Jumat, 06 Mei 2011

Latihan_Soal_OSN_2

Soal No. 1
Tergantung pada jenis pereaksi yang digunakan, benzaldehida dapat mengalami reaksi baik pada cincin benzena maupun pada gugus aldehid-nya. Lengkapi persamaan reaksi berikut dengan menuliskan struktur senyawa E, F, G dan H !
Benzaldehid + KMnO4 --> E + HNO3/H2SO4 --> F + EtOH/H+ --> G + LiAlH4 --> H


Soal No. 2
Tuliskan produk-produk reaksi (A, B, C) dari rangkaian reaksi berikut ini. Dengan penjelasan sebagai berikut : suatu senyawa asam karboksilat aromatik direaksikan dengan Tionil klorida (SOCl2) akan dihasilkan senyawa A. Senyawa A selanjutnya direaksikan dengan gas amoniak (NH3) akan dihasilkan produk B, dan selanjutnya produk B direduksi dengan LiAlH4 (Li-aluminiumhidrida/Li-alanat) akan dihasilkan senyawa C.
Fenil etanoat + SOCl2 --> A + NH3 --> B + Br2/OH --> C


Soal No. 3
Dengan menggambarkan persamaan reaksi lengkap yang dilengkapkan dengan pereaksi-pereaksinya, tunjukkan bagaimana anda dapat mensintesis senyawa asam m-aminobenzoat dari benzena.


Soal No. 4
Bila bromobenzena diklorinasi dapat diisolasi dua senyawa isomer (A dan B, C6H4BrCl). Brominasi A menghasilkan beberapa produk isomer dengan C6H3Br2Cl, sedangkan brominasi B menghasilkan 2 isomer (C dan D) dengan komponen C6H3Br2Cl juga. Senyawa C identik dengan salah satu senyawa hasil brominasi A, tetapi D berbeda dari hasil brominasi A yang manapun. Tetapkan struktur A, B, C dan D !


Pesan:
Semakin banyak Anda mengetahui, maka semakin banyak yang Anda lupakan. Berbahagialah jika Anda masih mampu melupkan sesuatu. Itu berarti, ada yang Anda ingat.

http://putradnyana-kimia.blogspot.com/2010/04/latihansoalosn2_06.html

Tidak ada komentar: