tercapai Dalam suatu bejana yang bervolume 1 liter, 4 mol gas NO2 membentuk kesetimbangan sebagai berikut:
2NO2(g) D 2NO(g) + O2(g)
Dalam keadaan setimbang pada suhu tetap terbentuk 1 mol O2. Tetapan kesetimbangan (Kc) adalah ….
A. 0,5
B. 2,0
C. 1,0
D. 4,0
E. 1,5
15 Diberikan tahap-tahap reaksi pembuatan asam sulfat, siswa dapat menentukan faktor-faktor agar dihasilkan asam sulfat yang maksimal
16 Jika suatu reaksi dimanipulasi, siswa dapat menentukan arah pergeserannya dengan benar PCl3(g) + Cl2(g) PCl5(g) ∆H = + a kJ
Faktor yang dapat memperbesar hasil reaksi atau pembentukan PCl5 adalah….
A. volume diperbesar
B. katalis ditambah
C. tekanan diperbesar
D. pereaksi dikurangi
E. suhu diturunkan
17 Berdasarkan reaksi asam basa yang diberikan, siswa dapat menentukan dengan benar pasangan asam basa konjugasinya sesuai teori asam basa Bronsted-Lowry Diketahui reaksi:
HCOOH + HNO2 D HCOOH2+ + NO2–
yang merupakan pasangan asam-basa konjugasi adalah ….
A. HNO2 dan NO2–
B. HCOOH dan NO2–
C. HCOOH dan HNO2
D. NO2– dan HCOOH2+
E. HCOOH dan HCOOH2+
18 Siswa dapat menghitung pH larutan basa kuat jika diketahui jumlah massa zat dalam suatu volume dengan benar
19 Berdasarkan jumlah mol asam yang diketahui, siswa dapat menghitung dengan benar konsentrasi basa yang diperlukan dalam suatu tittrasi
20 Siswa dapat menghitung volume asam yang diperlukan pada suatu titrasi dengan benar jika diketahui jumlah mol basa dan konsentrasi asam yang bereaksi
21 Siswa dapat menghitung dengan benar konsentrasi akhir suatu larutan asam yang konsentrasinya berbeda
22 Berdasarkan persamaan reaksi yang diberikan, siswa dapat menghitung massa garam yang dihasilkan dengan benar dari reaksi asam dan basa yang diketahui jumlah molnya
23 Jika diberikan beberapa campuran asam dan basa, siswa dapat menentukan dengan benar campuran yang membentuk larutan penyangga Campuran yang dapat membentuk larutan penyangga adalah .…
A. 50 mL CH3COOH 0,2 M + 50 mL NaOH 0,1 M
B. 50 mL HCl 0,2 M + 100 mL NH3 0,1 M
C. 50 mL HCl 0,2 M + 50 mL NH3 0,1 M
D. 50 mL CH3COOH 0,2 M + 100 mL NaOH 0,1 M
E. 50 mL HCl 0,2 M + 50 mL NaOH 0,1 M
24 Siswa dapat menghitung pH larutan penyangga yang terbentuk dari pencampuran asam dan basa dengan benar Asam asetat mempunyai Ka=10-5. Bila dibuat larutan penyangga dengan melarutkan 0,2 mol asam asetat dan 0,02 mol Na-asetat dalam 1 liter air, maka
larutan ini akan mempunyai pH ….
A. 3
B. 6
C. 4
D. 7
E. 5
25 Siswa dapat menghitung volume larutan asam lemah dengan konsentrasi tertentu yang diperlukan untuk membentuk larutan penyangga dengan pH tertentu Untuk membuat larutan penyangga dengan pH = 5, maka ke dalam 10 mL larutan 0,2 M NaOH harus ditambahkan larutan asam asetat 0,1 M (Ka = 1 x 10-5) sebanyak ... L.
A. 50
B. 40
C. 30
D. 20
E. 10
26 Siswa dapat menentukan system penyangga yang bekerja dalam tubuh manusia
27 Dari beberapa garam yang diketahui, siswa dapat menentukan dengan benar garam yang mengalami hidrolisis sebagian dan bersifat asam
28 Berdasarkan jumlah campuran asam dan basa yang diberikan, siswa dapat menentukan dengan benar, campuran yang menghasilkan garam terhidrolisis
29 Siswa dapat menghitung pH larutan garam terhidrolisis dari campuran asam basa yang diketahui konsentrasinya Jika dua buah larutan masing-masing mengandung 20 mL CH3COOH 0,2 M (Ka= 1x10-5) dengan 20 mL NaOH 0,2 M dicampur, pH larutan menjadi ….
A. 5
B. 7
C. 8
D. 9
E. 10
30 Siswa dapat menghitung pH larutan garam terhidrolisis yang diketahui konsentrasinya dengan benar Dalam larutan terdapat amonium klorida 0,1 M yang mengalami hidrolisis. Jika tetapan hidrolisis, Kh = 10-9, maka pH larutan adalah ….
A. 1
B. 7
C. 5
D. 9
E. 6
31 Berdasarkan grafik titrasi yang diketahui, siswa dapat menentukan jenis indicator yang tepat digunakan dengan benar
32 Berdasarkan kurva titrasi yang diberikan siswa dapat menentukan daerah yang membentuk larutan penyangga dengan benar
33 Siswa dapat menentukan dengan benar rumus tetapan hasil kali kelarutan garam yang sukar laruta
34 Berdasarkan harga Ksp yang diketahui, siswa dapat menghitung dengan benar kelarutan garam tersebut Jika hasil kali kelarutan AgCNS pada suhu 25oC adalah 4. 10-8, maka kelarutan AgCNS pada suhu yang sama adalah .…
A. 16 . 10–16
D. 2 . 10–4
B. 4 . 10–8
E. 64 . 10–16
C. 2 . 10–8
35 Siswa dapat megnhitung pH larutan garam yang sukar larut dengan benar, jika diketahui harga Ksp garam tersebut Larutan jenuh senyawa hidroksida dari suatu logam, M(OH)2 mempunyai pH = 10,00. Kelarutan senyawa ini adalah…..
A. 0,5 x10-2
B. 1,0 x 10-3
C. 0,5 x10-4
D. 1,0 x 10-4
E. 1,0 x 10-2
36 Siswa dapat menentukan garam yang akan membentuk endapan jika diketahui harga Ksp garam tersebut dan konsentrasi zat-zat yang dicampurkan
37 Jika diberikan penjelasan tentang pembuatan koloid, siswa dapat menentukan jenis koloid yang terbentuk dengan benar Dari cara pembuatan koloid berikut :
1. reaksi redoks
2. hidrolisis
3. peptisasi
4. Pengerusan
Yang termasuk cara pembuatan secara dispersi adalah:
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 2 dan 4
e. 3 dan 4
38 Siswa dapat menentukan fase terdispersi dan medium pendispersi dari contoh koloid yang diberikan dengan benar Kabut adalah sistem koloid dari :
a. gas dalam cair
b. cair dalam cair
c. gas dalam padat
d. gas dalam gas
e. cair dalam gas
39 Jika diberikan penjelasan fenomena yang terjadi, siswa dapat menentukan dengan benar sifat koloid yang sesuai dengan fenomena tersebut
40 Siswa dapat menentukan sifat koloid yang sesuai dengan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
http://putradnyana-kimia.blogspot.com/2010/05/soal-ukk-kimia-xi-ipa.html
Jumat, 06 Mei 2011
Soal UKK Kimia XI-IPA
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar