Jumat, 15 April 2011

Kuis TIK Dengan Power Point 2007

Sebenarnya ada banyak pilihan software aplikasi yang dapat kita gunakan untuk eksplorasi dalam pengajaran. Yang terpenting ketika kita menggunakan software aplikasi dalam pengajaran adalah kemudahan dalam penggunaan dan sampainya materi yang akan diberikan ke siswa-siswa kita. Percuma kita menggunakan software yang canggih, tetapi materi malah tidak sampai ke siswa. Hal tersebut bukan berarti bahwa kita antipati terhadap software aplikasi yang canggih. Sebagai tenaga pendidik kita juga harus pandai-pandai memilih media yang akan kita gunakan.

Di semester II ini saya mengajar animasi dengan software Macromedia Flash. Saya sedikit melakukan eksplorasi dalam evaluasi. Kalau di semester-semester sebelumnya saya gunakan ujian tulis biasa (soal diketik di kertas), maka kali ini saya gunakan Power Point 2007 untuk menaruh soal-soal TIK materi Macromedia Flash.

Berikut deskripsi evaluasi berbentuk kuis yang saya gunakan.
1. Bentuk soal: uraian singkat.
2. Media: PowerPoint 2007
3. Jumlah soal = 20 soal uraian singkat.
4. Tempat: lab komputer.
5. Jumlah siswa: 35-38.
6. Waktu: 4-5 menit (disesuaikan dengan tingkat kesulitan siswa).
7. Sifat ujian: boleh buka modul/mencoba di software Flash.
8. Jenis soal: jenis soal biasanya soal-soal yang berkaitan dengan tools, fungsi tools dan shortcut.
9. Kuis ini boleh diberitahukan kepada siswa 1 minggu sebelumnya atau tidak diberitahukan terlebih dahulu bagi saya tidak masalah.

Mekanisme:
Guru membuka slide show yang berisi 20 soal. Slide show akan berjalan secara otomatis. Tiap slide berisi 5 soal dan maksimal pengerjaan 1 menit. Jadi siswa mengerjakan selama 4-5 menit. Gunakan Rehearse Timings untuk mengatur waktu slide show. Slide show akan di tampilkan 2 kali (tergantung kemampuan siswa). Setelah waktu habis, pekerjaan siswa dikumpulkan, bisa langsung dikoreksi atau koreksi silang dengan kelas lain.

Kelebihan dengan metode ini:
1. Waktu yang digunakan lebih singkat (menghemat waktu).
2. Praktis, tidak perlu fotokopi kertas ulangan.
3. Mudah untuk memodifikasi soal.
4. Cocok untuk kuis-kuis TIK (berkaitan dengan perangkat lunak yang sedang dipelajari).
5. Kuis menjadi menarik dan tidak membosankan.

Kelemahan:
1. Dalam hal pengawasan, ada kemungkinan untuk mencontek, dapat disiasati dengan pengawasan yang lebih ketat. Dengan kuis ini biasanya siswa disibukkan dengan mencoba di komputer sehingga untuk melihat pekerjaan teman lain kecil kemungkinannya.

2. Evaluasi dengan bentuk kuis ini hanya cocok dengan bentuk uraian singkat.

Demikian sedikit cerita saya, salah satu pengalaman dalam bidang pengajaran terutama ketika saya memberikan evaluasi ke siswa. Refleksi: saya cukup merasa senang untuk melakukan eksplorasi ini, karena membuat saya untuk semakin maju dan berkembang ketika mengajar.

Semoga pengalaman singkat saya ini bermanfaat bagi Anda. Saran saya: jangan segan-segan untuk mencoba !!!

Berikut ini file kuis TIK yang saya ceritakan di atas. Ada dua file PowerPoint yang dapat Anda gunakan untuk berlatih. Dalam file ini juga saya sertakan jawaban dari soal dalam kuis.

Kuis TIK Flash

http://istiyanto.com/kuis-tik-dengan-power-point-2007/

Tidak ada komentar: