Kamis, 17 Maret 2011

ANALISA SWOT

Strength – kekuatan
Weaknesses - kelemahan
Opportunity – Peluang/Kesempatan
Threats - Ancaman

Adalah bentuk analisa yang diperoleh dari indentifikasi masalah hingga bagaimana langkah yang dianggap tepat untuk mendapat result yang diharapkan. Ini contoh Swot Analisys yang biasa digunakan dalam dunia pendidikan mata pelajaran ICT

* Strength – kekuatan
Ribuan guru dan tenaga kependidikan telah mampu mengoperasikan komputer, dengan berlatih sendiri maupun melalui pelatihan yang diselenggarakan suatu lembaga/instansi
Banyak guru telah mampu membuat bahan ajar presentasi dan interaktif
Siswa telah mahir menggunakan komputer
Sekolah telah memiliki laboratorium komputer
Pimpinan sekolah menginginkan hadirnya e-learning di sekolahnya
Pemerintah dan dunia industri mendorong pemanfaatan ICT untuk pendidikan
* Weaknesses – kelemahan
Baru sedikit guru yang menggunakan ICT sebagai alat bantu dan media mengajar
Hanya sedikit guru yang tahu cara menggunakan dan menyajikan alat bantu ICT dalam kegiatan belajar-mengajar
Siswa tidak disediakan dan tidak ditunjukkan dimana bahan ajar yang harus menjadi acuannya
Laboratorium komputer hanya menjadi sarana ‘belajar menggunakan komputer’, bukan sebagai tempat belajar mata pelajaran lain
Pimpinan sekolah tidak paham bagaimana ICT dapat dimanfaatkan untuk e-learning di sekolahnya
Pemerintah dan dunia industri tidak focus dalam usaha pemanfaatan ICT untuk pendidikan
Pemerintah dan kalangan pengusaha lambat dalam melakukan kerja sama untuk menyediakan infra struktur akses internet secara merata dan memadai
*

Opportunity – Peluang/Kesempatan
Banyak tersedia bahan belajar di internet yang dapat didownload untuk diadopsi dan diadaptasi sehingga dapat disajikan sebagai bahan belajar di sekolah
Siswa memiliki sarana untuk belajar menggunakan e-learning (flash disk, MP3/MP4/MP5 player, VCD/DVD Player, HP/PDA dan komputer)
Laborarorium sekolah yang telah memiliki koneksi jaringan lokal (LAN) dapat dimanfaatkan untuk kegiatan belajar-mengajar berbasis web
Pimpinan sekolah telah mengalokasikan anggaran untuk pengembangan ICT di sekolahnya
Pemerintah melalui instansi terkait secara besar-besaran melakukan pelatihan untuk kalangan pendidikan dalam menggunakan ICT
*

Threats - Ancaman
Guru yang memiliki pengetahuan di bidang ICT menjadi putus asa karena minimnya sarana dan prasarana
Siswa menggunakan komputer hanya sebagai sarana bermain bukan sebagai alat belajar
Investasi pembuatan jaringan (LAN) di sekolah tidak berfungsi optimal
Pimpinan sekolah merasa gagal, karena e-learning yang diharapkannya tidak mampu berjalan dengan tidak tersedianya bahan ajar untuk guru dan siswa
Fungsi e-learning dan ICT secara keseluruhan hanya dapat dinikmati di sekolah perkotaan dan tidak mampu untuk mengatasi kesenjangan belajar di daerah pinggiran
http://masbeg.blogspot.com/2008/04/analisa-swot.html

Tidak ada komentar: