Minggu, 05 Juni 2011

Minat Belajar Anak Didik

A. Pengertian Minat Belajar
Minat individu merupakan ketertarikan individu terhadap sesuatu. Minat belajar anak didik yang tinggi menyebabkan cara belajar anak didik lebih mudah dan cepat. Menurut Berhard (Kamdi, 2009) "minat timbul atau muncul tidak secara tiba-tiba, melainkan timbul akibat dari partisipasi, pengalaman, kebiasaan pada waktu belajar atau bekerja, dengan kata lain minat dapat menjadi penyebab kegiatan dan penyebab partisipasi dalam kegiatan”.
Menurut Harahap (Cristian, 2004: 3) bahwa minat adalah kesediaan jiwa yang sifatnya aktif untuk menerima sesuatu dari luar. Sedangkan menurut Slameto (1995: 181) sebagai berikut:
Minat adalah suatu rasa lebih suka dan rasa ketertarikan pada suatu hal oleh aktifitas, tanpa ada yang menyuruh. Dengan kata lain semakin kuat atau dekat hubungannya terhadap sesuatu maka semakin besar minatnya.
Sedangkan arti belajar itu sendiri yang dikemukakan oleh Sardiman (1994: 23) adalah “rangkaian kegiatan jiwa raga, psiko-fisik untuk menuju perkembangan pribadi manusia seutuhnya, yang berarti menyangkut unsur cipta, rasa, karya dan karsa, kognitif, afektif dan psikomotor”. Selain itu, menurut Purwanto (1990: 84),”belajar adalah setiap perubahan yang relatif menetap dalam tingkah laku yang terjadi sebagai suatu hasil dari latihan atau pengalaman.”
Dari beberapa pengertian minat dan belajar yang telah dikemukakan di atas dapat disimpulkan bahwa minat belajar adalah aspek psikologis seseorang yang menampakkan diri dalam beberapa gejala, seperti : gairah, keinginan, semangat, perasaan suka untuk melakukan proses perubahan tingkah laku melalui berbagai kegiatan yang meliputi mencari pengetahuan dan pengalaman, dengan kata lain, minat belajar itu adalah perhatian, rasa suka, ketertarikan seseorang (warga belajar) terhadap proses belajar yang dijalaninya dan yang kemudian ditunjukkan melalui keantusiasan, partisipasi dan keaktifan dalam mengikuti proses belajar yang ada.

B. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar
Adapun faktor-faktor yang dapat mempengaruhi minat belajar anak didik menurut Slameto (1995) yang menggolongkan ke dalam dua golongan antara lain:
1) Faktor-faktor interen yaitu faktor yang ada dalam diri individu itu sendiri, yaitu:
a) Faktor jasmaniah
1. Faktor kesehatan, yaitu faktor keadaan fisik baik segenap dalam beserta bagian-bagiannya atau bebas dari penyakit. Kesehatan adalah keadaan atau hal sehat. Kesehatan seseorang berpengaruh terhadap semangat belajarnya.
2. Cacat tubuh, adalah sesuatu yang menyebabkan kurang baik atau kurang sempurna mengenai tubuh/badan. Cacat tubuh seperti buta, tuli, patah kaki, lumpuh dan sebagainya bisa mempengaruhi proses belajar. Sebenarnya jika hal ini terjadi hendaknya anak atau anak didik tersebut dilembagakan pendidikan khusus supaya dapat menghindari atau mengurangi kecacatannya itu.
b) Faktor psikologis
1. Intelegensi yaitu kecakapan seseorang yang terdiri dari kecakapan menghadapi dan menyesuaikan diri ke dalam situasi yang baru dengan cepat dan efektif, mengetahui penggunaan konsep yang abstrak secara efektif, mengetahui relasi dan mempelajarinya dengan cepat.
2. Perhatian yaitu keaktifan jiwa yang dipertinggi kepada suatu objek atau sekumpulan objek, agar warga dapat belajar dengan baik dan selalu mengusahakan bahan pelajarannya selalu menarik perhatian siswanya.
3. Minat yaitu kecenderungan yang tetap untuk memperhatikan dan mengenang beberapa kegiatan.
4. Bakat yaitu kemampuan untuk belajar. Kemampuan itu akan terealisasi menjadi kecakapan yang nyata sesudah belajar atau berlatih.
5. Kesiapan adalah kesediaan untuk memberikan response atau bereaksi kesediaan itu timbul dalam diri seseorang dan juga berhubungan dengan kematangan, karena kematangan berarti kesiapan untuk melaksanakan kecakapan. Kesiapan ini perlu diperhatikan dalam proses belajar mengajar, seperti halnya jika kita mengajar ilmu filsafat kepada anak-anak yang baru duduk dibangku sekolah menengah, anak tersebut tidak akan mampu memahami atau menerimanya. Ini disebabkan pertumbuhan mentalnya belum matang untuk menerima pelajaran tersebut.
2) Faktor-faktor ekstern yaitu faktor yang ada diluar individu yaitu:
a) Faktor keluarga, terdiri dari:
(1) Cara orang tua mendidik
Cara orang tua mendidik anaknya sangat besar pengaruhnya terhadap belajar anak. Jika orang tua tidak memperhatikan pendidikan anaknya (acuh tak acuh terhadap belajar anaknya) seperti tidak mengatur waktu belajar, tidak melengkapi alat belajarnya dan tidak memperhatikan apakah anaknya belajar atau tidak, semua ini berpengaruh pada semangat belajar anaknya, bisa jadi anaknya tersebut malas dan tidak bersemangat belajar. Hasil yang didapatkannya pun tidak memuaskan bahkan mungkin gagal dalam studinya. Mendidik anak tidak baik jika terlalu dimanjakan dan juga tidak baik jika mendidik terlalu keras. Untuk itu, perlu adanya bimbingan dan penyuluhan yang tentunya melibatkan orang tua, yang sangat berperan penting akan keberhasilan bimbingan tersebut.
(2) Suasana rumah
Suasana rumah dimaksudkan adalah situasi atau kejadian-kejadian yang sering terjadi didalam keluarga, dimana anak berada dan belajar. Suasana rumah yang gaduh, ramai dan semrawut tidak member ketenangan kepada anaknya yang belajar. Biasanya ini terjadi pada keluarga yang besar dan terlalu banyak penghuninya, suasana rumah yang tegang, ribut, sering cekcok, bias menyebabkan anak bosan di rumah, dan sulit berkonsentrasi dalam belajarnya. Dan akibatnya anak tidak semangat dan bosan belajar, karena terganggu oleh hal-hal tersebut. Untuk memberikan motivasi yang mendalam pada anak-anak perlu diciptakan suasana rumah yang tenang, tentram dan penuh kasih saying supaya anak tersebut betah dirumah dan bias berkonsentrasi dalam belajarnya.
(3) Keadaan ekonomi keluarga
Dalam kegiatan belajar, seorang anak akadang-kadang memerlukan sarana prasarana atau fasilitas-fasilitas belajar seperti buku, alat-alat tulis dan sebagainya. Fasilitas ini hanya dapat terpenuhi jika keluarga mempunyai cukup uang, jika fasilitas tersebut tidak dapat dijangkau oleh keluarga. Ini bias menjadi faktor penghambat dalam belajar tapi sianak hendaknya diberi pengertian tentang hal itu. Agar anak bisa mengerti dan tidak sampai mengganggu belajarnya. Tapi jika memungkinkan untuk mencukupi fasilitas tersebut, maka penuhilah fasilitas tersebut, agar anak bersemangat senang belajar.
b) Faktor satuan pendidikan, terdiri dari:
(1) Metode membelajarkan
Metode mengajar adalah suatu cara yang harus dilalui dalam mengajar, metode mengajar ini mempengaruhi minat belajar siswa. Jika metode mengajar Guru kurang baik dalam artian Guru kurang menguasai materi-materi kurang persiapan, Guru tidak menggunakan variasi dalam menyampaikan pelajaran alias monoton, semua ini bias berpengaruh tidak baik bagi semangat belajar siswa. Anak didik bisa malas belajar, bosan, mengantuk dan akibatnya anak didik tidak berhasil dalam menguasai materi pelajaran.
(2) Kurikulum
Kurikulum diartikan sebagai sejumlah kegiatan yang diberikan kepada anak didik kegiatan itu sebagian besar adalah menyajikan bahan pelajaran. Bahan pelajaran yang seharusnya disajikan itu sesuai dengan kebutuhan bakat dan cita-cita anak didik juga masyarakat setempat. Jadi kurikulum bisa dianggap tidak baik jika kurikulum tersebut terlalu padat, di atas kemampuan siswa, tidak sesuai dengan bakat, minat dan perhatian siswa.
(3) Pekerjaan rumah
Pekerjaan rumah yang terlalu banyak dibebankan oleh Guru kepada murid untuk dikerjakan di rumah. Merupakan momok penghambat dalam kegiatan belajar, karena membuat anak didik cepat bosan adalah belajar anak didik tidak memiliki kesempatan untuk mengerjakan kegiatan yang lain. Untuk menghindari kebosanan tersebut Guru janganlah terlalu banyak memberi tugas rumah (PR), berilah kesempatan anak didik unuk melakukan kegiatan yang lain, agar anak didik tidak merasa bosan dan lelah dengan belajar.

c) Faktor masyarakat, terdiri dari:
(1) Kegiatan dalam masyarakat
Di samping belajar, anak juga mempunyai kegiatan-kegiatan lain diluar sekolah, misalnya karang taruna, menari, olah raga dan lain sebagainya. Bila kegiatan-kegiatan tersebut dilakukan dengan berlebih-lebihan, bisa menurunkan semangat belajar siswa, karena anak sudah terlanjur senang dalam organisasi atau kegiatan dimasyarakat, dan perlu diingatkan tidak semua kegiatan dimasyarakat berdampak baik bagi anak. Maka dari itu, orang tua perlu memperhatikan kegiatan anak-anaknya, supaya jangan atau tidak hanyut dalam kegiatan-kegiatan yang tidak menunjang belajar anak. Jadi orang tua hendaknya membatasi kegiatan anak didik dalam masyarakat agar tidak mengganggu belajarnya, dan orang tua juga mengikut sertakan anak didik pada kegiatan yang mendukung semangat belajarnya seperti kursus bahasa Inggris, dan komputer.
(2) Teman bergaul
Pengaruh-pengaruh dari teman bergaul anak didik lebih cepat masuk dalam jiwa anak jika teman bergaulnya baik akan berpengaruh baik terhadap diri siswa, begitu juga sebaliknya. Jika teman bergaulnya jelek pasti mempengaruhi sifat yang jelek pada diri siswa. Seyogyanya orang tua memperhatikan pergaulan anak-anaknya, jangan sampai anaknya berteman dengan anak yang memiliki tingkah laku yang tidak diharapkan, usahakan agar anak didik memiliki teman bergaul yang baik yang bisa memberikan semangat belajar yang baik. Tugas orang tua hanya mengontrol dari belakang jangan terlalu dan jangan terlalu dibebaskan yang bijaksana saja, agar anak didik tidak terganggu dan terhambat belajarnya. Masih banyak pengaruh-pengaruh eksternal minat belajar anak didik lingkungan sekitar juga bisa mempengaruhi, untuk itu usahakan lingkungan disekitar kita itu baik, agar dapat memberi pengaruh yang positif terhadap siswa/anak, sehingga anak terdorong atau bersemangat belajar.

C. Peranan dan Fungsi Minat Belajar
Minat memegang peranan penting dalam kehidupan dan mempunyai dampak yang besar atas prilaku dan sikap. Minat menjadi sumber motivasi yang kuat untuk belajar, anak yang berminat terhadap sesuatu kegiatan baik itu bekerja maupun belajar, akan berusaha sekuat tenaga untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Suatu minat dalam belajar merupakan suatu kejiwaan yang menyertai anak didik di kelas dan menemani anak didik dalam belajar. Minat mempunyai fungsi sebagai pendorong yang kuat dalam mencapai prestasi dan minat juga dapat menambah kegembiraan pada setiap yang ditekuni oleh seseorang. Peranan minat dalam proses membelajarkan anak didik adalah untuk pemusatan pemikiran dan juga untuk menimbulkan kegembiraan dalam usaha belajar seperti adanya kegairahan hati dapat memperbesar daya kemampuan belajar dan juga membantunya tidak melupakan apa yang dipelajarinya. Jadi belajar dengan penuh dengan gairah, minat, dapat membuat rasa kepuasan dan kesenangan tersendiri bagi anak didik.
Ada beberapa peranan minat dalam belajar sesuai yang dikemukakan Sardiman (2006: 95) antara lain: 1) Menciptakan, menimbulkan kosentrasi atau perhatian dalam belajar, 2) Menimbulkan kegembiraan atau perasaan senang dalam belajar, 3) Memperkuat ingat anak didik tentang pelajaran yang telah diberikan guru, 4) Melahirkan sikap belajar yang positif dan kontruktif, dan 5) Memperkecil kebosanan anak didik terhadap studi/pelajaran.

D. Upaya Meningkatkan Minat Belajar Warga Belajar
Minat belajar anak didik ditingkatkan agar dapat mengarahkan perhatian anak didik terhadap pelajaran. Hal ini menjadi salah satu tugas Guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran melalui minat belajar anak didik yang tinggi dalam mengikuti pelajaran atau melakukan aktivitas belajar.
Menurut Slameto (1995: 57) upaya yang ditempuh untuk membangkitkan minat belajar murid adalah “menjelaskan hal-hal yang menarik dan berguna bagi kehidupan serta hal-hal yang berhubungan dengan cita-cita serta kaitannya dengan bahan pelajaran yang dipelajari”.
Cara yang paling efektif untuk membangkitkan minat pada suatu subyek yang baru adalah dengan menggunakan minat-minat anak didik yang telah ada, misalkan anak didik menaruh minat terhadap lingkungan (pencemaran) disini pengajar dapat menarik perhatian (minat) anak didik dengan bercerita tentang lingkungan sekitar atau bencana alam yang melanda Indonesia, dan dapat juga memperlihatkan tayangan televisi yang berhubungan dengan lingkungan (pencemaran).
Mahfudz Shalahuddin (Kamdi, 2009) menjelaskan bahwa ada empat aspek yang bisa menumbuhkan minat yaitu:
1) Adanya kebutuhan-kebutuhan
Minat dapat muncul atau digerakkan, jika ada kebutuhan seperti minat terhadap ekonomi, minat ini dapat muncul karena ada kebutuhan sandang, pangan dan papan.
2) Keinginan dan cita-cita
Keinginan dan cita-cita dapat mendorong munculnya minat terhadap sesuatu, seperti keinginan atau cita-cita menjadi dokter. Secara otomatis orang tersebut terdorong dan berminat untuk mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan ilmu kedokteran (kesehatan, penyakit-penyakit). Semakin besar cita-cita atau keinginan, maka semakin besar/tinggi minat yang muncul dalam diri seseorang.
3) Pengaruh kebudayaan
Kebudayaan terdiri dari dua lingkup, yakni lingkup mikro (individual) dan lingkup makro (sosial,adat istiadat) kebudayaan dapat memunculkan minat-minat tertentu seperti tari-tarian, tari remo dari jawa timur, jaipong dari jawa barat, semua itu akan menarik orang untuk memperhatikan dan mempelajari kebudayaan jawa barat dan jawa timur. Begitu juga belajar, minat belajar anak didik dapat timbul karena adanya kebiasaan belajar.
4) Pengalaman
Pengalaman merupakan permulaan dari kebudayaan seperti pengalaman seorang Guru dapat menimbulkan/menumbuhkan minat Guru untuk menekuni bidang-bidang keguruan, dengan adanya pengalaman tersebut minat seseorang bisa tergerak (bertambah), missal ada seseorang siswa, tahun lalu menduduki prestasi rendah, maka anak didik tersebut berpikiran jangan sampai itu terulang kembali, sehingga ia lebih meningkatkan belajarnya dari tercapainya prestasi yang lebih baik dari yang kemarin (tahun lalu).
Menurut Sukardi (1988: 63), ada tiga cara yang digunakan untuk menentukan minat belajar seseorang, yakni:
1) Minat yang diekspresikan
Minat dapat diketahui melalui pengungkapan kata-kata warga belajar. Anak didik yang mengucapkan kata-kata yang sesuai dengan keinginanya, kesukaan atau ketertarikannya. Misalnya “saya tertarik membaca buku pelajaran sekolah”. Kata-kata ini menunjukkan anak didik memiliki keinginan atau kemauan yang cenderung dilakukannya, walaupun pada batas ucapan. Bila dikaitkan dengan minat belajar, maka minat yang dimiliki seseorang diekspresikan dalam belajar sehingga mempengaruhi penguasaanya terhadap materi pelajaran.

2) Minat yang diwujudkan
Anak didik yang mewujudkan minatnya dapat diamati secara langsung karena tampak ia mengerjakan sesuatu yang diminatinya. Misalnya anak didik yang berminat untuk mengikuti mata pelajaran yang ada maka dia akan rajin datang ke sekolah”. Anak didik yang seperti ini akan lebih mudah diketahui minatnya karena dapat disaksikan aktivitasnya secara langsung terhadap yang diminatinya.
3) Minat yang diinventarisasikan
Pada upaya yang ketiga ini, minat dapat diketahui melalui alat pengumpulan data tentang minat. Minat anak didik dapat diukur dengan menjawab sejumlah pertanyaan yang telah disediakan. Adapun alat yang sering dipergunakan adalah inventori minat, seperti angket yang biasa digunakan peneliti untuk mengungkapkan minat-minat anak didik tentang apa yang ditelitinya.
http://kendaringeblog.blogspot.com/2011/04/minat-belajar-anak-didik.html

Tidak ada komentar: