Selasa, 22 Februari 2011

Judul PTK

“Aplikasi Strategi Peta Konsep Disertai Penulisan Jurnal Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Konsep Kimia Karbon di SMA Negeri XXX Kotamadya XXX Tahun Pelajaran 2008/2009”

ABSTRAKS

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang teridiri dari 3 siklus penelitian dan mengambil setting lokasi penelitian di SMA Negeri XXX Kotamadya XXX Tahun Pelajaran 2008/2009.
Konsep Kimia Karbon merupakan salah satu konsep kimia yang cukup abstrak dan sulit dipahami siswa SMA ataupun siswa. Hasil survey peneliti pada 37 siswa kelas XI Program IPA-1 Tahun Pelajaran 2008/2009, ditemukan bahwa hanya 20% dari 37 siswa yang mampu mengerjakan soal pada taraf ketuntasan di atas 70%. Bagian materi yang sukup bermasalah untuk sebagian besar siswa adalah Kimia Karbon. Materi ini dianggap sulit oleh beberapa siswa, dengan alasan untuk memahami materi tersebut selain harus dapat mengingat jenis-jenis senyawanya, juga harus dapat mengenal struktur dasar/gugus fungsionalnya dan dapat menuliskan ataupun menggambarkan rumus struktur dari senyawanya. Selanjutnya, dari hasil survey di Kelas XI Program IPA-2 ditemukan bahwa hanya 44% dari 32 siswa yang tergolong berada di atas tingkat ketuntasan belajar tentang Kimia Karbon. Hasil wawancara dengan beberapa siswa terungkap bahwa materi ini tergolong sulit karena menuntut siswa untuk mengembangkan nalar dan penguasaan beberapa konsep yang mendasari konsep senyawa karbon.
Dari hasil diskusi dengan para guru kimia dalam pertemuan mingguan Musyawarah Guru Mata Pelajaran ( MGMP) Kimia di Kota XXX terungkap bahwa guru mata pelajaran kimia juga kesulitan dalam menyampaikan materi kimia karbon ini pada siswa. Mereka sukar mencari metode, strategi dan pendekatan yang tepat dalam pembelajaran materi tersebut, dengan alasan ketidakmampuan siswa mengembangkan nalarnya untuk menggambarkan rumus struktur dari senyawa karbon, dan ketidakmampuan siswa dalam menguasai konsep dasar untuk menuliskan reaksi yang terjadi antara dua senyawa karbon. Untuk itu, sangat diperlukan suatu kondisi belajar bermakna yang dapat menjadikan siswa dapat memahami konsep kimia karbon tersebut, salah satu caranya dengan menggunakan strategi peta konsep.
.........................dst
http://www.ripiu.com/article/read/penelitian-tindakan-kelas-ptk-kimia-sma

Tidak ada komentar: