Senin, 06 Juni 2011

Cara guru membangkitkan minat siswa belajar kimia

Cara guru membangkitkan minat siswa belajar kimia pada pokok bahasan sistem periodik unsur : studi deskriptif terhadap cara mengajar guru kimia di SMA Negeri sekotamadya Binjai
SUGIHARTI, Gulmah

Ilmu kimia yang umumnya bersifat abstrak dan kuantitatif menyebabkan sulit dipelajari dan kurang diminati siswa diantara pelajaran IPA lainnya. Untuk itu guru sebagai pengelola kelas secara langsung berupaya mempengaruhi, membina dan mengembangkan kemampuan dan minat siswa, karenanya dituntut paling tidak menguasai bahan yang diajarkan dan trampil dalam cara mengajarkannya baik di kelas maupun di laboratorium. Masalah dalam penelitian ini difokuskan pada bagaimana cara guru itu membangkitkan minat siswa belajar kimia pada pokok bahasan sistem periodik unsur di SMA Negeri sekotamadya Binjai. Cara membangkitkan minat siswa dalam mempelajari ilmu kimia khususnya materi SPU memegang peranan penting dalam proses belajar mengajar. Dengan adanya minat tersebut akan membawa dampak senangnya mempelajari sehingga proses pencapaian belajar semakin baik. Dalam kaitan ini maka landasan teori yang digunakan anata lain bahwa dalam KBM guru memegang perananpenting, maka setiap guru kimia perlu mengatahui makna, aspek pengertian dan indikator-indikator pengukuran minat serta bagaimana langkah-langkah yang seharusnya dilakukan untuk dapat membengkitkan minat siswa belajar SPU itu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Adapun data yang diharapkan terkumpul adalah mengenai cara yang dilakukan guru untuk membangkitkan minat balajar siswa pada pokok bahasabn SPU. Untuk mengumpulkan data tersebut peneliti menggunakan alat pengumpul data berupa angket, observasi dan wawancara. Dari hasil angket guru diketahui tentang cara yang dilakukan guru untuk membangkitkan minat siswa belajar SPU dan kebenaran hasil angket ini dapat diamati dengan observasi KBM Sitem Periodik unsur. Untuk memperoleh kejelasan mengenai isi angket dan melengkapi data yang kuang sempurna atau yang diharapkan diisi dalam angket tetapi belum lengkap maka dilakukan wawancara. Dari wawancara ini diperoleh informasi tentang teknis yang ditempuh guru dalam upaya meningkatkan minat belajarnya. Angket siswa berisikan hal-hal mengenai cara yang dilakukan guru yang dapat membangkitkan minat belajarnya. Hasil angket siswa ini diperoleh dengan menghitung persentase tiap-tiap alternatif jawaban yang kemudian disusun dalam bentuk tabel. Dari perhitungan persentase ini dapat diketahui kebutuhan komponen pembangkit minat yang diperlukan siswa dalam belajar SPU. Data yang diperoleh dari masing-masing guru dihubungkan dengan hasil angket siswa ataupun wawancara dan observasi yang kemudian masing-masing item ditafsirkan artinya. Dari analisis gabungan antara data-data dari siswa dan data-data dari guru ditambah hasil observasi dan wawancara akhirnya ditemukan hasil penelitian yang disimpulkan sebagai berikut : 1. Cara guru membangkitkan minat siswa belajar SPU di SMA Negeri sekotamadya Binjai adalah dengan menggunakan media (alat peraga) berupa bagan Sistem Periodik Unsur dan poster-poster tentang sifat-sifat periodik, menerangkan SPU secara berurutan, menanggapi dengan baik saatsiswa menanyakan sesuatu yang kurang jelas atau kurang dipahami, menjelaskan dahulu tujuan mempelajari materi SPU, mengulangi sejenis gambaran yang lalu sebelum mempelajari SPU, menggunakan grafik dalam mengajarkan sifat-sifat periodik, mengajarkan SPU dengan mengaplikasikan sifat-sifat unsur dalam kehidupan sehari-hari. Memberikan tes dan megembalikan hasilkan serta membahas yang sulit setelah materi metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan eksperimen kartu, memberi banyak kesempatan kepada siswa untuk bertanya, memberikan contoh-contoh unsur yang ada dala, kehidupan sehari-hari, menanyakan dahulu pelajaran yang lalu sebelum mempelajari SPU, menampilkan lebih dahulu bagan berwarna SPU bentuk panjang, memberikan penekanan pada hal-hal yang penting, selalu memberikan tugas diakhir pertemuan dan memeriksanya. 2. Cara guru membangkitkan minat belajar SPU yang paling baik adalah SMA Negeri 2 Binjai. 3. Cara yang belum dilakukan guru untuk membangkitkan minat belajar SPU di SMA Negeri sekotamadya Binjai adalah dalam menjelaskan arti atau asal usul nama-nama unsur dalam SPU. 4. Di SMA tertentu cara yang belum dilakukan guru adalah dalam memberikan contoh-contoh unsur yang ada dalam kehidupan sehari-hari, menjelaskan tujuan mempelajari SPU dan dalam menggunakan eksperimen kartu.
k http://digilib.upi.edu/pasca/available/etd-1106106-131520/
http://jurnal.dikti.go.id/jurnal/detil/id/6:3402/q/pengarang:%20Gulmah/offset/0/limit/1

1 komentar:

Essen Katilayu mengatakan...

terimakasih untuk informasinya.