Selasa, 26 April 2011

TAHAPAN PTK

TAHAP PENELITIAN TINDAKAN

TAHAP PERENCANAAN

HARUS MENGUNGKAP TENTANG APA, MENGAPA,KAPAN,DIMANA,DAN BAGAIMANA TINDAKAN DILAKUKAN.PENELITIAN TINDAKAN YANG IDEAL DILAKUKANSECARA BERPASANGAN ANTARA PIHAK YG MELAKUKAN TINDAKAN DAN YANG MENGAMATI PROSES JALANNYA TINDAKAN.

TAHAP PELAKSANAAN TINDAKAN

IMPLEMENTASI/PENERAPAN RANCANGAN DI DALAM KANCAH,YAITU MENGENAKAN TINDAKAN DI KELAS

TAHAP PENGAMATAN

SEBAIKNYA PENGAMATAN DILAKSANAKAN BERSAMAAN DG PELAKSANAAN

TAHAP REFLEKSI

MENGEMUKAKAN KEMBALI,APA YG SUDAH BAIK DAN BAGAIN MANAYANG BELUM

KEEMPAT TAHAP TSB DLM PENELITIAN PTK MERUPAKAN SATU SIKLUS

SASARAN/OBYEK PTK

PTK HARUS TERTUJU ATAU MENGENAI HAL-HAL YANG TERJADI DI DALAM KELAS.
KELAS TIDAK HANYA TERBATAS PADA KELAS YANG SEDANG AKTIF BELAJAR DI RUANG TERTUTUP,TAPI DAPAT JUGA KETIKA SISWA TIDAK AKTIF BELAJAR(DI LABORATORIUM,DI OBYEK WISATA,SISWA SEDANG MENGERJAKAN TUGAS GURU,ATAU DI TEMPAT LAIN) (SUHARSIMI ARIKUNTO.2004:9)

OBYEK PENELITIAN PTK

OBYEK PENELITIAN TINDAKANKELAS HARUS MERUPAKAN SESUATU YANG AKTIF DAN DAPAT DIKENAI AKTIVITAS,BUKAN OBYEK YANG SEDANG DIAM DAN TANPA GERAK

UNSUR SISWA(KETIKA SISWA MELAKUKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN )
UNSUR GURU(KETIKA MELAKUKAN PEMBELAJARAN)
UNSUR MATERI PELAJARAN(KETIKA GURU SEDANG MENGAJAR ATAU SEBAGAI BAHAN YG DITUGASKAN KEPADA SISWA)
UNSUR PERALATAN/SARANA PENDIDIKAN/MEDIA.
UNSUR HASIL PEMBELAJARAN.
UNSUR LINGKUNGAN (MENGUBAH KONDISI LINGKUNGAN)
UNSUR PENGELOLAAN(METODE MENGAJAR)

FORMAT USULAN PTK

ISI USULAN PTK;
I . JUDUL
II. PENDAHULUAN
A.LATAR BELAKANG MASALAH
B.RUMUSAN MASALAH
C.TUJUAN PENELITIAN
D. MANFAAT HASIL PENELITIAN
III. KAJIAN TEORETIK DAN HIPOTESIS TINDAKAN
IV.RANCANGAN PENELITIAN
V.RENCANA ANGGARAN
VI JADWAL PENELITIAN
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN/HAL LAIN YANG DIANGGAP PERLU

http://jainiey.wordpress.com/2010/03/27/tahapan-ptk/

Tidak ada komentar: