Jumat, 18 Maret 2011

Bagainana cara membuat lirik lagu

1. buatlah lirik sesuai dengan perasaan loe, biasanya lirik dengan hati akan menjadikan lirik akan lebih menyentuh
2. buatlah nada-nada yang indah dan dari hati, karena nada merupakan hal yang penting dalam mengekspresikan lirik
3. loe akan mendapatkan 3 pilihan, jika tercipta sebuah lagu

a. loe memiliki lagu indah dengan lirik baik, tetapi nada2 kurang baik
b. loe memiliki lirik baik tetapi nada tidak baik
c. loe memiliki nada dan liik baik

4.tetapi gwe bingung maksud loe menurut gwe lirik adalah kata-kata yang terangkai dalam mengekspresikan jiwa loe. jika, ditambah dengan nada-nada yang indah itulah yang namanya sebuah lagu.
http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20080405114610AAL7Dy4

Langkah pertama yang harus kamu lakukan dalam menulis sebuah lirik lagu adalah "Jangan Pernah Menilai Di Awal Penulisan".

Biarkan mengalir saja lirik yang kamu tulis di atas kertas ataupun komputer kamu, jika dirasa sudah selesai kamu bisa segera menulis lirik berikutnya. Teruslah menulis , janganlah membayangkan akan seperti apa lagu tersebut jadinya nanti.

Biasanya dengan cara ini seseorang bisa menuliskan 10 lirik lagu dengan sekali duduk. Setelah dianggap cukup kamu bisa segera memulai untuk merapikan dan memberikan sentuhan-sentuhan nada indah ke dalamnya
http://clubbing.kapanlagi.com/showthread.php?t=81636

Ada berbagai cara untuk bisa membuat lirik lagu, mungkin pada dasarnya membuat lirik lagu hampir sama dengan membuat puisi namun berbeda di cara menempatkan kata kata nya agar nyambung dengan musik saja. kali ini saya ingin share tips cara membuat lirik lagu yang bagus, namun sebelum nya ada baik nya kita perhatikan hal hal penting yang berhubungan lagu dan lirik nya sendiri
Dalam membuat sebuah lagu, si musisi/band akan berusaha untuk :

- mencurahkan perasaannya sepenuh-penuhnya dan seutuh-utuhnya melalui kata kata yang terangkai sinkron dengan bunyi-bunyian
- mengatur/menata agar bunyi-bunyian yang dibuatnya indah, bagus atau enak didengar, dan pas dengan lirik dan suasana lirik itu sendiri.

Dan dalam proses pembuatan terciptanya lagu, si musisi/band memperoleh kepuasan atau kesenangan. Orang lain, yang mendengar lagu tsb juga dapat memperoleh kepuasan dan kesenangan. Namun karena pengertian lagu yang indah atau bagus akan berbeda dari orang ke orang. Dengan demikian tidak mudah membuat lagu yang akan dinilai indah atau bagus oleh banyak orang. Agar lagu terasa indah atau bagus, berikut beberapa unsur yang perlu dimiliki sebuah lagu :

1. Harmonis
Pengertian harmonis secara sederhana adalah kesesuaian/keseimbangan nada (atau nada-nada) suatu instrument dengan nada (atau nada-nada) instrument lainnya.

2. Irama/Ritme
Pengertian irama/ritme secara sederhana adalah perulangan bunyi-bunyian menurut pola tertentu dalam sebuah lagu. Perulangan bunyi-bunyian ini juga menimbulkan keindahan dan membuat sebuah lagu menjadi enak didengar.

3. Melodis
Pengertian melodis secara sederhana adalah pergerakan/perubahan tinggi rendahnya nada yang dimainkan dari waktu ke waktu. Suatu lagu yang indah atau bagus umumnya memiliki melodi yang enak didengar.

4. Suasana/Nuansa
Nuansa adalah suasana yang terasa dari sebuah lagu. Macam-macam suasana ini dapat dibangun/dibuat melalui melodi, harmoni, irama dan juga efek suara instrument yang digunakan dalam sebuah lagu.

Apakah suasana riang, gembira, sedih ataupun murung. Suasana suatu lagu dapat menimbulkan sensasi perasaan tertentu pada pendengarnya akibatnya membuat suatu lagu terasa indah atau enak didengar.

5. Alunan Emosi
Alunan emosi adalah tahapan/pergerakan pencurahan emosi dalam sebuah lagu.

Dalam sebuah lagu harus ada emosi yang terkandung entah itu emosi marah, sedih, rindu dsb. Emosi-emosi ini dicurahkan menurut tahapan-tahapan tertentu, misalkan dari mulai dikenalkan, dicurahkan perlahan, meningkat, sampai ke puncak emosi kemudian menurun kembali dsb. Adanya emosi yang dapat dirasakan ini dapat mempengaruhi apakah suatu lagu akan terasa indah/bagus atau tidak. Lagu yang kandungan emosi didalamnya sulit ditangkap/dirasakan kemungkinan menjadi tidak menarik, dan sebaliknya.

Perpaduan yang pas dari hal-hal diatas turut mempengaruhi indah/bagus atau tidaknya suatu lagu. Dan perpaduan yang demikian diatas tidaklah mudah dibuat. Karena Lagu yang bagus selain enak didengar juga mempunyai dampak :
- dapat dinikmati, dipahami dan dihayati oleh pendengarnya
- mendorong/merangsang pendengarnya untuk turut bernyanyi, menari, atau terbawa dalam lagu tsb.

Namun tentu unsur-unsur diatas bukanlah harga mati, bisa saja ada hal-hal lain yang membuat sebuah lagu menjadi indah/bagus.

LIRIK LAGU
Untuk penggarapan lirik nya sendiri kita harus memperhatikan kejujuran dimana menurut saya adalah nomer satu apa bila kita jujur dalam mengarang lagu maka orang yang mendengarkan nya pun akan bisa merasakan hal yang sama seperti yang kita kita coba salurkan dalam lirik tersebut

walaupun tidak ada hal / pelajaran baku untuk bisa mengarang lagu namun jika saya bisa simpulkan, dalam mengarang lirik lagu ada beberapa hal yang harus di ketahui dan di terapkan, antara lain :

1. Pass ( tidak berlebihan )
Saya sempat juga berfikir dulu, supaya kelihatan keren saya buat lirik yang sangat tidak masuk akal ( bagi saya ) misal begini... " jika kau jadi milik ku... kan ku tinggikan kau selayaknya tuhan bagi umatnya " ya memang sih tidak ada yang salah dari lirik diatas, sah sah saja kalau ingin membuat lirik seperti itu namun akan terlihat sangat berlebihan sekali. dan sangat sediki orang yang merasakan hal yang sama seperti lirik diatas. dan jika sudah begitu maka orang yang mendengarkan lagu itu ya biasa saja.

2. Tema yang tepat
Maksud saya disini jika ingin membuat lirik yang booming kita harus memperhatikan juga tema yang pass, ada baiknya juga kita memperhatikan momen yang sedang terjadi di linkungan sekitar, contohnya : gigi - jombo, dewiq - bete dll atau bahkan saya sendiri lupa band nya tapi saya tau judul lagu nya, jamilah jamidong, dll hehe...

3. Unik
Dalam tema yang unik, banyak selai contoh nya : kuburan band ( hampir semua lagu yang diangkat lirik nya unik ), jamrud , dll

4. Mengalir saja
Ada baiknya menulis lirik itu mengalir saja dulu, jangan dipaksakan mencoba membuat nya. tulis semua yang ingin kamu tulis lalu setelah selesai semua baru cocokan dengan ritme dan harmonisasi dengan nadanya ..

5. Jangan dipaksakan
jika kita ingin membuat lirik, dengan tema tertentu, namun kita sendiri belum pernah merasakannya, sepertinya akan susah sekali ( walaupun tidak mustahil ), nah jika sudah mentok / stuck maka ada baiknya rehat sejenak dan gali inspirasi lagi. jangan di paksakan harus jadi hari ini jam segini detik ini, kadang mencipta lirik itu bisa secepat seperti membuat kopi kadang juga mencipta lirik bisa selama lama nya ga jadi jadi hehe...

kurang lebih seperti itu, ya walaupun sekali lagi tidak ada ukuran bakunya namun tidak ada hal yang tidak dapat di pelajari di dunia ini, perbanyak lah mendengarkan lirik dan lagu lagu sebanyak banyak nya entah itu idola anda ataupun bukan, hal ini berguna memperbanyak variasi kosakata dan inspirasi kamu, jangan segan untuk menulis, jangan malu untuk jujur. tidak masalah lirik nya itu puitis, ambigu atau bahkan frontal sekalian.

selamat mencoba dan memajukan musik dan lirik indonesia
http://www.ozorathink.co.cc/2010/06/tips-dan-trik-cara-membuat-lirik-dan.html

1 komentar:

muhaemin mengatakan...

maksih mas infonya saya akan coba buat...