Selasa, 22 Februari 2011

metode ilmiah kir

Perubahan yang serba cepat di sekitar kita akibat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi telah mengubah tatanan hidup yang lebih global baik fisik maupun psikis. Kemajuan tersebut ternyata tidak hanya berdampak positif seperti yang diharapkan dalam memajukan kesejahteraan hidup manusia, tetapi semakin tidak terkendali dan kompleks seperti ekses polusi dari teknologi ,ekses pengangguran dari pengalihan tenaga manusia ke mesin, dan semakin langkanya sumber daya manusia yang turut memojokkan manusia dalam kompetisi global tersebut.
Oleh karena itu diperlukan sumberdaya manusia yang berkualitas, berbeda dari sekedar manusia seperti masa lalu. Mereka diharapkan mampu mengantisipasi dunia global dengan tuntutan teknologi canggih beserta pemecahan masalahnya dan mampu dengan cepat mengantisipasi perubahan-perubahan yang mempunyai pemikiran analisis yang tajam, dan kreativitas yang tinggi serta peka akan tantangan persoalan-persoalan yang ada disekitarnya. Kemampuan seperti ini sukar lagi diperoleh melalui sekolah dengan kurikulum seperti saat ini. Untuk itu diperlukan terobosan-terobosan pembelajaran untuk mengejar atau mengakselerasi pencapaian kompetensi remaja dalam kompetisi tuntutan zaman yang terus meningkat.
Salah satu bentuk terobosan yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan jalur-jalur pendidikan yang non-kurikuler, berupa kegiatan yang mengubah remaja sebagai sumberdaya manusia yang mampu melakukan inovasi dan pengembangan iptek.
Sementara itu perlu dilakukan usaha yang sifatnya segera dan nasional mengenai sikap dan kesadaran remaja akan pentingnya sikap dan minat terhadap penelitian dan ilmu pengetahuan. Adanya gap antara remaja dan bidang tersebut disebabkan: kurangnya lembaga atau perorangan yang peduli akan pentingnya “research-minded” bagi remaja, terbatasnya kesediaan sarana dan belum adanya suatu kurikulum ke arah tercapainya wawasan ilmiah bagi remaja
Remaja secara potensial mempunyai sikap-sikap yang menunjukkan kesadaran dan minat terhadap sains yang sangat tinggi. Namun dalam perkembangannya masih sedikit suatu wadah maupun pihak yang melakukan intervensi secara terencana kepada pengembangan sikap-sikap saintifik yang sudah ada. Bila pun ada pengembangan diri pada subyek, maka pada akhirnya terbentur pada sistem yang tidak kondusif untuk mendorong perkembangan sikap saintifik tersebut.
Oleh karena itu suatu terobosan untuk mengoptimalkan kaderisasi pengembangan teknologi iptek sangat dibutuhkan untuk membuka peluang bagi tumbuhnya upaya untuk medorong pembinaan, pemacuan dan pemupukan bakat penelitian secara lebih terpadu dengan memanfaatkan remaja sebagai sumber daya manusia yang mampu melakukan pengembangan dan inovasi-inovasi baru dalam bidang iptek.
Berikut ini dijelaskan panduan untuk melakukan penelitian yang mungkin bermanfaat untuk para remaja.

METODE ILMIAH

Metode ilmiah adalah cara yang dilakukan ilmu dalam menyusun pengetahuan yang benar.
Metode ilmiah merupakan prosedur dalam mendapatkan pengetahuan yang disebut ilmu.
Jadi ilmu merupakan pengetahuan yang didapatkan lewat metode ilmiah.
Tidak semua pengetahuan dapat disebut ilmu sebab ilmu merupakan pengetahuan yang cara mendapatkannya harus memenuhi syarat-syarat tertentu. Syarat-syarat yang harus dipenuhi agar suatu pengetahuan dapat disebut ilmu tercantum dalam apa yang dinamakan metode ilmiah.
Metode, menurut Senn merupakan suatu prosedur atau cara mengetahui sesuatu.
Proses kegiatan ilmiah menurut Ritci Calder, dimulai ketika manusia mengamati sesuatu
( objek ). Dari pengamatan ini timbul permasalahan. Ada masalah maka proses berpikir dimulai.Ilmu mencoba mencari penjelasan mengenai permasalahan yang dihadapinya
Karena masalah yang dihadapinya adalah masalah nyata maka ilmu mencari jawabannya pada dunia nyata pula. Ilmu dimulai dengan fakta maka diakhiri dengan fakta pula.
Teori merupakan suatu abstrak intlektual yaitu pendekatan rasional digabungkan dengan pengalaman empiris.Artinya teori ilmu merupakan suatu penjelasan rasional yang berkesesuaian dengan objekyang dijelaskannya. Suatu penjelasan harus didukung oleh fakta emfiris untuk dapat dinyatakan benar. Inilah yang disebut dengan metode ilmiah.
Secara rasional ilmu menyusun pengetahuannya secara konsisten dan komulatif sedangkan secara emfiris ilmu memisahkan antara pengetahuan yang sesuai dengan fakta dan yang tidak.

Langkah-langkah Pelaksanaan Metode Ilmiah
1. Perumusan Masalah .
Perumusan masalah merupakan pertanyaan mengenai objek empiris yang jelas batas-batasnya serta dapat di identifikasikan faktor-faktor yang terkait didalamnya.
2. Penyusunan kerangkah berpikir dalam pengajuan hipotesa.
Penyusunan kerangkah ini merupakan argumentasi yang menjelaskan hubungan yang mungkin terdapat antara berbagai faktor yang saling mengkait dan membentuk kontelasi permasalahan. Kerangkah berpikir ini disusun secara rasional berdasarkan premis-premis ilmiah yang telah teruji kebenarannya dengan memperhatikan faktor-faktor empiris yang relevan dengan permasalahan.
3. Perumusan Hipotesis.
Perumusan hipotesis merupakan jawaban sementara atau dugaan terhadap pertanyaan yang diajukan yang materinya merupakan kesimpulan dari kerangkah berpikir yang dikembangkan.
4. Pengujian hipotesis
Pengujian hipotesis merupakan pengumpulan fakta-fakta yang relevan dengan hipotesis yang diajukan untuk memperlihatkan apakah terdapat fakta-fakta yang mendukung hipotesis tersebut atau tidak.
5. Penarikan kesimpulan.
Penarikan kesimpulan merupakan penilaian apakah sebuah hipotesis diajukan itu ditolak atau diterima.Seandainya hipotesis itu didukung oleh fakta yang cukup maka hipotesis itu diterima. Sebaliknya dalam pengujian hipotesis itu tidak didukung oleh fakta yang cukup maka hipotesis itu ditolak.Hipotesis yang diterimah dianggap pengetahuan ilmiah ebab telah memenuhi persyaratan keilmuan.
Keseluruhan langkah ini harus ditempuh agar suatu penelitian disebut ilmiah.
http://blog.unsri.ac.id/Bani/pengetahuan/metode-ilmiah/mrdetail/14643/
Metode ilmiah digunakan oleh para ilmuwan sebagai alat untuk menemukan jawaban terhadap pertanyaan. Metode ilmiah adalah suatu proses berpikir untuk mendapatkan cara penyelesaian yang mungkin terhadap suatu masalah. Proses tersebut termasuk dengan mencoba tiap-tiap kemungkinan untuk mendapatkan pemecahan yang terbaik. Tahap-tahap metode ilmiah meliputi :
1. Pengumpulan informasi
2. Identifikasi masalah
3. Perumusan Hipotesis
4. Eksperimen
5. Perumusan kesimpulan
http://www.progriptek.ristek.go.id/webrur/metode%20ilmiah.htm
Penelitian dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis penelitian, misalnya:
Penelitian kualitatif (termasuk penelitian historis dan deskriptif)adalah penelitian yang tidak menggunakan model-model matematik, statistik atau komputer. Proses penelitian dimulai dengan menyusun asumsi dasar dan aturan berpikir yang akan digunakan dalam penelitian. Asumsi dan aturan berpikir tersebut selanjutnya diterapkan secara sistematis dalam pengumpulan dan pengolahan data untuk memberikan penjelasan dan argumentasi. Dalam penelitian kualitatif informasi yang dikumpulkan dan diolah harus tetap obyektif dan tidak dipengaruhi oleh pendapat peneliti sendiri. Penelitian kualitatif banyak diterapkan dalam penelitian historis atau deskriptif.
Penelitian historis menerapkan metode pemecahan yang ilmiah dengan pendekatan historis. Proses penelitiannya meliputi pengumpulan dan penafsiran fenomena yang terjadi di masa lampau untuk menemukan generalisasi yang berguna untuk memahami, meramalkan atau mengendalikan fenomena atau kelompok fenomena. Penelitian jenis ini kadang-kadang disebut juga penelitian dokumenter karena acuan yang dipakai dalam penelitian ini pada umumnya berupa dokumen. Penelitian historis dapat bersifat komparatif, yakni menunjukkan hubungan dari beberapa fenomena yang sejenis dengan menunjukkan persamaan dan perbedaan; bibliografis, yakni memberikan gambaran menyeluruh tentang pendapat atau pemikiran para ahli pada suatu bidang tertentu dengan menghimpun dokumen-dokumen tentang hal tersebut : atau biografis, yakni memberikan pengertian yang luas tentang suatu subyek, sifat dan watak pribadi subyek, pengaruh yang diterima oleh subyek itu dalam masa pembentukan pribadinya serta nilai subyek itu terhadap perkembangan suatu aspek kehidupan.
Penelitian deskriptif adalah penelitian tentang fenomena yang terjadi pada masa sekarang. Prosesnya berupa pengumpulan dan penyusunan data, serta analisis dan penafsiran data tersebut. Penelitian deskriptif dapat bersifat komparatif dengan membandingkan persamaan dan perbedaan fenomena tertentu; analitis kualitatif untuk menjelaskan fenomena dengan aturan berpikir ilmiah yang diterapkan secara sistematis tanpa menggunakan model kuantitatif; atau normatif dengan mengadakan klasifikasi, penilaian standar norma, hubungan dan kedudukan suatu unsur dengan unsur lain.
Penelitian teoritis adalah penelitian yang hanya menggunakan penalaran semata untuk memperoleh kesimpulan penelitian. Proses penelitian dapat dimulai dengan menyusun asumsi dan logika berpikir. Dari asumsi dan logika tersebut disusun praduga (konjektur). Praduga dibuktikan atau dijelaskan menjadi tesis dengan jalan menerapkan secara sistematis asumsi dan logika. Salah satu bentuk penerapan asumsi dan logika untuk membentuk konsep guna memecahkan soal adalah membentuk model kuantitatif. Dalam beberapa penelitian teoritis tidak diadakan pengumpulan data.
Penelitian ekperimental adalah penelitian yang dilakukan dengan menciptakan fenomena pada kondisi terkendali. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan hubungan sebab-akibat dan pengaruh faktor-faktor pada kondisi tertentu. Dalam bentuk yang paling sederhana, pendekatan eksperimental ini berusaha untuk menjelaskan, mengendalikan dan meramalkan fenomena seteliti mungkin. Dalam penelitian eksperimental banyak digunakan model kuantitatif.
Penelitian rekayasa (termasuk penelitian perangkat lunak) adalah penelitian yang menerapkan ilmu pengetahuan menjadi suatu rancangan guna mendapatkan kinerja sesuai dengan persyaratan yang ditentukan. Rancangan tersebut merupakan sintesis unsur-unsur rancangan yang dipadukan dengan metode ilmiah menjadi suatu model yang memenuhi spesifikasi tertentu. Penelitian diarahkan untuk membuktikan bahwa rancangan tersebut memenuhi spesifikasi yang ditentukan. Penelitian berawal dari menentukan spesifikasi rancangan yang memenuhi spesifikasi yang ditentukan, memilih alternatif yang terbaik, dan membuktikan bahwa rancangan yang dipilih dapat memenuhi persyaratan yang ditentukan secara efisiensi, efektif dan dengan biaya yang murah. Penelitian perangkat lunak komputer dapat digolongkan dalam penelitian rekayasa.
Muhammadi, Orientasi Penelitian Ilmiah
lanjut


Sifat Ilmu Pengetahuan dan Metode Ilmiah:
Logis atau masuk akal, yaitu sesuai dengan logika atau aturan berpikir yang ditetapkan dalam cabang ilmu pengetahuan yang bersangkutan. Definisi, aturan, inferensi induktif, probabilitas, kalkulus, dll. merupakan bentuk logika yang menjadi landasan ilmu pengetahuan. Logika dalam ilmu pengetahuan adalah definitif. Obyektif atau sesuai dengan fakta. Fakta adalah informasi yang diperoleh dari pengamatan atau penalaran fenomena.
Obyektif dalam ilmu pengetahuan berkenaan dengan sikap yang tidak tergantung pada suasana hati, prasangka atau pertimbangan nilai pribadi. Atribut obyektif mengandung arti bahwa kebenaran ditentukan oleh pengujian secara terbuka yang dilakukan dari pengamatan dan penalaran fenomena.
Sistematis yaitu adanya konsistensi dan keteraturan internal. Kedewasaan ilmu pengetahuan dicerminkan oleh adanya keteraturan internal dalam teori, hukum, prinsip dan metodenya. Konsistensi internal dapat berubah dengan adanya penemuan-penemuan baru. Sifat dinamis ini tidak boleh menghasilkan kontradiksi pada azas teori ilmu pengetahuan.
Andal yaitu dapat diuji kembali secara terbuka menurut persyaratan yang ditentukan dengan hasil yang dapat diandalkan. Ilmu pengetahuan bersifat umum, terbuka dan universal.
Dirancang. Ilmu pengetahuan tidak berkembang dengan sendirinya. Ilmu pengetahuan dikembangkan menurut suatu rancangan yang menerapkan metode ilmiah. Rancangan ini akan menentukan mutu keluaran ilmu pengetahuan.
Akumulatif. Ilmu pengetahuan merupakan himpunan fakta, teori, hukum, dll. yang terkumpul sedikit demi sedikit. Apabila ada kaedah yang salah, maka kaedah itu akan diganti dengan kaedah yang benar. Kebenaran ilmu bersifat relatif dan temporal, tidak pernah mutlak dan final, sehingga dengan demikian ilmu pengetahuan bersifat dinamis dan terbuka.

Ciri Penelitian:
Keluaran penelitian harus mengandung kontribusi atau nilai tambah, harus ada sesuatu yang baru untuk ditambahkan pada perbendaharaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada. Originalitas yang dikandung dalam kontribusi penelitian dapat berlainan tingkatnya, dan tingkat kontribusi ini akan menentukan mutu penelitian. Misalnya, hasil penelitian S3 biasanya mempunyai kontribusi yang sangat mendasar, mempunyai keberlakuan universal, atau mempunyai dampak luas pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kontribusi penelitian S2 bersifat kelanjutan atau penambahan teori, proses atau penerapan yang telah ada. Sedangkan penelitian S1 biasanya merupakan hasil karya mandiri dalam menerapkan pengetahuan dan ketrampilan yang diperolehnya selama belajar di tingkat S1. Kontribusi itu dirumuskan sebagai tesis penelitian.
Pelaksanaan penelitian dilakukan dengan metode ilmiah. Penerapan metode ilmiah dalam penelitian bertujuan agar keluaran penelitian dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya atau mutunya.
Tesis sebagai keluaran penelitian diuraikan atau dibuktikan secara analitis, yaitu dijelaskan hubungan sebab-akibat antara variabel-variabel dengan menggunakan metode ilmiah.

Muhammadi, Orientasi Penelitian Ilmiah

Identifikasi masalah|Perumusan masalah|Penelusuran pustaka|Rancangan penelitian|Pengumpulan data|Pengolahan data|Penyimpulan hasil

Penelitian merupakan suatu siklus. Setiap tahapan akan diikuti oleh tahapan lain secara terus menerus.
Tahapan-tahapan penelitian itu adalah:
1. Identifikasi masalah
2. Perumusan masalah
3. Penelusuran pustaka
4. Rancangan penelitian
5. Pengumpulan data
6. Pengolahan data
7. Penyimpulan hasil
Tahapan ini hendaknya tidak dilihat sebagai lingkaran tertutup, tetapi sebagai suatu spiral yang semakin lama makin tinggi. Penyimpulan hasil suatu penelitian akan merupakan masukan bagi proses penelitian lanjutan, dan seterusnya.
Pemilihan Topik
Pilihlah sebuah topik yang menarik menurut kamu, jangan mengerjakan semua ide. Mungkin saja kamu dapat mengerjakan sebagian atau semua ide. Tapi itu akan menghabiskan banyak waktu. Hal penting untuk melakukan eksperimen adalah mempelajari lebih banyak tentang ilmu itu sendiri. Tidak perlu harus sangat lengkap dan diharapkan menjadi sukses dalam melakukan eksperimen mu. Tapi yang pasti eksperimen yang bagus dapat dikembangkan untuk menjawab pertanyaan yang mendasar tentang kejadian dan situasi dalam kehidupan sehakehidupan sehari-hari.
Cara cara mudah untuk memilih sebuah topik :
1. Perhatikan alam sekitarmu; Gunakan kalimat "saya ingin tahu mengapa......." , hal tersebut akan sangat membantu mu dalam mendapatkan topik. Sebagai contoh Saya ingin tahu mengapa bunga yang dipotong tangkainya bisa tetap segar didalam vas yang berisi air? Pertanyaan ini akan mendorong kamu untuk melakukan eksperimen. Apakah ada pengaruh selain air yang membuat bunga tetap segar? Atau apakah cara pemotongan ranting dapat mempengaruhi kesegarannya? Pertanyaan-pertanyaan yang berkelanjutan ini akan membuat kamu mendapatkan topik untuk melakukan eksperimen. Tetaplah buka mata dan telinga kamu, dan mulai menayakan pada diri kamu sendiri dengan pertanyaan penyelidikan.Ada sejumlah pertanyaan yang dirumuskan dan ada pula yang ditanyakan kepada diri kamu sendiri yang dapat digunakan untuk mengembankan topik kegiatan ilmiah. Pertanyaan ini dapat membimbing kamu untuk mengembangkan eksperimen, topiknya tentang genetika.
2. Pengalaman diri kamu sendiri; Kamu pasti pernah mengalami sakit flu. Sakit flu memang tidak menyenangkan, tetapi kamu dapat menggunakan ketidaknyamanan ini sebagai alat untuk memilih topik eksperimen kamu. Kamu dapat mencatat bahwa jika sakit flu makanan terasa tidak enak. Kemudian kamu tidak dapat mencium aroma makanan tersebut karena hidung tersumbat. Seharusnya kamu akan mempunyai pertanyaan apakah penciuman akan mempengaruhi rasa? Catatlah hipotesis mu dan mulailah merancang sebuah eksperimen.
3. Dapatkan dari majalah ilmiah atau buku kumpulan kegiatan ilmiah: Dari majalah ilmiah kamu bisa mendapatkan fakta-fakta yang menarik bagi kamu dan yang membimbing kamu untuk membuat pertanyaan-pertanyaan penyelidikan. Jangan berharap ide-ide topik dalam majalah ilmiah, apalagi instruksi-instruksi mengenai langkah-langkah eksperimen dan rancangan eksperimen. Sebuah artikel dapat membawa kamu memikirkan pertanyaan-pertanyaan penyelidikan lainnya. Buku-buku kumpulan kegiatan ilmiah dapat memberikan ide-ide eksperimen dan dapat mempertajam kemampuan kamu dalam mengemukakan pertanyaan-pertanyaan penyelidikan.
Ada hal-hal yang perlu dipertimbangkan seperti jangan berkesperimen dengan hewan bertulang belakang atau bakteri, melainkan dengan ijin khusus dari organisasi setempat di daerah kamu. Eksperimen juga tidak boleh merusak atau mengintimidasi subyek eksperimen

Johanes Surya, Penelitian ilmiah Remaja

Laporan Penelitian
Judul|Abstrak|Daftar isi|Kata Pengantar|Pendahuluan|Tinjauan Pustaka|Penelitian |Hasil dan Pembahasan|Kesimpulan

Menulis sebuah laporan kegian ilmiah merupakan sebuah pekerjaan dengan tantangan yang khas, sebagian dikarenakan harapan kita ketika membaca sebuah laporan kegiatan ilmiah sangat berbeda dengan ketika kita membaca jenis naskah lainnya. Normalnya, kamu tidak membaca sebuah laporan kegiatan ilmiah secara linier "dari awal sampai akhir". Pada saat membaca sebuah laporan kegiatan ilmiah orang biasanya memusatkan perhatian untuk mendapatkan poin-poin penting dengan membaca abstrak/ringkasan, gambar, atau paragraf awal dalam bab pembahasan. Perhatian terhadap teks selebihnya baru diberikan ketika seseorang akan mengulang percobaan, mengumpulkan informasi untuk tinjauan pustaka, atau mengevaluasi kekurangan dalam metoda yang digunakan atau interpretasi hasilnya. Sebuah laporan kegiatan ilmiah hendaknya ditulis dengan sejelas dan setepat mungkin. Selain itu laporan kegiatan ilmiah harus mengacu pada sejumlah informasi penting tentang pelaksanaan penelitian. Data harus diringkas dalam beberapa cara: dengan menggunakan tabel, gambar, dan teks hasil (yang mungkin juga memuat analisis statistik).
Sebaiknya kamu menghindari kalimat-kalimat berbunga, lebih baik langsung ke pokok pikiran/masalah yang dimaksud. Gunakan gaya bahasa yang datar dan sebisa mungkin hindari penggunaan jargon yang spesifik untuk disiplin ilmu tertentu. Kamu dapat mengunakan kalimat pasif untuk menjelaskan gagasan-gagasan mu. Ketika menguraikan hasil, lakukan seolah-olah sedang menjelaskan gambar atau tabel kepada seorang teman. Sebaiknya dihindari penggunaan terminologi statistik dalam tubuh kalimat. Terakhir, organisasikan naskah menurut format yang ditetapkan oleh panitia penyelenggara.
Sebelum kamu memulai menulis, carilah suatu cara untuk mengorganisasikan bahan-bahan yang dimiliki sehingga diketahui apa yang akan kamu tulis, bagaimana urutannya, dan apa yang ingin disampaikan. Usahakan menulis sebuah outline. Kamu dapat menulis gagasan pada secarik kertas. Tulisan tersebut tidak harus rapi, karena dimaksudkan sebagai alat bantu ketika memikirkan apa yang akan diungkapkan. Gunakan cara apapun yang cocok untukmu bagaimanapun anehnya cara tersebut!
Ketika merencanakan penulisan, jangan mengkhawatirkan bahasa. Pusatkan perhatian mu pada apa yang akan diungkapkan. Jangan membuang waktu dengan terlalu memusatkan perhatian pada ejaan. Hal-hal tersebut dapat dipikirkan belakangan setelah diputuskan tentang apa yang akan diungkapkan. Jika terlalu banyak menghabiskan waktu untuk memperbaiki tata-bahasa dalam menyusun naskah awal, harus diingat, mungkin belakangan nanti akan banyak paragarf yang harus dihilangkan karena ternyata tidak diperlukan; atau setidaknya harus dilakukan perubahan yang mendasar. Dengan demikian, berikan perhatian pada tata-bahasa setelah yakin benar dengan apa yang akan diungkapkan.
Para penulis yang lebih berpengalaman umumnya menulis ulang dan melakukan perubahan teks lebih mendalam daripada mereka yang kurang berpengalaman. Setiap orang memerlukan waktu yang cukup untuk dapat menyusun karya yang baik. Semakin baik seorang penulis akan semakin dapat melihat bahwa gagasan/tulisan/ pemikiran awal yang dapat diperbaiki. Karena itu, kamu harus memberi waktu cukup pada diri mu sendiri untuk menulis ulang gagasan/pemikiran agar nantinya pembaca mencapai pemahaman terbaik tentang apa yang ingin kamu ungkapkan, bukannya apa yang terbaik yang dapat dicapai pada menit-menit terakhir.
Mintalah beberapa orang membaca apa yang telah ditulis. Minta tolonglah pada teman, atau guru pembimbing anda. Lakukan hal tersebut tanpa menunggu naskah anda "sempurna" karena jika orang yang kamu mintai tolong memberi saran perubahan mungkin kamu akan merasa keberatan melakukannya. Berikan kepada temanmu naskah sementara (draft) dan beritahukan umpan balik apa yang anda perlukan: komentar atas organisasi naskah? gagasan? bahasa? Atau aspek teknis dari apa yang sudah kamu tulis.
Karya yang bagus memerlukan latihan. Orang yang dapat menjadikan diri kita sebagai penulis yang handal hanyalah diri kita sendiri. Jadi lakukan pekerjaan tersebut, tunjukkan hasilnya pada orang lain, lalu tulis ulang, tulis ulang, dan tulis ulang naskah anda.
Tersedia banyak buku teks maupun panduan menulis yang dapat dijadikan acuan. Buku-buku tersebut memberikan banyak metode yang dapat diterapkan, namun jika metode-metode tersebut tidak cocok untuk anda maka gunakan cara anda sendiri.
Contoh Penelitian Fisika

Kincir Angin
Indikator Asam Basa
Rantai Super

Listrik Statis
Pelepasan Muatan Listrik Statis
Efek Rumah Kaca

Termometer
Peluncuran Satelit
Mainan dan Gravitasi

Pengungkit
Menanjak
Magnet

Magnet Bumi
Eksperimen dalam Terowongan Angin
Menguji Pesawat dalam Air

Penyelam Kartesius
Penambahan Warna
Sifat Gelombang dalam Tangki

Interferensi Gelombang
Memperagakan Medan Gravitasi
Membuat Periskop

Layang-layang
Mesin Pemanas Pita Karet



KINCIR ANGIN
Masalah : Bagaimana Membuat Model Kincir Angin
Alat dan Bahan yang Digunakan
:: Gunting :: Pelobang kertas :: Penggaris :: Sedotan minuman :: Kertas hvs :: Tanah liat :: Pensil :: Benang jahit :: Koin logam besar :: Penjepit kertas ::
Prosedur
1. Potong kertas segiempat ukuran 15cm x 15 cm.
2. Gambar garis diagonal menyilang kertas segiempat membentuk huruf X.
3. Gunakan koin untuk menggambar lingkaran di tengah kertas segiempat.
4. Dengan pelobang kertas, buatlah satu lobang pada tiap-tiap sudut kertas seperti yang ditunjukkan pada gambar.
5. Buatlah lubang melalui tengah lingkaran dengan ujung pensil.
6. Potong empat garis diagonal sampai pinggir lingkaran di tengah kertas.
7. Untuk membuat kertas berputar, lipat sudut-sudut kertas dengan menyatukankertas.
8. Masukkan sedotan melalui lobang tersebut, dan tempatkan roda kertas di tengah sedotan.
9. Sumbatkan sepotong kecil tanah liat ke kedua ujung sedotan menahan rodaagar tetap pada tempatnya.
10. Potong benang jahit sepanjang 60 cm.
11. Ikat ujung benang kira-kira 5 cm dari ujung sedotan.
12. Ikat ujung yang bebas dari benang ke penjepit kertas.
13. Pegang sedotan dengan tangan kirimumu dan menghadap ke muka kamu, dengan ibu jari menghadap tubuhmu.
14. Ayunkan ujung sedotan pada alur yang terbentuk antara telunjuk dan ibu jari kamu. Jangan jepit sedotan tersebut.
15. Hembus kincir angin kertas tersebut.
16. Amati gerakan roda kertas, sedotan, dan penjepit kertas.



Hasil
Roda kertas dan sedotan berputar. Benang yang tertempel pada sedotan berputar melilit sedotan, dan sehingga penjepit kertas bergerak naik.
Mengapa?
Mesin merupakan alat yang membuat kerja menjadi lebih mudah. Roda kertas dan sedotan membentuk mesin sederhana yang disebut roda dan roda as (roda besar tempat roda kecil melekat). Benang dan penjepit kertas yang dihubungkan menghasilkan model yang memperagakan cara kerja kincir angin. Layar kertas dari model kincir angin bergerak seperti roda dan berputar dalam lingkar yang besar, sedotan merupakan as roda dan berputar bersama, tetapi roda membuat siklus yang lebih besar daripada roda as. Ketika roda membuat satu putaran besar, benang berputar sekali mengitari as, beban (penjepit kertas) naik dan jarak perpindahannya sebanding jarak putaran as. Hal ini membutuhkan sedikit gaya untuk menaikkan beban (penjepit kertas) dengan memutar roda besar daripada menaikkan beban langsung dengan tangan kamu. (Sebuah beban merupakan obyek yang digerakkan oleh mesin).
Mari Amati !
1. Apakah ukuran roda mempengaruhi hasilnya? Ulangi eksperimen dua kali, tiap kali eksperimen, ubah ukuran roda kertas. Pertama buatlah roda dengan menggunakan kertas ukuran 7,5 cm x 7,5 cm, dan kemudian yang kedua gunakan kertas segiempat dengan ukuran 30 cm x 30 cm.
2. Apakah ukuran as yang berbeda mempengaruhi hasil? Ulangi percobaan awal, gunakan jarum rajut untuk as yang lebih kecil. Ulangi lagi, gunakan paku dinding dengan keliling yang lebih besar daripada sedotan.
Saatnya Beraksi !
Buatlah model kincir air, yang merupakan contoh lain mesin roda dan roda as. Minta orang dewasa untuk memotong bagian atas botol plastik ukuran 2 liter, dan potong dua lekukan dengan lebar masing-masing 1,3 cm dan tinggi 5 cm di bagian pinggir sebelah atas botol plastik yang arahnya berseberangan satu sama lain. Potong lobang pada bagian samping, hampir mendekati dasar botol, untuk membuat air mengalir ke luar (lihat gambar). Buatlah sebuah kincir air dengan mengelem serangkaian kertas yang dipotong dari kartu nama dilem ke dinding kumparan benang kosong. Masukkan pensil melalui tengah kumparan benang. Rekatkan pensil ke kumparan benang dengan isolasi. Gantungkan kedua ujung pensil di bagian yang terpotong pada bagian atas botol. Ikat ujung benang ke penjepit kertas, dan rekatkan ujung benang yang bebas ke pensil. Tempatkan botol dalam bak cuci piring di bawah kran. Putar sedikit air. Air tersebut harus mengenai kertas. Kumparan dan pensil akan berputar dan benang akan berputar mengelilingi pensil, menaikkan penjepit kertas. Tampilkan model kincir air sebagai bagian tampilan eksperimen kamu, berdampingan dengan foto-foto yang diambil selama eksperimen.
Amati Ini !
Kincir angin pertama dibuat di Persia pada abad ke tujuh. Kincir ini merupakan contoh klasik dari mesin roda dan roda as yang bergantung pada angin sebagai sumber tenaganya, agar layarnya bisa berputar sehingga harus selalu dibuat menghadap angin. Temukan lebih banyak lagi tentang rancangan kincir angin dan bagaimana cara merancang agar dapat mengatasi kecepatan angin yang berbeda-beda. Masukan informasi mengenai kincir angin zaman dulu yang terdiri dari layar topang dan layar yang bisa dilepaskan, berdampingan dengan turbin angin modern yang digerakkan generator yang terdapat pompa dan gerinda.

Indikator Asam Basa
Masalah : Bagaimana kamu menguji keberadaan asam?
Alat dan Bahan yang Digunakan
:: Kubis merah l Isolasi l Blender makanan l Spidol l Air suling (aquades) l 1 sendok teh cuka (5 ml) l Saringan makanan l Sendok l Mangkuk besar l Botol ukuran 1 liter dengan tutup ::
Prosedur
1. Buat indikator kubis asam dengan mengikuti langkah berikut: Isi blender setengahnya dengan daun kubis, kemudian masukkan air suling. ; Minta orang dewasa untuk memblender air dan kubis.; Minta orang dewasa membantu kamu menyaring isi blender ke dalam mangkuk. ; Tuangkan indikator kubis dalam botol. Tulis botol dengan Indikator Kubis. CATATAN : Tutup botol dan simpan dalam kulkas ketika tidak digunakan untuk mencegahnya dari pembusukan atau yang merusaknya.
2. Gunakan indikator untuk menguji ke-asaman, dengan mengikuti langkah berikut: Tempatkan 2 sendok makan (30 ml) indikator kubis dalam piring.; Amati warna indikator kubis.; Tambahkan cuka ke dalam indikator. Aduk.; Amati warna cairan dalam piring.
Hasil
Indikator kubis berubah warnanya dari ungu ke merah ketika bercampur dengan cuka.
Mengapa?
Blender menghancurkan sel-sel kubis yang terbuka dan zat-zat kimia berwarna dalam sel bercampur dengan air. Jus kubis berubah warnanya dari merah jambu ke merah ketika tercampur dengan asam seperti cuka. Jus kubis merupakan indikator (sebuah zat kimia yang merubah warna asam dan/atau basa).
Mari Amati !
Apa pengaruh basa (zat yang menghasilkan ion hidroksil negatif ketika larut dalam air) yang terdapat dalam indikator kubis? Ulangi langkah ke 2 dari prosedur, tempatkan tablet asam semut ke dalam indikator. Biarkan tablet selama 2 sampai tiga menit, kemudian aduk.
Saatnya Beraksi !
1. Apakah semua material yang larut dalam air menghasilkan ion hidrogen atau hidroksil? Siapkan dan uji material berikut ini menggunakan indikator kubis merah: garam, gula, tepung, bubuk pembersih, garam inggris, cuka, jus lemon. Siapkan zat padat dengan menambahkan 2 sendok teh material pemadat ke secangkir (20 ml) air suling. Bahan cair dapat ditambahkan secara langsung ke larutan indikator. Tidak ada perubahan warna menunjukkan larutan netral, satu sifat yang bukan basa ataupun asam. Sebuah grafik dari warna-warna yang dihasilkan berdampingan dengan kesimpulan dari tiap-tiap pengujian dapat digunkan sebagai bagian tampilan eksperimen kamu.
2. Dapatkah sari tanaman yang merupakan bahan celup digunakan sebagai indikator? Uji jus anggur, buah berri, atau strawberri.
3. Temukan lebih banyak lagi tentang asam dan basa. Apakah sebagian contoh yang lazim digunakan merupakan asam dan basa? Siapkan tampilan dari makanan yang menggambarkan asam dan basa dengan menggunakan potongan foto-foto dari majalah.
Amati Ini !
Asam yang tidak bisa dicerna menyebabkan produkasi asam lambung yang berebihan. Temukan asam apa yang dihasilkan lambung dan apa penyebab kelebihan produksi asam. Bagaimana tablet asam semut mengeluarkan kelebihan asam lambung? Dokter atau ahli farmasi dapat memberikan informasi mengenai ini.
Rantai Super
Masalah : Apakah struktur fisik metana merupakan hidrokarbon (molekul yang terdiri dari atom hidrogen dan karbon) yang paling sederhana?
Alat dan Bahan yang Digunakan
:: 4 tusuk gigi l 1 buah permen karet bulat hitam yang besar l 4 buah permen karet bulat kecil warna putih ::
Prosedur
1. Tusuk semua tusuk gigi ke permen karet besar. Jarakkan tusuk gigi tersebut sehingga mempunyai jarak yang sama satu sama lainnya.
2. Tempatkan 1 permen karet putih yang kecil pada setiap ujung tusuk gigi pada permen karet besar.

Hasil
Kamu telah membuat model molekuler untuk metana.
Mengapa?
Molekul hidrokarbon tersusun dari atom hidrogen dan karbon. Tiap-tiap atom karbon dalam molekul hidrokarbon mempunyai empat ikatan (hubungan antar atom) yang jaraknya sama satu sama lain, dan tiap atom hidrogen mempunyai satu ikatan. Metana merupakan molekul hidrokarbon yang paling sederhana. Dalam struktur metana, sebuah permen karet hitam menggambarkan satu karbon terikat pada 4 atom hidrogen yang digambarkan oleh permen karet putih. Rumus kimia yang digunakan untuk menggambarkan metana adalah CH4. Rumus tersebut, seperti model yang kamu buat, memperlihatkan bahwa molekul metana mempunyai satu atom karbon dan empat atom hidrogen.
Mari Amati !
Bagaimanakah bentuk ikatan sebuah hidrokarbon dengan dua atom karbon? Etana terdiri dari dua atom karbon dan enam atom hidrogen. Rumus kimia untuk etana adalah C2H6. Untuk membuat model etana, pertama hubungkan dua buah permen karet hitam yang besar dengan tusuk gigi. Kemudian tusukkan tiga tusuk gigi pada tiap-tiap permen karet yang terhubung tadi. Jarakkan tusuk gigi sehingga semua tusuk gigi sama jaraknya satu sama lain. Tempatkan satu permen karet kecil putih pada ujung tiap tusuk gigi. Petunjuk untuk lomba ilmiah: Tampilkan model metana dan etana sebagai bagian dari tampilan eksperimen kamu.

Saatnya Beraksi !
1. Bagaimanakah bentuk hidrokarbon lain seperti propana (C3H8) dan butana (C4H10)? Ingatlah bahwa tiap-tiap atom karbon dalam molekul hidrogen mempunyai 4 ikatan yang jaraknya sama, dan tiap-tiap atom hidrogen mempunyai satu ikatan. Tampilkan semua model yang dibuat sebagai bagian tampilan eksperimen.
2. Rumus struktural molekul hidrogen digunakan untuk menggambarkan jumlah karbon yang dihubungkan dan atom hidrogen. Lengkapi grafik hidrokarbon dan tampilkan dengan model tiap-tiap molekul.

Amati Ini !
Bacalah tentang gas hidrokarbon seperti metana, etana, propana, dan butana. Tulis dan tampilkan laporan tentang gas-gas ini. Masukkan dalam laporan jawaban pertanyaan seperti: - Mengapa metana disebut gas rawa? - Yang mana dari gas-gas tersebut digunakan sebagai bahan bakar di rumah?

Efek Rumah Kaca
Masalah : apakah efek rumah kaca tersebut?
Alat dan Bahan yang Digunakan
:: Kotak sepatu l Tanah l 2 buah termometer l Pembungkus makanan dari plastik tak berwarna (kertas wrap) l Pengatur waktu::
Prosedur
1. Isi kotak sepatu setengahnya dengan tanah.
2. Letakkan termometer di atas permukaan tanah. Letakkan termometer ke dua di luar kotak.
3. Tutup kotak yang terbuka dengan selapis plastik pembungkus.
4. Baca suhu pada kedua termometer.
5. Tempatkan kotak dan termometer ke dua bersebelahan di luar rumah yang banyak dikenai cahaya matahari.
6. Catat pembacaan dari kedua termometer setiap 15 menit selama satu jam.
7. Catat pembacaan setiap satu jam selama 4 jam.
Hasil
Semua atau sebagian besar pembacaan temperatur memperlihatkan bahwa temperatur dalam plastik yang menutupi kotak lebih tinggi dibandingkan temperatur di luar kotak.
Mengapa?
Sebuah struktur yang dirancang untuk memberikan sebuah perlindungan, lingkungan yang terkontrol untuk menumbuhkan tanaman di dalam ruangan disebut greenhouse (rumah kaca). Rumah kaca ini terbuat dari kaca atau material lain yang membiarkan cahaya matahari masuk. Kotak dalam eksperimen ini merupakan contoh sebuah rumah kaca. Energi matahari merupakan radiasi elektromagnet. Energi ini dipancarkan oleh matahari dan datang dalam bentuk gelombang dengan panjang gelombang yang bervariasi. Radiasi panjang gelombang-pendek dari matahari melewati pembungkus plastik yang menutupi kotak. Sebagian besar energi ini diserap tanah dan sisi-sisi kotak kardus sehingga menyebabkan panasnya naik. Radiasi panjang gelombang-panjang, disebut radiasi infra merah (gelombang panas), dilepaskan oleh tanah dan sisi-sisi kotak kardus. Sebagian ilmuwan berpikir bahwa radiasi panjang gelombang-pendek memasuki kotak melalui plastik dan berubah menjadi radiasi panjang gelombang-panjang, atau gelombang panas, yang kemudian terperangkap dalam plastik. Ilmuwan lain percaya bahwa penyebabnya karena rumah kaca tertutup, sehingga udara panas terperangkap di dalamnya. Selagi tidak ada udara dingin yang memasuki kotak, temperatur dalam rumah kaca tetap bertambah. Atmosfir bumi, memerangkap radiasi panjang gelombang-panjang. Komposisi gas di udara lebih kurang 78 % nitrogen, 21% oksigen, dan 1% terdiri dari campuran gas seperti uap air, karbon dioksida dan karbon monoksida dan lain-lain. Seperti plastik yang menutupi kotak dalam eksperimen ini, atmosfir melewatkan energi matahari melalui permukaan bumi. Panas permukaan menjadi naik dan memberikan radiasi panjang gelombang-panjang. Sebagian besar dari gelombang panas ini diserap oleh uap air (air dalam fase gas) dan karbon dioksida (gas yang dihasilkan oleh pembakaran dan dikeluarkan oleh hewan) di atmosfir yang terendah. Gas di atmosfir ini mengirimkan sebagian besar gelombang panas ini kembali ke bumi, yang menyebabkan permukaan bumi secara berangsur-angsur menjadi panas. Rumah kaca dan atmosfir bumi kedua-duanya menangkap panas dari matahari. Oleh sebab itu, panas bumi ini disebut efek rumah kaca.
Mari Amati !
1. Apakah jenis tutup kotak mempengaruhi hasilnya? Ulangi eksperimen awal, siapkan kotak-kotak dengan tutup yang berbeda-beda. Salah satunya bisa ditutup dengan kaca. Minta orang dewasa untuk memindahkan potongan kaca dari bingkai foto dan memasangkan isolasi sekeliling pinggir kotak. Tutupi kotak lain dengan map plastik map transparan dengan berbagai warna. Petunjuk untuk lomba ilmiah : Tampilkan contoh kotak yang tertutup dan hasil eksperimen.
2. Apakah struktur permukaan mempengaruhi hasil? Ulangi eksperimen awal, siapkan beberapa kotak. Tutupi permukaan tanah dalam kotak dengan material yang berbeda-beda, seperti batu-batuan, daun-daun, dan rumput. Petunjuk untuk lomba ilmiah : Tampilkan foto-foto dari kotak-kotak yang berbeda dengan hasil eksperimen.
3. Rancang cara untuk menutupi kotak sehingga kamu bisa menentukan jika hal ini dapat mengurangi sirkulasi udara atau memerangkap sinar yang mempengaruhi perubahan temperatur.
Saatnya Beraksi !
1. Gas-gas dalam atmosfir bumi menjaga bumi dari pendinginan yang terlalu cepat pada malam hari. Buatlah tiruan pengaruh atmosfir terhadap temperatur dengan menyiapkan dua kotak seperti eksperimen awal tadi, tetapi biarkan kotak pertama terbuka. Letakkan kotak-kotak tersebut di luar rumah di daerah yang kena sinar matahari, selama 3 jam, kemudian tempatkan dalam rumah di ruang yang gelap seperti toilet. Baca termometer setiap 15 menit selama satu jam, kemudian setiap 30 menit selama paling sedikit 2 jam.
2. Ozon merupakan sebuah bentuk oksigen yang terdiri dari gabungan tiga atom oksigen, oksigen yang kita hisap terdiri dari gabungan dua atom oksigen. Jumlah terbesar dari ozon terdapat pada ketinggian antara 16 dan 32 km di atas permukaan bumi, daerah atmosfir ini disebut lapisan ozon. Sebagian ilmuwan berpikir bahwa berkurangnya lapisan ozon akan menyebabkan permukaan bumi menerima radiasi yang lebih banyak lagi dari matahari, pada akhirnya menyebabkan perubahan iklim. Terrarium (rumah kecil tertutup yang berisi tanaman dan sebagian hewan kecil seperti keong, katak atau ular) dapat dibuat tiruannya, meskipun tidak tepat, efeknya juga menaikkan radiasi energi matahari. Siapkan dua tempat kecil, yang sama dengan terrarium menggunakan instruksi dari kebun pembibitan, atau dari sebuah buku untuk membuat terrarium. Masukkan termometer dalam tiap terrarium. Tempatkan satu terrarium dekat jendela yang menerima langsung cahaya matahari sepanjang hari. Ambil foto terrarium pada awal dan kemudian pada hari yang dipilih secara acak selama eksperimen. Temukan lebih banyak lagi tentang lapisan ozon dan bagaimana manusia menyebabkan perubahannya. Gunakan informasi ini untuk menyiapkan sebuah poster (gambar), dan tampilkan berdampingan dengan terrarium.
Termometer
Masalah : Masalah Bagaimana kamu membuat model termometer Fahreinheit?
Alat dan Bahan yang Digunakan
:: Dua lembar kertas karton putih, masing-masing ukurannya 55cm x 70 cm l Meteran kayu l Gunting l Krayon merah l Spidol l Isolasi bening::
Prosedur
1. Dari satu lembar kertas karton, potong menjadi 35 cm x 70 cm dan 20 cm x 70 cm.
2. Warnai bulatan untuk air raksa pada termometer (pentolan) pada potongan yang besar dan potongan ukuran 20 cm x 70 cm warna merah.
3. Pada potongan yang lebih besar, gambar sebuah termometer menggunakan pengukuran seperti yang terlihat pada gambar.
4. Potong dan pindahkan bagian10 cm x 55 cm yang berada di atas pentolan termometer.
5. Potong karton ke dua dengan ukuran 35 cm x 70 cm.
6. Potong sebuah celah dengan ukuran 25 cm jaraknya10 cm dari pinggir bawah potongan tersebut. Celah tersebut harus berada ditengah secara horizontal.
7. Tempatkan potongan karton ke dua di belakang termometer dan isolasi pinggir-pinggir kedua potongan.
8. Masukkan potongan kertas sempit (potongan dengan ukuran 20 x 70 cm) ke dalam celah sehingga sisi yang berwarna merah terlihat melalui bagian yang dipotong dari termometer tersebut.
9. Pegang karton, secara perlahan, tarik potongan yang berwarna merah ke bawah dan amati tingginya pada tiap temperatur ditandai.



Hasil
Gerakan potongan yang berwarna merah ke atas dan ke bawah membuat pembacaan temperatur pada termometer bertambah dan berkurang.
Mengapa?
Termometer merupakan sebuah alat untuk mengukur temperatur. Temperatur mengukur seberapa panasnya sebuah benda, yang sebanding dengan rata-rata energi kinetik (energi gerak) molekul dalam benda tersebut. Semakin tinggi temperatur suatu material, semakin cepat molekulnya bergerak berputar. Ketika molekul bergerak lebih cepat, molekul tersebut semakin menjauh. Pada sebuah termometer, ketika material di dalam pentolannya mendapat panas, menjadikannya mengembang dan bergerak naik ke atas melalui tabung termometer. Ketika material dalam termometer dingin, molekulnya bergerak lebih lambat dan bergerak hanya sekitar situ saja, dan material bergerak turun pada tabung termometer. Sebuah termometer harus dikalibrasi. Artinya perbedaan tinggi sepanjang tabung ditandai sehingga jarak dari satu tanda ke tanda berikutnya perubahannya sama dengan satu derajat temperatur material.
Mari Amati !
1. Gunakan termometer Celsius dan Fahreinheit yang telah dikalibrasi untuk menandai derajat Celsius pada model di atas. Petunjuk untuk lomba ilmiah : Temukan lebih banyak lagi tentang termometer skala Celsius dan Fahreinheit dan bagaimana perbedaannya. Tampilkan contoh kalkulasi yang memperlihatkan bagaimana derajat Fahrenheit secara matematika diubah ke derajat Celsius dan contoh derajat Celsius yang diubah ke derajat Fahrenheit.
2. Cuaca merupakan hasil perubahan kondisi atmosfer bumi. Pelajaran mengenai cuaca disebut meteorologi, dan ilmuwan yang mempelajari cuaca disebut meteorologis. Meteorologis sering mengarahkan titik beku air (32 derajat Fahrenheit dan 0 derajat Celsius) ketika mengukur temperatur udara. Temperatur yang diperkirakan berada di bawah titik beku menunjukkan bahwa temperatur udara akan turun atau berada di bawah 320 F (00 C). Tandai titik beku air pada model temometer. Petunjuk untuk lomba ilmiah : Tampilkan model sebagai bagian dari proyek kamu.
Saatnya Beraksi !
1. Cara lain untuk memperagakan bagaimana termometer bekerja adalah dengan membuat botol termometer. Tegakkan sedotan minuman yang sangat kecil dalam gelas yang berisi air setengahnya yang telah diwarnai dengan pewarna makanan warna biru. Ketika sedotan berada dalam air, tempatkan jari telunjuk kamu pada ujung sedotan yang terbuka. Tahan jari telunjuk kamu yang berada pada sedotan, naikkan sedotan keluar dari air yang berwarna tersebut dan masukkan ujung bagian bawah sedotan ke dalam botol soda kosong. Minta asisten kamu untuk menutup mulut botol soda dengan menyumbatkan tanah liat sekeliling sedotan, kemudian pindahkan jari telunjuk kamu dari ujung sedotan. Isi sebuah mangkuk dengan air hangat. Isi mangkuk ke dua dengan air dingn dan tambahkan dua atau tiga es kotak. Tempatkan botol soda yang berisi sedotan ke dalam mangkuk yang berisi air hangat. Ketika air yang berwarna dalam sedotan mulai naik, pindahkan botol dari air hangat dan dengan cepat masukkan ke dalam mangkuk yang berisi air es. Tampilkan gambar yang memperlihatkan posisi air berwarna dalam sedotan ketika botol termometer dipanaskan dan didinginkan.
2. Tanggapan panca indra pada kulit kamu dapat mendeteksi perubahan temperatur. Lihatlah kalau kulit kamu dapat memberikan informasi yang akurat kepada kamu tentang temperatur. Ambil tiga buah mangkuk dan isi dengan air yang berbeda-beda temperaturnya: mangkuk 1, hangat-hangat kuku; mangkuk 2, air dingin; mangkuk 3, es dingin. Minta asisten kamu untuk meletakkan satu jari dalam mangkuk 3. Setelah 30 detik, perintahkan kedua asisten untuk segera meletakkan jarinya dalam mangkuk 2. Minta mereka menjelaskan temperatur air dalam mangkuk 2.


Amati Ini !
Seorang pengamat cuaca tidak dapat memberikan laporan yang lengkap kondisi cuaca tanpa mengetahui temperatur udara. Termometer merupakan alat yang sangat penting untuk meteorologis. Temukan lebih banyak lagi tentang termometer. Siapakah yang menciptakan termometer pertama kali? Siapa yang mengusulkan skala termometer pertama kali? Apa saja jenis termometer yang dikenalkan Gabriel D. Fahrenheit, Anders Celsius, dan Lord Kelvin?
Peluncuran Satelit
Masalah : Bagaimana cara meluncurkan satelit ke orbit bumi?
Alat dan Bahan yang Digunakan
:: Kotak kardus :: penggaris plastik :: Tanah liat :: Kelereng::
Prosedur
1. Balikkan kotak kardus dengan bagian atasnya berada di bawah di atas meja.
2. Tempatkan pinggir kotak 25 cm dari pinggir meja.
3. Letakkan satu penggaris di atas kotak dengan mengulurkannya 10 cm melewati pinggir kotak.
4. Tahan penggaris ke dua sehingga satu ujungnya menyentuh ujung penggaris pertama tadi dalam satu garis lurus, dan ujung penggaris ke dua berada 5 cm di atas kotak. Sangga ujung penggaris dengan meletakkan potongan tanah liat di bawahnya.
5. Letakkan sebuah kelereng di bagian atas penggaris yang dinaikkan, dan kemudian lepaskan kelereng tersebut.
6. Amati jalur kelereng gerakan kelereng.

Hasil
Kelereng meuncur ke bawah penggaris dan berakhir pada ujung penggaris. Jalur kelereng membentuk kurva yang mengarah ke bawah setelah lepas dari ujung penggaris sampai membentur lantai.
Mengapa?
Meja tersebut menggambarkan bumi, dan bagian atas kotak merupakan posisi di atas permukaan bumi. Kelereng menggambarkan sebuah satelit. Satelit merupakan suatu benda yang bergerak sesuai dengan jalur benda angkasa. "Satelit Kelereng" diluncurkan secara horizontal, sejajar dengan permukaan bumi. Semua satelit dinaikkan menjadi tinggi di atas bumi dengan roket pendorong, dan kemudian dengan tambahan tenaga roket, satelit diluncurkan sejajar dengan permukaan bumi. Tak ada satupun dari "satelit kelereng" ataupun satelit ruang angkasa bergerak dalam arah yang benar-benar lurus, karena gravitasi menariknya ke arah bumi.
Kelereng bergerak dalam jalur berbentuk kurva melewati atas meja dan pinggir meja karena gravitasi menariknya ke bawah dan kecepatan peluncuran mendorongnya ke depan. satelit ruang angkasa juga bergerak dengan jalur berbentuk kurva, tetapi belokannya sepenuhnya mengelilingi bumi. Jalur belokan (putaran) dari satu benda mengitari yang lainnya disebut orbit. Kecepatan peluncuran yang horizontal dari satelit buatan manusia, seperti kelereng itu, harus cukup besar untuk menyeimbangkan tarikan gravitasi. Kecepatan yang mengarah ke depan, membuat satelit menjauh dari permukaan bumi dan bergerak dalam jalur kurva.
Mari Amati !
1. Jika kecepatan peluncuran secara horizontal terlalu lambat, gravitasi menarik satelit kembali ke permukaan bumi. Peragakan hal ini dengan mengulangi eksperimen dengan ujung satu rol yang kurang dari 5 cm tingginya di atas kotak.
2. Jika kecepatan horizontal terlalu besar, satelit akan menjauh dari tarikan gravitasi bumi dan lepas ke ruang angkasa. Kamu tidak bisa membuat kelereng benar-benar lepas ke ruang angkasa, tetapi ulangi eksperimen dengan menaikkan ujung rol peluncuran lebih dari 5 cm di atas kotak akan memperagakan gerakan satelit menjauh dari jalur normal yang dihasilkan eksperimen pertama tadi.
3. Petunjuk untuk lomba ilmiah: Peluncur dan gambar-gambar peluncuran dapat digunakan sebagai bagian tampilan eksperimen.
Apakah berat kelereng mempengaruhi kecepatannya? Ikuti prosedur eksperimen, tetapi gunakan kelereng yang lebih besar dan lebih berat. Catat beberapa perbedaan pada jalur kelereng tersebut.
Saatnya Beraksi !
1. Sebuah gambar kartun seperti yang diperlihatkan di bawah ini mungkin menolong untuk memperagakan pengaruh kecepatan peluncuran terhadap penempatan satelit pada orbit.
2. Berbagai tingkat roket digunakan untuk menempatkan satelit pada orbit bumi. Bagaimana hal ini bisa tercapai? Apa yang terjadi pada tiap-tiap bagian dari sistem? Balon-balon dan sebuah cangkir kertas dapat digunakan untuk memperagakan tingkatan roket. Gambar berikut memberikan petunjuk untuk membuat roket dengan sistem berbagai tingkat. Sebuah gambar model balon di samping gambar-gambar roket bertingkat yang sebenarnya akan membuat bagus tampilan eksperimen.
Amati Ini !

1. Satelit cuaca tetap berada pada tempat yang sama di atas permukaan bumi. Satelit ini dikatakan berada pada geosinkronis orbit.
2. Baca tentang pesawat ruang angkasa dan bagaimana pesawat tersebut meluncurkan satelit. Apakah artinya kata-kata satelit jatuh ke dalam orbit?
Mainan Dan Gravitasi
Masalah : Bagaimana garvitasi mempengaruhi permainan bola dayung?
Alat dan Bahan yang Digunakan
:: Bola dayung::
Prosedur
1. Pegang dayung dengan satu tangan dan bola pada tangan yang lain.
2. Tarik bola lurus menjauh dari dayung sejauh kamu bisa meregangkan tangan kamu atau sejauh keelastisitasannya.
3. Lepaskan bola tersebut.
4. Amati Jalur putaran bola.
5. Tarik lagi bola seperti tadi. Naikkan bola ke atas kira-kira 30 cm dari posisi horizontalnya.
6. Lepaskan bola dan amati jalurnya.
7. Teruskan untuk merubah posisi bola sampai jalurnya mengarahkan bola langsung ke tengah dayung.

Hasil
Putaran bola tidak mencapai dayung ketika regangannya dibuat lurus dari dayung. Pegangan bola dengan ketinggian di atas dayung menghasilkan bola yang membentur bagian tengah dayung.
Mengapa?
Benang menarik bola ke arah dayung, tetapi gravitasi menarik bola ke pusat bumi, yang lurus ke bawah. Dua gaya ini menyebabkan bola terus jatuh dan pada saat yang sama bergerak ke arah dayung. Hasilnya adalah bola bergerak dalam jalur kurva yang melengkung ke bawah. Ketika ditarik lurus, jalur bola yang melengkung menyebabkan bola menjadi lebih rendah daripada pegangan dayung. Bola yang dinaikkan tetap bergerak dalam jalur kurva yang melengkung ke bawah, tetapi jalur baru berakhir di tengah dayung.
Mari Amati !
Seberapa jauhnya bola jatuh sebelum mencapai dayung? Gambar ilustrasi sebuah metoda untuk menentukan jarak ini. Sebagian dayung ditutupi dengan kertas hitam dan bola dilumuri tepung. Bola tersebut ditarik lurus dari dayung dan dilepaskan. Sebuah bercak putih pada kertas hitam menandai tempat putaran bola. Petunjuk untuk lomba ilmiah: dayung dan kertas dapat dilampirkan sebagai tampilan eksperimen dan gunakan untuk memperagakan pengaruh gravitasi terhadap mainan.
Saatnya Beraksi !
1. Apakah gravitasi membuat slinky tenggelam? Tempatkan mainan di atas tangga yang dibuat dengan menumpukkan buku-buku, dan berikan sedikit tolakan ke depan. Amati gerakan dan arah slinky. Dapatkah membuat slinky naik ke atas tangga?
(CATATAN: Sebuah slinky dari logam akan memberikan hasil yang terbaik). Foto-foto dan gambaran tertulis dari hasil dapat ditampilkan.
2. Apakah tinggi tangga mempengaruhi gerakan slinky? Buatlah anak tangga dari buku-buku yang berbeda-beda tingginya. Tampilkan catatan tinggi yang digunakan dan hasil gerakan mainan tersebut.
3. Kumpulkan dan tampilkan mainan yang membutuhkan gravitasi untuk bekerja. Sertakan penjelasan singkat bagaimana tiap mainan bekerja dengan bantuan gravitasi.
Amati Ini !
Bagaimana dengan mainan yang bergantung pada gravitasi bereaksi di ruang angkasa? NASA telah menguji reaksi dari mainan-mainan ini di ruang angkasa: bola dayung, Slinky, yo-yo, bola dan jack, mainan terjun payung, mobil-mobilan yang berputar, pesawat terbang kertas. Perkirakan dan catat bagaimana menurut kamu reaksi mainan tersebut di ruang angkasa. Ingatlah bahwa dalam menetapkan kendaraan ruang angkasa
Pengungkit
Masalah : Apakah tuas tingkat pertama itu, dan apa keuntungan menggunakan salah satunya?
Alat dan Bahan yang Digunakan
:: Meja yang tidak terlalu berat l Kursi yang kokoh/kuat (punggungnya harus setinggi meja) l Sapu::
Prosedur
1. Letakkan satu tangan di bawah pinggir meja (pastikan tidak ada apa-apa di atasnya) dan dengan pelan angkat meja ke atas. Cobalah untuk menaikkan bagian bawah meja dari lantai. PERHATIAN: Jangan paksakan jika meja terasa berat.
2. Tempatkan punggung kursi lebih kurang 10 cm dari pinggir meja.
3. Letakkan sapu dengan pegangannya melalui punggung kursi dan ujungnya di bawah pinggir meja.
4. Letakkan tangan pada ujung sapu jerami dan dengan pelan naikkan meja dengan bantuan sapu tersebut.

Hasil
Ujung pegangan sapu naik, mengangkat meja dari lantai. Dengan menggunakan sapu untuk menaikkan meja dapat mengurangi usaha daripada mencoba mengangkat meja dengan tangan kamu.
Mengapa?
Mesin sering dianggap sebagai alat yang lengkap dengan berbagai bagian penggerak yang sumber tenaganya dari motor. Ilmuwan mendefinisikan sebuah mesin sebagai suatu alat yang merubah arah atau sejumlah gaya yang harus kamu gunakan untuk mengerjakan suatu tugas. Gerakan sapu tadi merupakan sejenis mesin sederhana yang disebut tuas (pengungkit). Pengungkit merupakan sebuah batang kaku yang bergerak pada satu titik tetap yang disebut titik tumpu. Ada tiga jenis tuas yang berbeda-beda: tingkat pertama, tingkat ke dua dan tingkat ke tiga. Satu jenis tidaklah lebih unggul dari jenis lainnya; perbedaan tiap-tiap jenis mempunyai titik tumpu yang berbeda-beda letaknya. Sapu pada eksperimen ini merupakan contoh tuas tingkat pertama, yang selalu mempunyai titik tumpu (pada kasus ini, punggung kursi) antara gaya usaha (tolakan atau tarikan yang diperlukan untuk menggerakkan obyek) dan beban (obyek yang dipindahkan). Tuas tingkat pertama merubah arah gaya; ujung tuas yang satu naik ketika ujung yang lain ditarik ke bawah. Dengan tuas jenis ini, akan mengurangi gaya usaha yang digunakan ketika usaha tangan (jarak dari titik tumpu ke titik tempat kamu melakukan usaha) lebih panjang daripada beban lengan (jarak dari titik tumpu ke beban). Karena usaha kamu dilipatgandakan oleh tuas, jadi lebih mudah untuk menggerakkan meja dengan tuas daripada dengan tangan kamu.

Mari Amati !
Apakah posisi titik tumpu (punggung kursi) mempengaruhi hasil? Ulangi eksperimen, tempatkan kursi pada jarak yang berbeda dari pinggir meja. Petunjuk untuk lomba ilmiah: Gunakan diagram untuk menggambarkan perbedaan posisi titik tumpu. Tunjukkan posisi mana yang dikehendaki dan memerlukan jumlah gaya yang paling sedikit untuk menaikkan meja.
Akankah panjang tuas mempengaruhi hasil? Ulangi eksperimen awal dua kali, pertama gunakan sapu dengan tangkai yang lebih pendek, dan kemudian dengan tangkai yang lebih panjang.
Saatnya Beraksi !
Letakkan ujung pensil di bawah tumpukan buku-buku. Gunakan pensil ke dua sebagai titik tumpu dengan menempatkannya di bawah pensil pertama. Tekan ke bawah ujung pensil pertama dan cobalah untuk mengangkat buku-buku. Pindahkan titik tumpu lebih dekat lagi, dan kemudian jauhkan dari tumpukan buku-buku dan coba lagi. Tampilkan diagram yang memperlihatkan titik tumpu dalam posisi yang berbeda-beda, dan jelaskan bagaimana mudahnya buku-buku diangkat tiap waktu.
Amati dan buat sebuah daftar beberapa penggunaan pengungkit yang lazim dan penting dalam kehidupan sehari-hari.
Di sini ada beberapa contoh: - Bermain ungkat ungkit - Menggunakan palu untuk mengeluarkan paku - Menggunakan batang pohon untuk memindahkan sebuah batu - Menggunakan obeng untuk membuka tutup kaleng cat
Foto-foto dan diagram dari contoh di atas dan contoh lainnya dari tuas tingkat pertama memberikan tampilan eksperimen yang bagus.
Amati Ini !
Temukan lebih banyak lagi tentang Archimedes, ilmuwan Yunani kuno dan ahli matematika, yang pertama kali mendefinisikan prinsip tuas. Apa arti ucapannya yang berbunyi “Beri saya tempat untuk berdiri dan Saya akan menggerakkan bumi”? Temukan bagaimana cara beliau menarik beban kapal yang berat sepanjang pantai dengan satu tangan.
Menanjak
Masalah : Bagaimana kemiringan suatu bidang (plat, kemiringan permukaan) membuat obyek lebih mudah naik?
Alat dan Bahan yang Digunakan
:: Gunting l Meteran kayu l Karet gelang yang besar l 1 cangkir beras l Isolasi l Kaus kaki l 3 buah buku l Tali::
Prosedur
1 Buatlah skala seperti berikut:
• Potong karet gelang untuk membuat satu tali dari karet gelang panjang.
• Bentangkan karet di atas penggaris. Tarik ujung melewati pinggir penggaris dan isolasi pada bagian belakang penggaris. Biarkan tergantung 7,6 cm dari bawah penggaris bagian depan.
2 Tumpuk buku-buku di atas meja.
3 Tempatkan ujung meteran di pinggir meja untuk membuat jalur yang melandai (tanjakan).
4 Tuang beras dalam kaus kaki, dan ikat kaus kaki tersebut.
5 Ukur dan potong tali sepanjang 30 cm.
6 Ikat tali ke ujung karet gelang dan ujung benang yang lain diikatkan pada simpul kaus kaki
7 Tempatkan kaus kaki di permukaan meja, dan angkat skala lurus ke atas sampai kaus kaki berada pada ketinggian yang sama dengan tumpukan buku-buku.
8 Amati jarak karet gelang yang teregang di samping penggaris.
9 Tempatkan kaus kaki pada bagian bawah tanjakan.
10 Pegang skala, dan dengan perlahan tarik kaus kaki ke atas tanjakan.
11 Sekali lagi amati jarak karet gelang pada skala yang teregang ketika kaus kaki ditarik ke atas tanjakan.




Hasil Karet gelang meregang dengan jarak yang lebih pendek ketika digunakan untuk menarik kaus kaki yang penuh dengan beras ke atas tanjakan daripada ketika menaikkan kaus kaki arahnya lurus ke atas. Mengapa?
Tanjakan merupakan sebuah bidang miring (mesin sederhana dengan sebuah plat, permukaan miring). Hal ini digunakan untuk memindahkan beban ke tingkat yang lebih tinggi dengan usaha yang minimal. Panjang regangan karet gelang menunjukkan bahwa disini gaya yang diberikan lebih kecil untuk memindahkan kaus kaki yang berisi beras menaiki tanjakan daripada mengangkatnya secara lurus ke atas. Ketika menggunakan bidang miring, kamu harus memindahkan beban lebih jauh daripada jika kamu mengangkatnya lurus ke atas, tetapi memerlukan lebih sedikit gaya.
Mari Amati !
1. Apakah kemiringan tanjakan mempengaruhi jumlah usaha yang diperlukan untuk memindahkan kaus kaki ke atas? Ulangi eksperimen dua kali, pertama naikkan kemiringan dengan menambah lebih banyak lagi buku-buku pada tumpukan, dan kemudian mengurangi kemiringan dengan mengurangi jumlah buku pada tumpukan.
2. Apakah permukaan tanjakan mempengaruhi hasil? Ulangi eksperimen awal dua kali, pertama isolasi kertas lilin pada meteran untuk membuat permukaan menjadi lebih licin, dan kemudian isolasi ampelas pada meteran untuk membuat permukaan jadi kasar. Petunjuk untuk lomba ilmiah : Tampilkan material yang digunakan dan intisari hasil. Dalam laporan tertulis kamu tentang hasil ini, masukkan informasi tentang perbedaan gaya gesek (menghambat gerak) antara permukaan yang kasar dan halus.
Saatnya Beraksi !
Gunakan pegangan pada skala untuk mengukur jumlah gaya yang dibutuhkan untuk mengangkat buku lurus ke atas. Buatlah bidang miring dengan menempatkan papan pada pinggir kursi. Tempatkan buku di ujung bawah tanjakan, dan gunakan skala untuk menarik buku ke atas tanjakan. Ukur gaya yang diperlukan untuk menarik buku ke atas tanjakan. Tampilkan foto-foto yang memperlihatkan buku yang disambung dengan skala, dan juga ditarik ke tanjakan dengan skala. Tunjukkan gaya yang dibutuhkan untuk menaikkan buku lurus ke atas dan untuk menaikkannya ke atas tanjakan.
Lihat hal-hal yang terdekat di sekitar kamu. Amati dan temukan bidang miring yang umum (seperti tangga, tanjakan untuk kursi roda, jalan yang berputar dan mengelilingi gunung, dan tanjakan pada dermaga) digunakan untuk memindahkan obyek ke tingkat yang lebih tinggi. Ambil gambar dari jenis bidang bidang miring yang berbeda, berdampingan dengan gambar-gambar dari majalah, dapat digunakan sebagai bagian tampilan eksperimen.
Amati Ini !
Lebih dari 2.000 tahun yang lalu orang Mesir membangun makam Firaun sebagian makam tingginya lebih dari 12 m. Yang terbesar, dibangun oleh Firaun Khufu, mempunyai potongan batu sedikitnya 2.300.000 keping dan berat tiap-tiap batu yang dipasang lebih kurang 1.362 kg. Bacalah tentang piramid dan temukan bagaimana orang Mesir menggunakan bidang miring untuk meletakkan balok batu besar ini di atas balok yang lain.
Magnet
Masalah : Material apa saja yang ditarik magnet?
Alat dan Bahan yang Digunakan
:: Material yang diuji: aluminium foil, tembaga, kawat, kaca pualam, paku baja, kertas, baja, kayu korek api l Magnet batang::
Prosedur

1. Bentangkan material yang akan diuji di atas meja kayu.
2. Sentuhkan magnet ke tiap-tiap material dan secara perlahan jauhkan magnet dari tiap-tiap material.
3. Amati dan catat material mana yang melekat pada magnet.
Hasil Hanya paku dan baja yang menempel pada magnet. Mengapa?
Magnet merupakan sebuah zat yang terbuat dari material magnetik dan dapat menarik benda-benda yang bersifat magnet. Material magnet dapat ditarik oleh magnet dan termasuk juga besi, kobalt, nikel, dan campuran logam-logam ini dengan tiap-tiap zat lain.
Tarikan magnet terhadap material magnet, dan penolakan antara kutub-kutub magnet disebut gaya magnet. Gaya magnet juga disebut daya tarik magnet. Area di sekitar gaya magnet yang bekerja disebut medan magnet. Atom-atom dalam zat magnetik berkumpul bersama dalam kelompok-kelompok yang disebut bidang magnet. Bidang magnet merupakan suatu daerah dimana atom-atom tersusun sehingga medan magnetnya berbaris membentuk medan magnet yang lebih besar. Daerah dalam material magnetik bekerja seperti magnet kecil dengan sebuah kutub utara dan kutub selatan (ujung-ujung magnet yang saling berlawanan).
Mari Amati !
1. Apakah hanya baja dan paku yang merupakan material magnetik? Ulangi eksperimen dengan menguji material yang tidak terdapat dalam daftar di atas. Catat material yang ditemukan yang merupakan material magnet. Petunjuk untuk lomba ilmiah: Catatan ini dapat digunakan sebagai bagian laporan tertulis untuk tampilan eksperimen kamu.
2. Apakah magnet harus menyentuh material uji untuk menariknya? Ulangi eksperimen awal, pegang magnet sangat dekat dengan material tetapi tidak menyentuhnya. Petunjuk untuk lomba ilmiah: Tampilkan foto-foto yang diambil selama eksperimen yang memperlihatkan magnet yang dipegang pada jarak yang berbeda-beda untuk tiap-tiap material uji. Masukkan foto material magnetik yang menempel pada magnet, dan catat tinggi material yang dipindahkan untuk mencapai magnet. Coba tentukan material mana yang mempunyai sifat magnet yang paling kuat.
Saatnya Beraksi !
1. Gunakan paku besi dan penjepit kertas yang belum di dekatkan ke magnet, uji tarikan paku ke penjepit kertas. Kemudian, magnetisasi (membuatnya menjadi magnet) paku dengan meletakkannya di atas sebuah magnet selama satu menit atau lebih. Ujilah tarikan penjepit kertas ke paku yang telah dimagnetisasi. Siapkan gambar yang memperlihatkan bidang dari paku yang sudah diberi sifat magnet dan paku yang belum diberi sifat magnet. Tunjukkan dengan gambar penjepit kertas menarik paku yang berbeda-beda.
2. Ketika menyampaikan presentasi lisan, peragakan bagaimana magnet dapat digunakan untuk memisahkan benda-benda magnetik dan tidak magnetik. Gabungkan 1sendok teh garam halus dan 1 sendok teh serbuk besi. Kamu bisa mendapatkan serbuk besi dalam mainan menggambar magnetik yang dijual di toko mainan. Tuangkan campuran ke atas selembar kertas. Lewatkan magnet batang dekat permukaan campuran, tetapi tidak menyentuhnya, serbuk besi akan menempel pada magnet dan garam akan tertinggal di atas kertas.
Amati Ini !
Kemampuan magnet untuk memisahkan benda magnetik dari non magnetik merupakan hal penting dalam beberapa industri. Bacalah buku-buku tentang magnet dan siapkan diagram yang memperlihatkan apa yang telah kamu pelajari. Di sini terdapat beberapa contoh magnet yang digunakan sebagai pemisah:
• Memisahkan logam dari bijih besi
• Arkeologis menemukan harta yang terpendam di dasar laut dengan penyapu magnetik
• Pabrik makanan menjaga makanan dari campuran partikel besi yang kecil-kecil dengan menggosokkan magnet ke mesin.
Magnet Bumi
Masalah : Bagaimana kamu bisa mengukur gaya magnet bumi pada lokasi yang berbeda-beda?
Alat dan Bahan yang Digunakan
:: Selembar kertas hvs l Penggaris l Isolasi l Benang l Paku besi kecil l Kompas l Magnet batang l Pensil l Gunting l Pengatur Waktu::
Prosedur
1. Gulung kertas dan beri isolasi untuk membuat silinder besar yang terbuka ujungnya. Tempatkan silinder di atas lantai di samping meja kayu.
2. Magnetisasi paku dengan membentangkannya di atas magnet selama 1 menit atau lebih.
3. Potong benang sepanjang 1 m, ikat ujung benang di tengah paku yang telah dimagnetisasi tadi.
4. Isolasi ujung benang yang satu lagi ke pinggir meja sehingga paku tergantung dalam silinder lebih kurang 5 cm di bawah permukaan silinder. Silinder akan menghalangi angin yang akan menggerakkan paku.
5. Atur kompas di atas lantai dekat silinder.
6. Gunakan pensil untuk memutar paku dalam arah timur-barat, seperti ditunjukkan oleh kompas.

7. Minta asisten untuk mulai menghitung waktu ketika paku dilepaskan. Minta asisten kamu memberitahukan jika telah satu menit.
8. Hitung jumlah osilasi (gerakan satu ke belakang dan ke depan dari ayunan obyek) paku selama satu menit.
9. Ulangi eksperimen dua kali.
10. Rata-ratakan hasil dari tiga kali percobaan dengan menambahkan jumlah osilasi semuanya dan bagi jumlahnya dengan tiga.
Contoh:
Percobaan #1 17 osilasi
Percobaan #2 16 osilasi
Percobaan #3 18 osilasi
Total 51 osilasi
Rata-rata; 51:3 17 osilasi
Hasil
Jumlah osilasi paku tergantung pada bagian bumi mana kamu tinggal.
Mengapa?
Bumi sifatnya seperti magnet yang besar, dan ujung-ujungnya merupakan kutub utara dan selatan magnet. Kutub utara dan kutub selatan magnet bumi menarik kutub-kutub magnet yang berayun, seperti jarum kompas. Kutub utara jarum kompas searah dengan kutub utara magnet bumi dan kutub selatan jarum kompas searah kutub selatan magnet bumi. Jumlah osilasi terbentuk oleh magnet yang tergantung, seperti paku yang dimagnetisasi, bervariasi terhadap jarak antara kamu dengan salah satu kutub. Semakin dekat kamu berada dengan satu kutub magnetik, semakin besar osilasi magnet.
Mari Amati !
1. Apakah ukuran paku yang berbeda-beda mempengaruhi jumlah osilasi? Ulangi eksperimen dua kali, pertama gunakan paku yang lebih kecil, dan kemudian gunakan paku yang lebih besar.
2. Apakah ukuran benang mempengaruhi osilasi paku? Ulangi eksperimen awal menggunakan tali tipis untuk menggantungkan paku.
3. Adakah perbedaan kuat medan magnet bumi antara di rumah kamu dengan di rumah tetangga kamu?
Ulangi eksperimen awal pada lokasi yang berbeda-beda, seperti di sekolah atau di rumah teman. Jika kamu mempunyai kesempatan untuk mengadakan perjalanan, bawa bahan-bahan eksperimen dan ukur gaya magnet bumi pada kota yang berbeda. Petunjuk untuk lomba ilmiah: Buatlah peta area tempat kamu melakukan eksperimen, dengan hasil eksperimen dijelaskan di sana. Sebuah pernyataan intisari hasil harus dibuat di bawah peta.
Saatnya Beraksi !
Buat tiruan pengujian medan magnet bumi yang lebih dekat ke kutub magnet dengan meletakkan magnet dekat paku yang tergantung. Hitung osilasi paku terhadap magnet yang berada pada jarak yang berbeda-beda dari paku. Gunakan eksperimen ini sebagai bagian tampilan eksperimen kamu. Ikat benang ke penyangga yang ditempatkan membentang di bagian atas tampilan eksperimen kamu, dengan paku tergantung bebas di tengah. Gunakan magnet untuk memperagakan perubahan kecepatan osilasi ketika kuat medan magnet bertambah.

Amati Ini !
Adakan penelitian khusus pengukuran medan magnet bumi. Dengan bimbingan orang tua kamu atau guru, kamu bisa berhubungan dengan siswa yang secara geografi berbeda lokasinya dengan kamu. Dalam eksperimen sebelumnya, kamu menentukan apakah ukuran paku dan benang mempengaruhi hasil. Gunakan hasil eksperimen ini untuk menuntun asisten lab kamu yang berada di daerah lain tentang jenis material yang dibutuhkan untuk pengujian tersebut. Hasil ini dapat ditampilkan untuk lomba penelitian ilmiah.
Eksperimen Dalam Terowongan Angin
Ilmuwan matematika Swiss Daniel Bernoulli (1700-11782) terkenal menemukan teori bahwa ketika kecepatan zat cair atau gas bertambah, tekanannya berkurang. Teori ini dikenal sebagai prinsip Bernoulli, dan merupakan dasar pengetahuan dari penerbangan pesawat terbang. Sayap pesawat terbang modern dibulatkan bagian atasnya. Hal ini menambah jarak dorongon udara yang bergerak relatif terhadap bagian pinggir yang lebih rendah dari sayap. Udara bergerak lebih cepat melewati bagian atas sayap daripada bagian bawahnya, sehingga tekanan lebih rendah pada bagian atas sayap. Tekanan udara yang lebih besar dari bawah menyebabkan gaya ke atas yang disebut gaya angkat, yang mengangkat sayap, dan pesawat.
Jika kamu menggantung dua lembar kertas sejajar satu dan yang lainnya dan hembus di antaranya, kertas-kertas tersebut akan bergerak miring ke atas. Perlakuan ini lebih baik lagi bila dilakukan dengan balon. Dengan m enghembus antara kertas atau balon, akan menambah kecepatan udara di antaranya, menyebabkan tekanan udara berkurang Tekanan udara yang lebih besar pada bagian luar dari tiap kertas atau balon menekan obyek ke dalam.
Terowongan angin merupakan alat yang digunakan untuk mempelajari aerodinamika (aliran udara yang melalui permukaan) objek. Kamu bisa membuat terowongan udara yang sederhana dan melakukan uji kemampuan pada model pesawat dan airfoil (contoh sayap).
Orville Wright (1871-1948), orang pertama kali di dunia yang terbang pada tanggal 17 Desember 1903, di Kitty Hawk, California Utara. DIa tidak akan pernah terbang jauh jika dia dan saudaranya belum menyelesaikan pengujian terowongan angin.
Alat dan Bahan yang Digunakan
::Kotak kardus yang berat (seperti l Kipas angin listrik kotak tempat komputer) l Kayu balsa, kotak sabun, atau karton l Pensil l Leml Cutter l Timbangan digital l Penyaring penyejuk udara (AC) atau busa tipis l Buku catatan l Isolasi l l Lembaran plastik bening yang lebarnya sama dengan dinsing kotak l Obyek yang berbeda-beda bentuknya, pesawat terbang kertas, model pesawat terbang ::
Prosedur
1
Buatlah kerangka luar terowongan angin dari kotak kardus:Tandai garis potongan pada kardus dengan pensil pertama kali, potong bagian luar menggunakan cutter. Kedua ujung kotak harus terbuka. Bagi kotak dalam dua ruang yang tidak sama besar dengan menutupinya dengan penyaring penyejuk udara, tahan dengan isolasi pipa, lebih kurang 1/3 dari ujung yang satu. Guna penyaring adalah untuk meluruskan aliran udara yang keluar. Buatlah jendela di satu sisi dari ruang yang lebih besar, 2 cm dari pinggir-pinggirnya. Masukkan selembar plastik bening dalam pinggiran untuk menjadikannya seperti kaca jendela, dan rekatkan dengan isolasi.

2
Tempatkan kipas angin dalam ruangan yang kecil sehingga udara berhembus melalui penyaring ke dalam ruang yang lebih besar. Balon tidak mengikuti prinsip Bernoulli untuk daya angkat aerodinamiknya. Balon naik karena gas yang ada di dalamnya (helium atau udara panas) yang kurang rapat daripada atmosfer sekelilingnya
3
Buat berbagai macam bentuk sayap dalam pengujian bentuk seperti yang diperlihatkan di atas, gunakan kayu balsa dan lem. Jika balsa tidak ada, kamu bisa menggunakan kotak sabun yang keras atau kardus. Jika kamu bisa, kunjungi lapangan udara dan pelajari bentuk sayap pesawat terbang.
4
Letakkan satu dari model sayap pesawat di atas timbangan digital. Ketika timbangan mengukur gaya ke bawah, letakkan model terbalik untuk memanfaatkan kumpulan gaya angkat. Rekat model ke bawah menggunakan isolasi, dengan sebuah kubus balsa kecil pemisah pegangan di atas permukaan timbangan. (Isolasi kubus balsa pada timbangan). Kegunaan pemisah adalah untuk melewatkan aliran udara pada bagian atas dan bawah contoh sayap (atau pesawat) menghadap kipas angin dan pembacaan skala timbangan harus menghadap ujung terowongan angin yang terbuka.

5
Pastikan timbangan di set untuk mengukur berat, kemudian tempatkan dalam ruang yang lebih besar.
6
Baca skala timbangan, kemudian hidupkan kipas angin dan baca skala timbangan lagi setelah beberapa detik. Bagaimana perbandingan angkanya? Dapatkah kamu menjelaskan perbedaannya? Jika kipas angin mempunyai variabel setting, kamu bisa mengambil pembacaan pada tiap setting (tinggi, sedang, rendah)
7
Uji obyek yang berbeda-beda bentuknya dan catat daya angkat dalam tabel. Analisa hasil kamu. Bentuk manakah yang terbaik kerjanya? Kamu juga bisa menguji daya angkat pesawat terbang kertas dan model pesawat lainnya, dan hubungkan data terowongan angin kamu ke data terowongan angin yang sebenarnya ketika kamu terbang naik pesawat. Adakah hubungan antara daya angkat pada pesawat mainan dan jarak terbangnya?
Menguji Pesawat Terbang di Bawah Air
Hidro artinya “air”. Hidrodinamika suatu pelajaran aliran air yang melewati permukaan, seperti halnya aerodinamika mempelajari aliran udara.
Prilaku pesawat di bawah air dihubungkan dengan kemampuan terbangnya. Meskipun air lebih rapat daripada udara, sebuah pesawat yang terbang kurang baik di bawah air akan berkemungkinan mempunyai masalah yang sama dengan di udara.
Masalah penerbangan yang umum termasuk ketajaman membelok ke kiri atau ke kanan, menukik, dan jatuh berputar.
Alat dan Bahan yang Digunakan
:: Model pesawat plastik l Pewarna makanan atau pewarna l Bak mandi yang tidak beracun, l Air cat air yang mudah larut l Bor dan mata bor l Meteran kayu l 0,5 kg lilin l Pensil lilin atau isolasi adhesif l Gelas ukur dan panci dangkal l Buku catatan dan pensil l Kompor listrik atau pemanas l Paku payung dan dempul atau sabun l Lemak atau minyak jeli l Map::
Prosedur
1
Siapkan pesawat kamu untuk terbang di bawah air. hal yang penting adalah pesawat kamu jangan mengapung. Kamu harus mengisinya dengan air untuk memberatinya. Buat sepasang lobang di pesawat dengan mata bor kecil. Kadang-kadang pesawat akan bekerja lebih baik jika diisi dengan lilin. Cairkan lilin dengan memanaskannya secara perlahan dalam gelas ukur yang dikumpulkan di air dalam panci di atas pemanas atau kompor listrik dengan panas yang rendah. Ketika lilin telah cair, tuang sebagian ke dalam model pesawat kamu. Biarkan lilin dingin. Sebagai alternatif, kamu bisa mengisi pesawat kamu dengan zat lainnya, seperti lemak atau minyak jelly.
2
Isi bak mandi kamu dengan air hangat (Alasan menggunakan air hangat adalah sederhana saja untuk membuat tangan kamu lebih nyaman, yang akan berada di bawah air untuk sementara).

3
Lakukan pengujian penerbangan pesawat kamu, berikan sedikit dorongan di bawah air dan pelajari reaksinya. Apakah dia terbang dengan bagus, pada kecepatan tetap, dan hampir merata? Atau apakah dia menyelam atau berbelok?
4
Jatuhkan beberapa tetes pewarna makanan atau cat air yang mudah larut 1 m di atas bak. Setelah pewarna masuk ke dalam air, terbangkan pesawat melalui penampang yang berwarna untuk melihat bagaimana gerakan air. Kamu akan melihat arus eddi yang kecil, atau putaran arus, ketika pesawat melewati air.
Dalam terowongan angin, para ahli mesin menggunakan asap untuk melihat efek aerodinamika sayap.
5
Kamu bisa mengukur perbandingan luncuran pesawat kamu seperti berikut:
a. Buat tanda 1 m pada bagian tengah bawah bak, dengan pensil lilin atau potongan isolasi adhesif.
b. Lepaskan model dari suatu titik dalam air di atas tanda pertama sehingga pesawat meluncur ke dasar bak sampai pada tanda ke dua. (Hal ini mungkin memerlukan beberapa penampang).
c. Ukur jarak dari dasar bak ke tempat kamu melepaskan model pesawat kamu.
d. Perbandingan luncuran mudah untuk mengukurnya, yaitu 100 dibagi ketinggian dalam centimeter pada tempat pesawat dilepaskan.
Perbandingan luncuran menunjukkan ke kamu bagaimana kecepatan pesawat turun. Pesawat dengan perbandingan luncuran yang rendah jatuh secara cepat; pesawat dengan perbandingan luncuran yang tinggi jatuh secara perlahan.
6
Kamu bisa membuat pengaturan terhadap pesawat kamu untuk membantu mengimbangi penerbangan yang kurang baik.
1. a. Untuk mengatur keseimbangan, tambahkan sedikit paku payung dengan dempul atau sabun ke hidung model pesawat. Model pesawat plastik (atau pesawat terbang kertas untuk benda tersebut) kadang-kadang terlalu berat di belakangnya.
2. b. Untuk meluruskan jalur penerbangan (menjaga model dari pembelokan ke kanan dan ke kiri), setel ekor vertikalnya (atau buat satu jika hilang), gunakan paku payung dan dempul.
3. c. Menukik dengan berputar menandakan ekor pesawat sedikit berat. Ringankan dengan mengeluarkan isi pesawat, atau memberati hidung pesawat dengan menambah paku payung dan dempul.
7
Timbulkan aliran termal dengan membiarkan kran terbuka.Sebuah kolom air merapat mengalir turun. Ketika model kamu menabrak aliran air ini, akan bereaksi secara tepat seperti pesawat terbang menabrak aliran termal di udara.
Buatlah aliran turbulen dengan memutar air ke arah pesawat secara tajam dengan tangan kamu yang berada di bawah air. Model ini menunjukkan bagaimana pesawat akan bereaksi terhadap hembusan angin.

8
Dapatkah kamu memodifikasi pesawat kamu untuk mengurangi efek bahaya aliran termal dan aliran turbulen? Bagaimana massa pesawat menentukan reaksinya ketika cuaca buruk? Apa perubahan yang dapat kamu buat untuk menstabilkannya?
Aliran termal merupakan hasil dari perbedaan densitas (kerapatan) udara. Udara yang dingin relatif terhadap lingkungannya lebih rapat dan tenggelam; udara panas kurang kerapatannya dan naik, membentuk aliran termal. Aliran turbulen timbul ketika atmosfer mempunyai kantong udara dengan temperatur yang berbeda. Arus eddi dari massa udara ini menekan pesawat berputar, sering membuat penumpang tidak nyaman karenanya.
Penyelam Kartesius
Ketika densitas (massa dibagi volume: D = m/V) dari sebuah obyek lebih besar daripada densitas fluida atau gas sekelilingnya, obyek tersebut tenggelam. Ketika densitas obyek berkurang, obyek mengapung dalam fluida. Hal ini yang menyebabkan mengapa es mengapung di air dan balon helium di udara, dan mengapa timah tenggelam di air dan di udara. Kapal selam mengotrol sendiri densitasnya dengan memompa air laut ke dalam dan keluar ruangan. Penyelam mengenakan pemberat untuk menjaga densitas dalam air; di lain pihak mereka akan harus berjuang menghadapi kecendrungannya untuk mengapung. Penyelam cartesian merupakan alat sederhana dengan variabel densitas yang mengapung dan tenggelam sesuai keinginan kamu.
Alat dan Bahan yang Digunakan
:: l Botol plastik yang lebar mulutnya dengan tutup l Pipet tetes atau tutup pena yang bisa ditutup rapat (botol mayones) l Tanah liat atau kawat l Air l Botol plastik dengan sisi datar l Bungkus saus kecap::
Prosedur
1
Isi botol dengan air.
2
Letakkan pipet tetes dalam air dan atur sehingga hampir mengapung. Kamu bisa membuat pengaturan sebagai berikut:
a. Jika perlu, letakkan sedikit tanah liat atau kawat sekeliling ujung pipet sebagai pemberat sehingga ujungnya mengarah ke bawah.
b. Atur jumlah air di dalam pipet tetes. Gelembung udara harus ada pada bagian atas pipet tetes.
c. Jika pipet tetes tenggelam, buat lebih ringan lagi dengan mengurangi air yang berada dalam pipet tetes (atau menambah air dalam botol) atau memindahkan sebagian tanah liat atau kawat dari ujung pipet. Ketika pipet tetes diatur sedemikian hingga jika kamu menekan ke bawah pipet akan bergerak ke bawah sedikit, dengan perlahan hentikan penekanan, pipet akan kembali ke permukaan.
3
Tutup botol. Sekarang tekan sisi botol. Penyelam akan tenggelam ke dasar botol sampai kamu melepaskan tekanan ke botol.
Ketika kamu menekan botol, kamu menambahkan tekanan ke air dan pada gelembung udara dalam pipet tetes. Hal ini membuat gelembung jadi lebih kecil. Volume gelembung udara yang dikurangi membuat densitas penyelam menjadi lebih besar daripada air, sehingga tenggelam. Densitas air adalah 1 g/cc. Nilai ini merupakan dasar sistem pengukuran.
4
Cobalah variasi penyelam kartesius ini:
a. Jika kamu tidak mempunyai pipet tetes, kamu bisa menggunakan tutup pena, yang terbuka ujungnya.
b. Dengan sedikit keahlian, kamu bisa mendapatkan penyelam kamu untuk tenggelam dalam sisi datar botol. Meski bola membelok di bawah tekanan.
c. Buatlah penyelam kartesius yang terbalik. Atur penyelam sehingga nyaris tenggelam pada dasar. Tekan botol sedikit sebelum menutupnya. Ketika kamu menekan botol perlahan pada tonjolannya, penyelam akan naik akibat penurunan tekanan pada konfigurasi ini. Hal ini karena penekanan yang kamu lakukan mendorong dinding botol ke arah luar, pengurangan gaya mendesak air di dalamnya. Gelembung air dalam penyelam kartesius mengembang, dan berkurang densitasnya yang membuat penyelam mengapung di permukaan cairan.
d. Buatlah penyelam gourment. Gunakan botol kecap yang bisa ditutup sebagai penyelam. Biasanya mempunyai jumlah yang tepat dari udara dan cairan di dalamnya.


Buoyancy (daya apung) merupakan sebuah gaya ke atas yang mendesak obyek oleh lingkungan mediumnya (cairan atau gas).
Penambahan Warna
Interferensi merupakan sifat cahaya yang dapat diamati ketika perbedaan gelombang cahaya dicampur bersamaan. Contoh interferensi adalah pelangi yang kamu lihat dalam gelembung sabun, spektrum warna opal, dan kilauan warna dari beberapa bulu burung. Di sebagian area pola interferensi, gelombang cahaya berada dalam fase, dengan bukit dan lembah saling menguatkan, membentuk daerah yang berkilau. Di daeah lain, di luar fase, dengan bukit dan lembah yang berlawanan, membentuk daerah yang suram. Terdapat berbagai variasi cara untuk memperagakan interferensi, pada bagian daerah yang terang maupun daerah suram, dan perbedaan warna menggambarkan perbedaan panjang gelombang cahaya.
Interferensi menghasilkan gelombang yang berhimpit. Ketika dua bukit (titik tertinggi) gelombang bertemu, mereka bergabung menjadi gelombang yang lebih besar. Ketika bukit sebuah gelombang dan lembah (titik terendah) gelombang bertemu, gelombang saling mengapuskan satu sama lain. Posisi bukit dan lembah disebut fase.
Alat dan Bahan yang Digunakan
:: ll Nampan pendek l Lensa cembung l Air l Selembar kertas l Sumpit atau dua pena dan karet gelang, atau benda yang berbentuk Y l 2 buah klem dan penahannya l Layar putih atau dinding putih l Beberapa atau semua bahan berikut ini: larutan gelembung, bulu burung, kaca bujursangkar dengan panjang sisi 20 cm dua potong, yang pinggir-pinggirnya telah di ampelasl Slide proyektor yang sudah tak dipakai l Gunting l Pelobang kertas l Paku payung l Berbagai sumber cahaya (bola lampu, laser pointer,laser labor, lampu sorot biasa, lampu sorot dengan lensa) l Cat semprot hitam l Isolasi transparan l Bantalan peluru l Kertas warna hitam ::
Prosedur
1. Isi talam dengan air. Ikat dua sumpit dengan karet gelang untuk membuat sumber gangguan yang bercabang. Pukul air dengan sumpit (atau pukul dengan dua jari, dua pena, atau benda yang berbentuk Y) dan amati pola yang dihasilkan gelombang dari dua gangguan yang berpotongan. Ketika gelombang bergabung, kamu mendapatkan gelombang yang lebih besar (interferensi konstruktif). Ketika gelombang saling menghapus satu sama lain, kamu mendapatkan titik yang tenang (interferansi destruktif).
2. Ujilah berbagai material optik interferensi yang menyebabkan pola gelap dan terang, atau pola berwarna. Kamu bisa menguji gelembung sabun, opal, dan bulu burung. Jika kamu tinggal dekat pangkalan atau dok kapal, kamu bisa mengamati air yang ditumpahi setetes atau dua tetes minyak dari kapal, warna pelangi yang dipancarkan dari lapisan minyak yang mengembang menyebar sepanjang permukaan. Kamu bisa membuat pola optik interferensi dengan menggabungkan dua plat kaca yang tipis bersamaan. Bidikkan sumber cahaya pada kaca tersebut, dan tekan bersamaan. Akan terlihat kilauan cincin yang terang dan gelap, dengan berwarna warni. Variasikan efeknya dengan membuat celah kecil antara plat pada satu sudut, menggunakan sepotong kertas.

Sebagai alternatif, ganti lensa cembung dari sepasang kaca mata tua atau lensa kamera yang pecah ke sepotong kaca, dan ujilah apa yang terjadi ketika kamu menekan lensa ke kaca.
Penambahan Warna
Interferensi merupakan sifat cahaya yang dapat diamati ketika perbedaan gelombang cahaya dicampur bersamaan. Contoh interferensi adalah pelangi yang kamu lihat dalam gelembung sabun, spektrum warna opal, dan kilauan warna dari beberapa bulu burung. Di sebagian area pola interferensi, gelombang cahaya berada dalam fase, dengan bukit dan lembah saling menguatkan, membentuk daerah yang berkilau. Di daeah lain, di luar fase, dengan bukit dan lembah yang berlawanan, membentuk daerah yang suram. Terdapat berbagai variasi cara untuk memperagakan interferensi, pada bagian daerah yang terang maupun daerah suram, dan perbedaan warna menggambarkan perbedaan panjang gelombang cahaya.
Interferensi menghasilkan gelombang yang berhimpit. Ketika dua bukit (titik tertinggi) gelombang bertemu, mereka bergabung menjadi gelombang yang lebih besar. Ketika bukit sebuah gelombang dan lembah (titik terendah) gelombang bertemu, gelombang saling mengapuskan satu sama lain. Posisi bukit dan lembah disebut fase.
Alat dan Bahan yang Digunakan
:: ll Nampan pendek l Lensa cembung l Air l Selembar kertas l Sumpit atau dua pena dan karet gelang, atau benda yang berbentuk Y l 2 buah klem dan penahannya l Layar putih atau dinding putih l Beberapa atau semua bahan berikut ini: larutan gelembung, bulu burung, kaca bujursangkar dengan panjang sisi 20 cm dua potong, yang pinggir-pinggirnya telah di ampelasl Slide proyektor yang sudah tak dipakai l Gunting l Pelobang kertas l Paku payung l Berbagai sumber cahaya (bola lampu, laser pointer,laser labor, lampu sorot biasa, lampu sorot dengan lensa) l Cat semprot hitam l Isolasi transparan l Bantalan peluru l Kertas warna hitam ::
Prosedur
1. Isi talam dengan air. Ikat dua sumpit dengan karet gelang untuk membuat sumber gangguan yang bercabang. Pukul air dengan sumpit (atau pukul dengan dua jari, dua pena, atau benda yang berbentuk Y) dan amati pola yang dihasilkan gelombang dari dua gangguan yang berpotongan. Ketika gelombang bergabung, kamu mendapatkan gelombang yang lebih besar (interferensi konstruktif). Ketika gelombang saling menghapus satu sama lain, kamu mendapatkan titik yang tenang (interferansi destruktif).
2. Ujilah berbagai material optik interferensi yang menyebabkan pola gelap dan terang, atau pola berwarna. Kamu bisa menguji gelembung sabun, opal, dan bulu burung. Jika kamu tinggal dekat pangkalan atau dok kapal, kamu bisa mengamati air yang ditumpahi setetes atau dua tetes minyak dari kapal, warna pelangi yang dipancarkan dari lapisan minyak yang mengembang menyebar sepanjang permukaan. Kamu bisa membuat pola optik interferensi dengan menggabungkan dua plat kaca yang tipis bersamaan. Bidikkan sumber cahaya pada kaca tersebut, dan tekan bersamaan. Akan terlihat kilauan cincin yang terang dan gelap, dengan berwarna warni. Variasikan efeknya dengan membuat celah kecil antara plat pada satu sudut, menggunakan sepotong kertas.

Sebagai alternatif, ganti lensa cembung dari sepasang kaca mata tua atau lensa kamera yang pecah ke sepotong kaca, dan ujilah apa yang terjadi ketika kamu menekan lensa ke kaca.
Mempelajari Sifat Gelombang Dalam Tangki
Gelombang merupakan bentuk energi diperoleh dari gerak berkala dari zat padat, cair atau gas. Kamu mungkin paling akrab dengan gelombang air; gelombang dapat berjalan melalui zat lain, seperti gas atau padat. Zat yang dilalui gelombang disebut medium. Bunyi dihasilkan oleh gelombang di udara. Gelombang bergerak pada jalur garis lurus dan dengan kecepatan konstan melalui medium yang seragam. Gelombang dapat berjalan melalui ruang hampa udara, dalam bentuk radiasi elektromagnetik seperti cahaya dan gelombang radio.
Gelombang bunyi berjalan kecepatannya hampir 340 m/detik melalui air. Gelombang cahaya berjalan kecepatannya hampir sejuta kali lebih cepat, 300 juta m/detik.
Semua gelombang memperlihatkan sifat yang bervariasi yang dapat kamu peragakan: memantul (refleksi), pembiasan (refraksi), difraksi, dan interferensi.
Alat dan Bahan yang Digunakan
:: l Talam kaca yang besar, pendek, bening l Pemotong kawat l Meja kaca bening atau kaca l Pipa karet panjang 1 m (selang karet lebih baik) seukuran meja dengan 2 penyangga l Kawat gantungan jaket atau kawat yang kuat lainnya l Bola lampu pijar 100 watt l Plat segiempat yang kecil (dianjurkan volumenya 5 x 5 x 0,5 cm kubik. Kamu bisa tanyakan di toko bahan untuk memotong segiempat kaca atau akrilik dan minta mereka mengamplas pinggirnya sehingga tidak melukai kamu). l Ruangan dengan langit-langit warna putih l Air l Penggaris l Pena atau pensil l Buku catatan l Stopwatch::
Prosedur
Cara Membuat Tangki Beriak
1. Gunakan talam kaca, lebih besar lebih baik. Tempatkan di atas meja kaca bening sehingga kamu bisa melihat lantai dari atasnya. Sebagai alternatif, kamu bisa meletakkan nampan di atas kaca plexy yang dipotong segiempat seukuran meja yang terletak menyilang di atas penyangga. Tempatkan lampu di bawah meja sebagai sumber cahaya.
2. Periksa kestabilan nampan. Tambahkan sedikit air, sedalam 1 sampai 2 cm.
3. Matikan lampu ruangan. Ambil tutup pena atau sebuah pensil dan dengan pelan pukul air satu kali, dengan cepat basahkan ujungnya di bawah permukaan air. Lihat gelombang pada nampan dan pantulan pada langit-langit ruangan. Perhatikan bagaimana gelombang bergerak ke luar dari gangguan, berjalan melalui air, dan membalik setelah mengenai sisi nampan. Energi gelombang menghambur (mengedar atau bergerak menjauh dari sumber), meninggalkan permukaan air yang mereda kembali. Pukul permukaan beberapa kali untuk membuat sumber berulang gelombang selama beberapa detik. Praktekkan kedua teknik. Kamu dapat mengkalkulasi kecepatan gelombang dengan stopwatch. Kecepatan sebanding dengan jarak dibagi waktu. Bagi jarak yang diperlukan gelombang untuk menyeberangi nampan terhadap waktu, dan kamu akan mendapatkan kecepatan gelombang.

Cara memperagakan Pemantulan (refleksi)
1. Gunakan pemotong kawat, potong pipa karet sepanjang 10 sampai 15 cm. Potong gantungan kawat dengan panjang yang sama. Lewatkan kawat melalui pipa. Kamu harus bisa membuatnya melengkung atau mengikuti alur pipa. Atur pipa sehingga lurus, kemudian baringkan di tengah tangki untuk membuat rintanngan. Setengah bagian atas perintang harus berada di atas permukaan air. Atur permukaan air jika perlu.
2. Buatlah gangguan sehingga timbul gelombang 10 cm jauhnya dari dari sisi perintang. Perhatikan bagaimana gelombang melambungkan perintang ke satu sudut. Kamu telah memperagakan Hukum Snellius : Sudut datang (sudut dimana cahaya menumbuk permukaan) berbanding lurus terhadap sudut pantulan (sudut dimana cahaya memantul dari permukaan). Hal ini ditulis dengan i = r
3. Bengkokkan perintang membentuk kurva, kemudian letakkan kembali dalam air. Buat gangguan gelombang di tengah sisi cekungnya (konkaf). (Kurva cekung membengkok arah ke dalam. Kurva cembung membengkok ke luar). Perhatikan bagaimana gelombang melambung kembali ke tengah atau titik fokal. Gelombang itu disebut konvergen. Jika kamu membengkokkan perintang menjadi bentuk parabola, semua gelombang akan mengumpul ke titik fokal
Sekarang buatlah gangguan pada sisi cembungnya. Gelombang mengumpul ke luar dari titik fokal.
Cara memperagakan pembiasan
1. Pindahkan perintang dan tempatkan plat segiempat dalam talam. Jika kamu menggunakan kaca yang tebalnya kurang dari 0,5 cm, kamu mungkin perlu untuk menumpuk dua atau tiga plat. Tekan plat ke bawah dengan kuat di tengah talam.
2. Buatlah gangguan gelombang di sisi talam. Perhatikan bahwa ketika gelombang melewati plat, gelombang tersebut berubah kecepatannya relatif terhadap membaliknya gelombang setelah mengenai sisi-sisi talam. Ketika gelombang memasuki medium yang baru (di sini, air yang lebih dangkal merupakan medium baru), berubah kecepatannya. Hal ini disebut refraksi (pembiasan).

Gelombang cahaya dibiaskan ketika masuk dari udara ke air, atau udara ke kaca. Sebaliknya, bagaimana kita bisa melihat bahan kaca yang bening semuanya?
Untuk memperagakan difraksi
1. Buatlah perintang lain di luar pipa seperti yang kamu lakukan pada langkah 1 dari eksperimen pemantulan. Tempatkan dua perintang di tengah talam sehingga ujung-ujungnya dipisahkan oleh celah kecil.
2. Kirimkan sebuah gelombang ke arah celah. Perhatikan bagaimana gelombang muncul pada sisi luar celah. Rintangan dan bukaan yang kecil akan mendifraksikan (merubah arah dan intensitas) gelombang.

Interferensi Gelombang
Interferensi merupakan sifat cahaya yang dapat diamati ketika perbedaan gelombang cahaya dicampur bersamaan. Contoh interferensi adalah pelangi yang kamu lihat dalam gelembung sabun, spektrum warna opal, dan kilauan warna dari beberapa bulu burung. Di sebagian area pola interferensi, gelombang cahaya berada dalam fase, dengan bukit dan lembah saling menguatkan, membentuk daerah yang berkilau. Di daeah lain, di luar fase, dengan bukit dan lembah yang berlawanan, membentuk daerah yang suram. Terdapat berbagai variasi cara untuk memperagakan interferensi, pada bagian daerah yang terang maupun daerah suram, dan perbedaan warna menggambarkan perbedaan panjang gelombang cahaya.
Interferensi menghasilkan gelombang yang berhimpit. Ketika dua bukit (titik tertinggi) gelombang bertemu, mereka bergabung menjadi gelombang yang lebih besar. Ketika bukit sebuah gelombang dan lembah (titik terendah) gelombang bertemu, gelombang saling mengapuskan satu sama lain. Posisi bukit dan lembah disebut fase.
Alat dan Bahan yang Digunakan
:: ll Nampan pendek l Lensa cembung l Air l Selembar kertas l Sumpit atau dua pena dan karet gelang, atau benda yang berbentuk Y l 2 buah klem dan penahannya l Layar putih atau dinding putih l Beberapa atau semua bahan berikut ini: larutan gelembung, bulu burung, kaca bujursangkar dengan panjang sisi 20 cm dua potong, yang pinggir-pinggirnya telah di ampelasl Slide proyektor yang sudah tak dipakai l Gunting l Pelobang kertas l Paku payung l Berbagai sumber cahaya (bola lampu, laser pointer,laser labor, lampu sorot biasa, lampu sorot dengan lensa) l Cat semprot hitam l Isolasi transparan l Bantalan peluru l Kertas warna hitam ::
Prosedur
1. Isi talam dengan air. Ikat dua sumpit dengan karet gelang untuk membuat sumber gangguan yang bercabang. Pukul air dengan sumpit (atau pukul dengan dua jari, dua pena, atau benda yang berbentuk Y) dan amati pola yang dihasilkan gelombang dari dua gangguan yang berpotongan. Ketika gelombang bergabung, kamu mendapatkan gelombang yang lebih besar (interferensi konstruktif). Ketika gelombang saling menghapus satu sama lain, kamu mendapatkan titik yang tenang (interferansi destruktif).
2. Ujilah berbagai material optik interferensi yang menyebabkan pola gelap dan terang, atau pola berwarna. Kamu bisa menguji gelembung sabun, opal, dan bulu burung. Jika kamu tinggal dekat pangkalan atau dok kapal, kamu bisa mengamati air yang ditumpahi setetes atau dua tetes minyak dari kapal, warna pelangi yang dipancarkan dari lapisan minyak yang mengembang menyebar sepanjang permukaan. Kamu bisa membuat pola optik interferensi dengan menggabungkan dua plat kaca yang tipis bersamaan. Bidikkan sumber cahaya pada kaca tersebut, dan tekan bersamaan. Akan terlihat kilauan cincin yang terang dan gelap, dengan berwarna warni. Variasikan efeknya dengan membuat celah kecil antara plat pada satu sudut, menggunakan sepotong kertas.

Sebagai alternatif, ganti lensa cembung dari sepasang kaca mata tua atau lensa kamera yang pecah ke sepotong kaca, dan ujilah apa yang terjadi ketika kamu menekan lensa ke kaca.



3. Gunakan klem dan penyangga untuk menyetel laser pointer sehingga sinarnya melewati celah penyaring (filter) ke layar putih atau dinding putih. (Kamu bisa membuat filter dari slide foto tua. Potong plastik gambar, dan isolasikan dua kertas hitam segiempat pada tempatnya, tutup bersamaan, biarkan terbentuk celah yang sama besarnya vertikal ke bawah di tengah filter.) Satu misteri besar cahaya, sinar melewati filter secara ajaib membentuk daerah terang dan gelap yang disebut pola difraksi. Ganti celah filter dengan filter jenis lain: celah dengan lebar dan bentuk yang berbeda-beda; lobang dengan ukuran yang berbeda-beda; sebuah lensa di depan bantalan peluru.

Untuk membuat filter dengan lobang yang berbeda-beda, ambil beberapa slide yang tidak diperlukan lagi dan gelapkan dengan cat semprot hitam. Lobangi dengan berbagai ukuran lobang, gunakan paku payung, pelobang kertas.

Kamu bisa merubah variabel tertentu dalam merancang eksperimen yang lebih lanjut.Variasikan sumber cahaya untuk membandingkan perbedaan antara laser pointer, laser labor, lampu sorot biasa, lampu sorot dengan lensa, dan bola lampu dari berbagai tipe. Atau pelajari pola difraksi pada layar sebagai fungsi jarak antara laser dan filter, dan/atau filter dan layar.
Memperagakan Medan Gravitasi
Untuk para ilmuwan, gelembung sabun lebih dari sebuah penampakan yang menyenangkan. Gelembung sabun memperagakan dan merupakan model berbagai prinsip kimia dan fisika: adhesi, kohesi, tegangan permukaan, dan elastisitas.
Kohesi merupakan gaya tarik menarik antara molekul dari zat yang sama, seperti molekul-molekul dalam larutan sabun. Adhesi merupkakan gaya tarik menarik molekul yang berbeda zatnya, seperti sabun dengan keping logam alumunium. Gelembung sabun memperlihatkan tegangan permukaan (penyusutan) ketika membran sabun diregangkan sekeliling gelembung dari udara yang di luar. Gelembung tersebut elastis; bisa meregang dan menyusut.
Kamu dapat menggunakan gelembung sabun untuk model fenomena fisika, pada kasus ini, medan gravitasi. (Gaya berat merupakan gaya saling tarik menarik antar benda yang lemah).
Alat dan Bahan yang Digunakan
:: l Mangkuk kaca l Penggaris l Gelas ukur dan sendok l Epoxy penahan air l Air l Nampan l Sabun untuk cuci piring l Klem dan cincin penahan l Gliserin (ada di toko obat) l Selang l Pengaduk atau sendok l Pipet tetes l Gelas anggur l Pewarna makanan l Kawat (kawat gantungan jaket lebih baik) l Sikat gigi l Pemotong kawat::
Prosedur
1 Dalam mangkuk, campur sejumlah sabun. Larutan yang terbaik adalah bukan sabun murni, tapi larutan dari bahan-bahan yang berbeda. Mulailah dengan perbandingan 500 ml dari air kran dengan 50 ml
2 Pikirkan alat untuk membuat gelembung. Daripada menghembusnya, buat bingkai berbentuk cincin. Untuk melakukan peragaan yang cepat dari cincin gelembung, secara sederhana telungkupkan gelas anggur, basahkan bibir gelas ke larutan sabun, dan angkat gelas ke atas.
a. Bentuk cincin dari kawat yang panjangnya 35 cm. Hubungkan ujung-ujung cincin dengan epoxy dan biarkan epoxy mengeras.
b. Buat batangan kawat berbentuk U dan tempelkan pada sisi yang berlawanan dengan cincin tadi, dengan dua penopang kawat, masing-maing panjangnya 8 cm, naikkan batangan tadi seperti yang terlihat pada gambar. Kawat penopang akan membuat kamu bisa memegang cincin. Gabungkan potongan kawat dengan epoxy.
c. Isi talam dengan larutan sabun.
d. Atur penyangga cincin ke klem sehingga cincin gelembung berada di atas talam agar kamu tidak perlu memegangnya.
e. Pindahkan bola karet dari pipet tetes, dan tempelkan selang ke bawah pipet tetes yang terbuka. Selang harus pas sekali melewati bagian bawah pipet tetes.
Buatlah gelembung dan tiruan orbit planet, gravitasi dan formasi.
a. Dengan pelan celupkankan cincin ke dalam talam, biarkan cincin tertutup sepenuhnya dalam larutan sabun.
b. Secara perlahan naikkan cincin keluar sehingga terbentuk selapis gelembung pada cincin. Perhatikan bahwa lapisan tergantung pada beratnya sendiri. Kamu mungkin memperhatikan pola interferensi yang penuh warna pada lapisan tipis sabun selama beberapa menit pertama.
c. Celupkan pipet tetes dalam larutan sabun untuk mendapatkan setetes air sabun pada ujungnya. Kamu bisa menolong dengan meletakkan jari kamu menutupi ujung selang yang terbuka setelah ujung pipet tetes ditenggelamkan dalam larutan.
d. Lepaskan tetesan dalam lapisan gelembung. Bidikkan, sebaik yang kamu bisa, bersinggungan dengan keliling lingkaran. Tetesan tersebut harus membentuk spiral mengarah ke dalam ke arah tengah.
e. Lihat gerakan tetesan, sama halnya dengan orbit planet mengitari matahari. Kamu dapat memvariasikan kecepatan awal tetesan dengan memberikan hembusan ringan ke ujung selang yang terbuka. Cobalah untuk melepaskan dua atau lebih tetesan dengan cara yang sama. Tetesan tersebut akan bergerak dan berinteraksi seperti planet-planet dalam sistem tata surya; atau seperti bulan mengitari planet. Garis tangensial terhadap lingkaran merupakan garis yang menyinggung lingkaran pada satu titik seperti yang terlihat pada gambar.
f. Untuk meniru formasi bintang atau planet, gunakan sikat gigi untuk memercikkan tetesan kecil larutan ke lapisan tipis gelembung yang baru dan biarkan tetesan bersatu menjadi satu tetes. Percikan menggambarkan awan gas antar bintang, dan satu tetes adalah bintang. Ketika dua tetesan bertabrakan, tetesan yang jauh lebih besar biasanya menyerap yang lebih kecil, seperti lobang hitam bertabrakan dengan bintang. Dengan mewarnai satu tetes dengan pewarna makanan dan menunggu sampai kedua tetesan bergabung, kamu bisa melihat keduanya akan berputar kencang pada sumbunya.


Membuat Periskop
Untuk membuat periskop, kamu hanya membutuhkan dua cermin dan sesuatu yang menahan kedua cermin tersebut. Kemudian kamu bisa melihat sekeliling kamu yang melewati perintang, memata-matai di atas dinding, dan mempelajari hewan tanpa mengganggunya. Periskop digunakan kapal selam untuk melihat keadaan di atas air; tetapi dengan bahan yang khusus dan beberapa usaha kamu bisa membuat sebuah periskop untuk melihat ke dalam air. Tambahkan lensa ke periskop kamu dengan gabungan yang tepat dapat memanfaatkan pengalaman penglihatan. Pastikan untuk membaca kegiatan ini seluruhnya sebelum kamu mulai (seperti halnya jika kamu melakukan semua aktifitas). Ada beberapa variasi rancangan, dan salah satu pilihan kamu akan menentukan cara kamu membuatnya dan bahan-bahan yang dibutuhkan.
Alat dan Bahan yang Digunakan
:: l Selembar kaca plexy atau kayu lapis (ada di toko l Cat semprot hitam logam) dengan ukuran 60 x 90 x 0,3 cm kubik l Silikon aquarium atau perekat l Meteran kayu l 2 cermin kecil 2 lensa cembung (dari sepasang kaca mata tua atau ada di toko alat-alat labor) l Epoxy (jika menggunakan lensa)::
Alat dan Bahan untuk Membuat Periskop Kaca Plexy
::l Pemotong kaca ( agar kamu dapat mematahkan kaca dengan rapi) l Lem plastik l Isolasi pipa dan gunting l::
Alat dan Bahan untuk Membuat Periskop Kayu Lapis
::l Gergaji kayu l Cat tahan air l Paku dan palu l Kaca plexy untuk tutup l::
Untuk cermin, kamu dapat menggunakan cermin genggam. Potong tiap-tiap pegangan dekat cermin, biarkan cermin hanya menempel pada plastik bingkainya.
Prosedur
1
Cara membuat badan periskop dari kaca atau kayu lapis.:
a. Rancang dan buat ruang panjang dengan empat sisi dan bagian ujung yang berlawanan terbuka, seperti yang terlihat. Ukuran sisi dindingnya terseah kamu, ukuran yang bagus mulai dari 70 x 4 cm. Alat tersebut akan beroperasi paling baik jika kamu mencat hitam dinding dalamnya sebelum memasang kaca.
b. Jika menggunakan kaca plexy, potong dinding periskop dan gabungkan dengan lem plastik. Biarkan lem kering.
c. Jika menggunakan kayu lapis, gunakan gergaji kayu untuk memotong dinding.
d. Jika kamu bermaksud menggunakan periskop kamu dalam air, gabungkan semua tepi dengan perekat. Kamu bisa mencat kayu lapis dengan cat pelindung yang tahan air setelah melakukan perekatan.
e. Dalam beberapa kasus, mungkin berguna untuk menguatkan periskop kamu dengan potongan isolasi tipis (untuk kaca plexy) atau paku penutup kecil (untuk kayu lapis).

2
Baringkan periskop kamu mendatar di atas meja dan posisikan cermin sejajar satu dengan lainnya, pada bagian yang terbuka, dengan permukaan pantulan saling berhadapan. Atur cermin sehingga ketika kamu melihat ke dalam satu bagian yang terbuka (lobang mata), kamu bisa melihat objek yang jauh melalui bagian terbuka lainnya (penampakan). Ketika cermin diluruskan ke atas dengan tepat (kalibrasi), lem bagian sampingnya denga perekat.
Kamu bisa memperlebar area penglihatan dalam periskop kamu dengan menambahkan lensa cembung yang rendah di samping tiap cermin, posisikan sejajar satu dengan yang lainnya dan ke ujung periskop. Gunakan epoxy dengan membubuhkan pada lensa. Sesuatu akan terlihat lebih kecil daripada sebenarnya, tetapi kamu akan mampu untuk melihat lebih banyak.
3
Ketika periskop kamu kering, coba melihat melaluinya. Lihat ke dinding, di bawah meja, seputar sudut, dan di bawah sebuah lobang.
Cara membuat periskop bawah air Jika kamu telah membuat periskop dengan dinding yang tahan air, kamu dapat mengeluarkan cermin dekat lobang mata sehingga kamu dapat melihat lurus ke bawah ke dalam periskop. Masukkan kembali cermin dengan memiringkannya. Bukaan yang tersisa hanya untuk lobang mata dan panampakan, tempat cahaya masuk dan keluar. Tutup bagian yang terbuka dengan sepotong kaca yang lebih besar sedikit, dan lem kaca di tempat tersebut dengan perakat. Biarkan potongan tersebut kering semalaman, dan periksa bila ada yang bocor. Jika kamu menggunakan lem yang bagus, kamu dapat memasukkan ujung yang rendah ke dalam kolam dan mulai menggunakan alat periskop untuk mempelajari ekologi bawah air.


Layang Layang
Layang-layang dapat dibeli di berbagai toko. Pengalaman menerbangkan layang-layang lebih menyenangkan bila kamu membuat sendiri layang-layangnya. Dengan merancang layang-layang, dan mencoba untuk memperoleh ketinggian maksimum yang mungkin, kamu bisa mempelajari tentang aerodinamika dan teknik.
Layang-layang mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Layang-layang adu digunakan untuk menyerang layangan lainnya dalam suatu pertandingan. Layang-layang akrobat bisa menukik, berputar, dan membentuk angka delapan. Sebagian layangan dirancang untuk menarik mata dan telinga. Susunan layangan ini terbentuk dari bentuk dasar seperti berlian sederhana untuk bentuk-bentuk yang menyerupai burung, hewan, dan makhluk mitologi, termasuk naga yang panjangnya sampai 30 m. Layangan tersebut biasanya dibuat dengan berbagai warna dan dapat juga membawa tabung bambu dan alat lainnya yang menghasilkan bunyi musik.
Alat dan Bahan yang Digunakan
:: l Kayu cemara tipis 0,5 cm tebalnya l Benang nilon panjang 160 m l Gergaji kayu l Kumparan tali layangan l Meteran kayu l Sepotong kain untuk ekor l Pisau l 4 cangkir kertas atau karton es krim (jika tidak l Lem menggunakan kain) l Gunting l Bambu l Pembungkus layangan (kertas koran, sutra yang ditenun, atau mylar) l Kamera kecil atau alat sensor cuaca ::
Prosedur
1
Buatlah bentuk berlian sederhana, sepasang batang kayu disilang ditutupi dengan kertas.
a. Gunakan gergaji kayu untuk memotong batang kayu. Buat spline (batang panjang untuk kayu yang disilang), batang yang vertikal pada layangan, panjangnya 100 cm dan kayu rentang, atau batang yang horizontal pada layangan, panjangnya 67 cm. Gunakan pisau untuk membuat takikan 2 mm pada kedua ujung tiap batang.
b. Posisikan batang-batang tersebut sehingga bagian tengah kayu rentang berada 33 cm dari atas batang yang vertikal. Ikat kuat kedua batang di tempat persilangannya, menggunakan lem dan ikat dengan tali.
c. Ketika lem kering, pasang tali sepanjang batang melalui takikan tadi.
d. Potong sepotong pakaian layangan seperti yang terlihat pada gambar 1, lipat tepi-tepinya pada tali, dan lem.
e. Paskan layangan dengan sebuah kekang, kayu rentang yang pendek dari tali diikat pada bagian atas dan ujung bawah batang vertikal pada kain yang menutupi layangan, dan kayu rentang diikat pada tiap-tiap ujung tiang. (panjang tiap-tiap kayu rentang ditentukan oleh ukuran dan fleksibilitas layangan) Atur panjang kekang sehingga tali menjadi tegang ketika ditarik 30 cm dari kain pada titik secara langsung di atas kayu yang bersilangan.
f. Belitkan benang 160 m pada kumparan. Benang ini merupakan benang terbang kamu. Untuk sementara ikat ujung bebas benang ke kekang pada titik yang ditentukan pada langkah 1e. Titik dimana benang layangan ditempelkan ke kekang yang menentukan sudut benturan udara pada layangan; sudut serangan. Layangan, seperti layar utama pada kapal layar, membentuk sudut serangan terbaik berkisar antara 20 sampai 25 derajat, lebih besar daripada sudut sayap pesawat terbang bertemu angin karena dijatuhkan lengkungan kertas. Sudut pasti serangan yang dibentuk layangan bergantung pada kekuatan angin dan harus ditentukan secara eksperimen. Penyesuaian disempurnakan oleh perubahan benang terbang mengarah ke atas layangan.
g. Layangan berlian tidak stabil sampai kamu mempaskannya dengan sebuah ekor untuk mempertahankan layangan tegak lurus. Ekornya secara sederhana dapat dibuat dengan mengikat potongan kain ke bagian bawah layangan. Sebagai alternatif, kamu bisa memberikan layangan dengan ekor yang terdiri dari sederet corong angin (lihat gambar 2). Corong bisa dibuat dengan memindahkan bagian bawah 4 cangkir kertas atau karton es krim. Hubungkan cangkir kertas tersebut dengan benang nilon.
gambar 1 gambar 2
2
Terbangkan layangan kamu di tempat yang aman, seperti daerah terbuka paling sedikit 1 km dari jalur kabel listrik atau bandara. Jangan pernah menerbangkan layangan ketika benang basah atau cuaca buruk.
Gaya penstabil diberikan sebagian oleh berat ekor, sebagian oleh gesekan antara ekor dan gerakan udara, dan sebagian lagi oleh aliran turbulen yang ditimbulkan di aliran udara oleh ekor. Dua gaya yang terakhir dikenal sebagai tarikan (seretan). Stabilitas diharapkan bertambah dengan bertambah kecepatan angin. Layangan yang terbang bagus dengan ekor yang pendek selama angin sepoi-sepoi akan berputar di luar kontrol saat angin kencang. Begitu juga layangan dengan ekor yang panjang yang terbang bagus saat angin kencang mungkin tidak akan terbang saat angin sepoi-sepoi.
a. Untuk menerbangkan layangan kamu, pegang kumparan benang layangan dengan satu tangan dan bagian bawah layangan dengan tangan yang lain. Layangan bulat dapat dibuat dengan mengikat potongan bambu yang dibentuk melingkar
b. Miringkan layangan dengan sudut 25 derajat terhadap angin, dengan sisi kain menghadap angin, dan biarkan terbang.
c. Ketika layangan naik, mainkan benang layangan dengan cepat yang membuat layangan terus naik.
3
Ujilah dengan rancangan yang berbeda-beda. Kamu bisa memvariasikan seperti berikut:
a. Panjang batang vertikal dan kayu rentangnya (horizontal)
b. Bentuk layangan. Sebagai contoh, tiga batang kayu yang sama panjang bisa disilangkan untuk membuat layangan heksagonal.
c. Bahan-bahan untuk membuatnya.
d. Panjang dan berat ekor.
e. Jumlah layangan. Kamu bisa menaikkan serentetan dua atau lebih layangan.
f. Muatannya. Sebagai contoh, kamu bisa menaikkan kamera kecil atau alat sensor cuaca.
Pada tanggal 5 Mei 1910, layangan yang paling tinggi terdiri dari deretan 10 layangan cuaca Bureau membawa beban alat meteorologi ke ketinggian 8.000 m. Layangan menggunakan sebuah penarik hampir 0,25 ton pada benang layangan yang panjangnya 14,5 km dawai.
Mesin Pemanas Pita Karet
Sebagian besar material memuai ketika dipanaskan. Jembatan dan trotoar dibuat dengan celah di antara bagian padat sehingga mempunyai ruang untuk memuai karena pemanasan di musim panas. Pada saat cuaca dingin, bagian tersebut menyusut dan celah menjadi lebih besar. Roda kereta api dipanaskan sebelum ditempatkan pada as nya sehingga ketika dingin, menyusut dan tergantung rapat. Bola logam yang baru saja melewati sebuah cincin akan menempel jika dipanaskan, tetapi dengan mudah lewat setelah dicelupkan ke dalam air es. Tidak begitu dengan pita karet di bawah tekanan. Panaskan pita karet yang teregang, dan karet akan menyusut; dinginkan dan karet akan mengembang. Prilaku yang aneh tersebut dilakukan oleh struktur seperti rantai dari molekul karet.
Bayangkan karet di bawah tegangan seperti buntelan rantai yang diregangkan, dengan panas menggoncangkan rantai. Semakin keras rantai di goncang, semakin kuat tarikan rantai menarik ujungnya, sehingga menyusut.
Kamu dapat menggunakan sifat panas biasa pita karet untuk membuat alat merespon panas. Alat tersebut tidak mau dihidupkan dengan lokomotif, tetapi kamu akan mendapatkan ide bagaimana dengan mesin pemanas (sebuah mesin yang memindahkan panas menjadi energi mekanik) dapat bekerja dengan skala yang lebih besar. Alat dan bahan yang digunakan
Alat dan Bahan yang Digunakan
:: l Kaca mata pengaman (digunakan ketika memanaskan dan menangani pita karet)l Gunting l 1 sampai 3 pemberat yang ada kaitnya l Berbagai jenis pita karet l tip-ex l 2 cincin penyangga (atau buat oleh kamu sendiri dari bahan yang bisa nenegakkan pita,seperti tripod kamera atau potongan kayu l Es l Pengatur waktu l 2 sampai 4 klem dan sebuah katrol (kamu bisa menemukan semua jenis klem dan katrol di toko alat-alat rumah tangga atau bahan logaml Kawat l Penggaris::
Prosedur
Pakai kaca mata pengaman dan pegang pita karet di depan kamu. Sebelum meregangkannya, sentuhkan ke bibir kamu untuk merasakan temperaturnya. Sekarang regangkan sepanjang dan sekuatnya, dengan cepat, dan bawa kembali ke bibir kamu, dalam keadaan teregang. Terasakah panasnya? Kamu membentuk kerja pada pita karet, dan energi yang kamu berikan berubah menjadi panas. Setelah menunggu beberapa detik pita karet (masih teregang) kembali ke temperatur ruang, lepaskan tarikan pada pita karet dengan cepat dan biarkan menyusut, bawa kembali ke bibir kamu. Seharusnya terasa dingin sekarang, karena menyerap panas.
1. Susun dua penyangga berdekatan satu sama lain, jaraknya 20 cm satu sama lain. Kamu bisa mengatur jarak seperlunya untuk menyangga pita karet.
2. Klem katrol ke satu penyangga, lebih kurang 20 cm dari dasarnya, sehingga bidang katrol vertikal.
3. Potong pita karet dan klem ujung yang satu ke penyangga lainnya pada ketinggian yang sama dengan katrol. Leawtkan ujung yang satu lagi ke katrol (Jika penyokong kamu bergerak, kamu mungkin perlu meletakkan pemberat pada pentokong atau klem ke meja).
4. Gantung pemberat pada ujung pita karet yang bebas sehingga pita karet teregang melalui katrol dan pemberat tergantung bebas. Tandai sebuah titik pada katrol dengan tip-ex.
5. Dengan pelan gosok sepotong es kotak sepanjang pita karet, maju mundur, selama 1 menit Apa yang terjadi pada lempeng katrol.
6. Sorotkan lampu pemanas pada pita karet. Sekarang apa yang terjadi?
7. Selanjutnya kamu dapat merancang kembali peralatan kamu untuk sensitifitas dan gerakan yang maksimum. Variasikan panjang dan jenis pita karet. Lakukan eksperimen dengan sekumpulan pita karet, atau material lain, seperti kawat. Ketika kamu menggunakan kawat, bagaimana perbedaan gerakan katrol dibanding ketika kamu menggunakan karet?

Ide-ide penelitian ilmiah dari berbagai website
Anatomi Antropologi & Arkeologi Astronomi & Ilmu Luar Angkasa Pertumbuhan pH Tanah Pembuahan Pencemaran Kimia Gabungan Bidang Studi Ilmu Komputer Ilmu Konsumen Ilmu Bumi Listrik dan Magnet Ilmu Lingkungan Ilmu Fisika Temperatur Osilasi Bunyi Cahaya dan Optik Hidrolik Atom
Anatomi
Penelitian sistem syaraf dan model konstruksi syaraf, untuk tidak memilih - memilih gunakan kakai kodok atau jepit udang karang untuk memperagakan bagaimana urat syaraf bereaksi terhadap kejutan listrik.
http://faculty.washington.edu/~chudler/chmodel.html
Situs acuan :
http://www.medschool.lsumc.edu/otor/bioelectricity.html
http://members.aol.com/scienzfair/crayfish.htm
Apakah semua syaraf kulit manusia sama sensitifnya terhadap panas, dingin, sakit, dll atau berbeda rasa syaraf pada perasaan yang berbeda.
http://members.aol.com/ScienzFair/skin.htm
Penelitian hati manusia, membuat model hati dan memperagakan bagaimana hati buatan bisa bekerja.
http://sln.fi.edu/biosci/heart.html
http://www.pbs.org/saf/1104/teaching/teaching.htm
Penelitian paru - paru manusia, membuat model paru - paru dan memperagakan bagaimana paru - paru buatan bekerja.
http://student.biology.arizona.edu/sciconn/respiratory/lung.html
Situs acuan :
http://www.lung.ca/copd2/anatomy/normal.html
http://www.cayuga-cc.edu/greer/biol204/resp3/resp3.html
http://members.aol.com/ScienzFair/resp.htm
Membandingkan kapasitas/ daya tampung paru - paru antara pria dan wanita.
http://student.biology.arizona.edu/sciconn/respiratory/worksheet_resphtml
Situs yang dianjurkan :
http://www.ric2.com/cgr.jsp?495326
Penelitian sel manusia, membuat model dan menjelaskan peran masing - masing bagian.
http://www.accessexcellence.com/AE/ATG/data/released/0251-NickHoffman/
Situs acuan :
http://users.etown.edu/B/BOWDENAM/project_cella.html
http://members.aol.com/ScienzFair/edible.htm
http://slhs.lafourche.k12.la.us/Rousse/class99.htm
Penelitian komposisi darah manusia, melakukan penyelidikan mikroskopik dan penjelasannya apa yang anda temukan..
http://www.funsci.com/fun3_en/blood/blood.htm
Penelitian dan penjelasan cara kerja kandung kemih (ginjal) dan penyebab kencing batu.
http://womenshealth.about.com/cs/gallbladder/
Penelitian, penjelasan dan peragaan konstruksi mata pada penglihatan.
http://www.exploratorium.edu/snacks/afterimage.html
Situs acuan : http://www.miamisci.org/af/sln/dracula/afterimage.html
http://unmuseum.mus.pa.us/exafter.htm
http://members.aol.com/ScienzFair/aftimage.htm
Bagaimana mata manusia bekerja ?
http://www.bgsm.edu/eye/cornea/eyework2.htm
Situs acuan : http://www.kellogg.umich.edu/conditions/faq/anatomy.html
http://members.aol.com/ScienzFair/eyeworks.htm
http://www.steen-hall.com/ret_howeye.html
Penelitian, penjelasan dan peragaan penglihatan mata yang terus menerus
http://www.exploratorium.edu/snacks/persistence_of_vision.html
Situs acuan :
http://www.privatelessons.net/2d/sample/m01_03.html
http://www.harmsy.freeuk.com/THINGexp.html
Apakah mata bekerja seperti kamera ? penelitan dan penjelasan.
http://members.aol.com/ScienzFair/eyecam.htm
Situs acuan :
http://physics.bu.edu/py106/notes/Eye.html
http://library.advanced.org/12409/structure.html
Apakah ada pengenalan hubungan sidik jari pada keluarga ?
http://tqd.advanced.org/3692/past/42nd/htmls/402.html
Situs acuan :
http://www.eecs.umich.edu/mathscience/funexperiments/agesubject/lessons/prints.html
http://scssi.scetv.org/mims/schools/blhs/science/y99/jessis1.htm
Apakah sidik jari setiap tangan sama untuk seseorang atau berbeda ?
http://houck.salkeiz.k12.or.us/houck.website/student.pages/Science.Web.Pages/experiments/meaghan.everitt.science/fingerprints.html
Situs acuan :
http://www.digitalpersona.com/html/technology/fingerprints.htm
Situs acuan untuk topik Anatomi
http://members.aol.com/ScienzFair/anatref.htm

Antropologi & Arkeolog
Penelitian dan penjelasan praktis dari kepala yang berkerut dan pembuatan modelnya.
http://members.aol.com/ScienzFair/jivaro.htm
Situs acuan :
http://www.beerchurch.com/jivaro.htm
http://www.shrunkenheads.com/Story.htm
http://yucky.kids.discovery.com/noflash/fun_n_games/activities/crafts/raft_shrunken_head.html
Bagaimana ahli arkeologi tahu letak pengalian artifak ?
http://www.ktca.org/newtons/11/archeogy.html
Situs acuan :
http://www.digonsite.com/
http://www.usd.edu/anth/midarch/findsite.htm
Bagaimana 260 hari kalender Aztec bekerja dan kenapa ini penting ?
http://www.xs4all.nl/~voorburg/aztec/
Bagaimana bangsa Mesir kuno membuat Mumi ? dapatkah kita membuatnya hari ini ?
http://www.si.umich.edu/CHICO/mummy/
Bagaimana membuat anak panah ? Dapatkah dibuat dari botol bir ?
http://www.chass.utoronto.ca/~banning/Labs/312lab08.htm
Situs acuan :
http://montana-royalrangers.org/fcf/summer1999/page5.htm
Situs acuan untuk topik Antropologi
http://members.aol.com/ScienzFair/anthref.htm

Astronomi & Ilmu Luar Angkasa
Rancang bangun Teleskop rumah dan memperagakan bagaimana Teleskop itu bekerja.
http://www.jlc.net/~force5/Astro/ATM/atm.html
Bagaimana membuat Teleskop Dobsonian 6, 8, dan 10".
http://members.aol.com/sfsidewalk/intro.htm
Teleskop rumah yang sangat baik untuk memandang langit.
http://www.funsci.com/fun3_en/tele/tele.htm
Rancang bangun SUNDIAL (alat penuntuk waktu dengan bantuan bayangan sinar matahari) dan memperagakan bagaimana cara kerjanya.
http://www.eren.doe.gov/roofus/sundial.html
Situs acuan :
http://www.geocities.com/Heartland/7134/Shadow/ghsundial.htm
http://pass.maths.org.uk/issue11/features/sundials/
http://www.radix.net/~dglenn/events/pennsic/sundial.html
http://www.cpcug.org/user/jaubert/jsundial.html
Dapatkah kita mengukur diameter angular dari Bulan tanpa sebuah teleskop ?
http://members.aol.com/scienzfair/astro001.htm
Bagaimana cara mengukur diameter Matahari?
http://ofcn.org/cyber.serv/academy/ace/sci/cecsci/cecsci149.html
Situs acuan :
http://ericir.syr.edu/cgi-bin/printlessons.cgi/Virtual/Lessons/Science/Space_Sciences/SPA0014.html
http://www.physics.sfasu.edu/astro/courses/ast105/homeobserving/sunsize.htm
Pengamatan jejak, gambaran dari gerakan bintik matahari pada permukaan Matahari serta mengunakan bintik Matahari untuk mengukur kecepatan Matahari.
http://www.go.ednet.ns.ca/~larry/astro/sunspots.html
Situs acuan :
http://solar-center.stanford.edu/solar-images/solar-images.html
Apakah panas Matahari mempengaruhi medan magnet Bumi?
http://image.gsfc.nasa.gov/poetry/workbook/page9.html
Menjelaskan apa itu comet, darimana asalnya, dimana hilangnya, kenapa hanya kelihatan jalan comet, serta apa bentuknya ketika padam.
http://members.aol.com/ScienzDesk/comets.htm
Menjelaskan bentuk Bulan dan apa yang menyebabkannya.
http://astrosun.tn.cornell.edu/courses/astro201/moon_phase_pict.htm
Situs acuan : http://btc.montana.edu/ceres/html/birthdayphases.html
http://starchild.gsfc.nasa.gov/docs/StarChild/solar_system_level2/moonlight.html
http://tqjunior.thinkquest.org/3645/phases_moon.html
Dapatkah keliling Bumi dapat diukur dengan hanya alat sederhana?
http://sps.k12.mo.us/khs/science/earth/lessons/astronomy/circum.htm
Situs acuan :
http://ericir.syr.edu/Virtual/Lessons/Mathematics/Geometry/GEO0004.html
Melihatkan bagaimana menghitung jarak dari Bumi ke Bulan dan juga dari Bumi ke Matahari.
http://www-istp.gsfc.nasa.gov/stargaze/Shipparc.htm
Situs acuan :
http://www.ifa.hawaii.edu/faculty/barnes/ASTR110L/lunardist.html
http://www.astro.washington.edu/astro211/webwork3/webwork3.html
http://solar.physics.montana.edu/YPOP/Classroom/Lessons/Eccentricity/
http://curious.astro.cornell.edu/question.php?number=400
Dapatkah parallax digunakan untuk mengukur jarak ke Bintang?
http://ericir.syr.edu/Virtual/Lessons/Mathematics/Measurement/MEA 0012.html
Rancang bangun model tata surya dan menjelaskan model ini dari bentuk aslinya.
http://www.vendian.org/mncharity/dir3/solarsystem/
Situs acuan :
http://www.exploratorium.org/ronh/solar_system/index.html
Rancang bangun model Matahari/Bumi/Bulan untuk melihat penyebab terjadinya tata surya dan gerhana Bulan.
http://members.aol.com/scienzfair/moonphas.htm
Apa penyebab Bumi mempunyai 4 musin?
http://faldo.atmos.uiuc.edu/w_unit/LESSONS/seasons.html
Struktur mana yang bekerja pada temperatur Mars?
http://www.selah.wednet.edu/SOAR/SciProj2000/MattB.html
Gambaran bahaya dari tubrukan Asteroid dan menguji metode yang mungkin untuk mendeteksi serta menghancurkannya.
http://impact.arc.nasa.gov/
Penelitian dan gambaran Black Hole (lubang hitam) alami.
http://web.mit.edu/afs/athena.mit.edu/user/r/e/redingtn/www/netadv/bh.html
Situs yang dianjurkan :
http://www.ric2.com/cgr.jsp?495326
Penelitian dan gambaran mengunakan titik sidereal untuk meletakkan objek angkasa seperti perbintangan dan planet.
http://www.funsci.com/fun3_en/sider/sider.htm
Peragaan metode mengukur berat Bumi dan planet.
http://www.howstuffworks.com/question30.htm
Situs acuan :
http://stravinsky.ucsc.edu/~josh/5A/book/gravit y/node4.html
http://home.attbi.com/~fsteiger/earthwgt.htm http://imagine.gsfc.nasa.gov/docs/ask_astro/answers/970527a.html
Apakah mungkin mengenal sebuah pengembangan Black Hole berdasarkan pengamatan
http://image.gsfc.nasa.gov/poetry/sfair/q1603.html
Bagaimana kita dapat menentukann penyusun kimia pada bintang?
http://spiff.rit.edu/classes/phys240/lectures/elements/elements.html
Kenapa bintang dilangit berkedip? http://quest.arc.nasa.gov/lfm/events/starcensus.html
Situs acuan :
http://www.science.edu.sg/ssc/detailed.jsp
http://www.mira.org/fts0/stars/text/txt001c.htm
http://www.enchantedlearning.com/subjects/astronomy/stars/twinkle.shtml
Pengukuran perbedaan radiasi yang datang dari matahari.
http://www.ux1.eiu.edu/~cxtdm/met/sirs.html
Seperti apa meteorid dan bagaimana kita menemukannya?
http://www.madsci.org/experiments/archive/913517663.As.html
Dapatkah kita menentukan letak Bulan selama cuaca mendung dengan melihat pantai laut?
http://www.howstuffworks.com/question72.htm
Peragaan gerak nyata dari bintang dengan menggunakan selang waktu fotografi.
http://www.phys.uri.edu/~chuck/ast108/notes/node8.html
Situs acuan :
topik Astronomi.
http://members.aol.com/scienzfair/astroref.htm

Pertumbuhan
Apakah qualitas tanah berubah dari satu negara ke lainnya?
http://www.selah.wednet.edu/SOAR/SciProj2000/EmilyB.html
Tanah jenis apa yang baik untuk perttumbuhan?
http://www.selah.wednet.edu/SOAR/SciProj2000/MaraL.html
Situs acuan : http://scssi.scetv.org/mims/schools/blhs/science/y99/gregd1.htm
Apakah benar menggunakan air yang baik untuk pertumbuhan?
http://www.selah.wednet.edu/MS/SciProj98/6TH/LaurynB/Hydroponics.html
Apa pengaruh gravitasi pada pertumbuhan tanaman?
http://www.canteach.ca/elementary/life12.html
Situs acuan :
http://www.space.gc.ca/kidspace/1-edu_res/resources/all/mars/grade3/gravity/default.asp
http://mimi.essortment.com/geotropism_rdux.htm
Menguji fototropis, pembelajaran kenapa tanaman tumbuh terhadap cahaya?
http://members.aol.com/ScienzFair/phottrop.htm
Situs acuan :
http://www.rohmhaas.com/company/plabs.dir/htmldocs/germinateseeds.html
http://bcbrown.net/secondary/presentations/stupagess98/gmoss.html
Apa pengaruh warna cahaya yang berbeda pada pertumbuhan tanaman?
http://www.selah.wednet.edu/SOAR/SciProj2000/AshleyE.html
Situs acuan :
http://www.agric.gov.ab.ca/agdex/200/8502008.html
http://www.shu.ac.uk/schools/sci/sol/cgi/answers/sf197.htm
http://bcbrown.net/secondary/presentations/stupagess98/gmoss.html http://www.selah.wednet.edu/SOAR/SciProj2000/KatieW.html
http://members.aol.com/ScienzFair/colrplnt.htm
http://members.aol.com/ScienzFair/liteplnt.htm
Apakah pertumbuhan tanaman dipengaruhi pencahayaan pada sinar ultraviolet?
http://tqd.advanced.org/3692/past/42nd/htmls/146.html
Situs acuan :
http://agnews.tamu.edu/stories/HORT/Nov2798a.htm
Bagaimana tanamaan menggunakan fotosintesis untuk membuat makanan?
http://www.ktca.org/newtons/9/phytosy.html
Apakah fotosintesis dapat terjadi tanpa sinar?
http://matrix.mvhs.fuhsd.org/~i-heng/Biowebsite/journals/vol1/2/a5.html
Apakah jumlah dan nilai fotosintesis tanaman berbeda?
http://matrix.mvhs.fuhsd.org/~i-heng/Biowebsite/journals/vol6/2/a4.html
Jenis sayuran apa yang paling tinggi kosentrasi klorofilnya?
http://www-saps.plantsci.cam.ac.uk/records/rec1.html
Apakah ada hubungan antara zat tepung/pati dengan klorofil?
http://matrix.mvhs.fuhsd.org/~i-heng/Biowebsite/journals/vol2/2/a2.html
Apa pengaruh kelistrikan pada tanaman?
http://emfonplants.tripod.ca/index1.html
Apa pengaruh temperatur pada pertumbuhan tanaman?
http://www.selah.wednet.edu/SOAR/SciProj2000/CarissaH.html
Situs acuan :
http://www.rohmhaas.com/company/plabs.dir/htmldocs/germinateseeds.html
Apa pengaruh minuman biasa pada pertumbuhan tanaman?
http://members.aol.com/ScienzFair/grojuice.htm
Situs acuan :
http://members.aol.com/ScienzFair/beverage.htm
Apa tanamanam hydroponiik tumbuh pada benda yang tinggi daripada di tanah?
http://www.selah.wednet.edu/MS/SciProj98/6TH/LaurynB/Hydroponics.html
Apa pengaruh hydroponik pada akarnya bagi pertumbuhan?
http://www.selah.wednet.edu/SOAR/SciProj99/CarissaSciProj.html
Situs acuan :
http://www.selah.wednet.edu/SOAR/SciProj2000/AndreaR.html
Apa yang berubah pada bentuk dan pertumbuhan tanaman jika tanamannya terlalu lebat?
http://www.lessonplanspage.com/ScienceExDensePlantPopulationEffectsMO68.htm
Situs acuan : http://www.scienceteacherprogram.org/biology/diez1.html
Dapatkah tanaman tumbuh dari potongan daun lalu ditanam?
http://www.accessexcellence.org/RC/CT/fun_science_fair_projects.html
Apa pengaruh hormon buatan tanaman pada tanaman yang terpotong?
http://www.csun.edu/~lg48405/virtual/gtrack/tudall/index.html
Apa pengaruh dari asam gibberellic pada pertumbuhan tanaman/bunga/buah?
http://members.aol.com/ScienzFair/gibbacid.htm
Cytokin or Gibberellin: Bagian mana dari tanaman kentang yang bertambah besar?
http://tqd.advanced.org/3692/past/42nd/htmls/151.html
Apa pengaruh jenis musik yang berbeda bagi pertumbuhan tanaman?
http://koning.ecsu.ctstateu.edu/music.html
Situs acuan :
http://www.madsci.org/posts/archives/aug97/867276587.Bt.r.html
http://www.miniscience.com/projects/plantmusic/index.html
http://youth.net/nsrc/sci/sci048.html#anchor992130
http://youth.net/nsrc/sci/sci035.html#anchor1124570
http://www.dovesong.com/positive_music/plant_experiments.asp
Apakah cacing tanah mempengaruhi pertumbuhan tanaman?
http://www.selah.wednet.edu/SOAR/SciProj2000/GlynnisO.html
Situs acuan :
http://matrix.mvhs.fuhsd.org/~i-heng/Biowebsite/journals/vol2/3/a9.html

pH Tanah
Apakah pH tanah mempengaruhi pertumbuhan strawberi?
http://scssi.scetv.org/mims/schools/blhs/science/keith2.htm
Apakah penanaman tanaman tertentu mencegah tanah pada pH tertentu?
http://www.colostate.edu/Depts/CoopExt/TRA/PLANTS/acidlove.html
Situs acuan :
http://members.aol.com/ScienzFair/phmung.htm
Membandingkan contoh pH tanah dari beberapa lokasi yang berbeda pada area Anda.
http://hubcap.clemson.edu/~blpprt/acidity2_review.html

Pembuahan
Apakah pH tanah mempengaruhi pertumbuhan strawberi?
Apakah pengaruh kosentrasi nitrogen yang berbeda pada pertumbuhan tanaman?
http://www.selah.wednet.edu/SOAR/SciProj2000/MorgenA.html
Apa yang terbaik.......pupuk organik atau inorganik?
http://scssi.scetv.org/mims/schools/blhs/science/y99/shawnm1.htm
Akankah pupuk membantu pertumbuhan tanaman dengan menambah vitamin (A, E, C) pada tanah?
http://www.pleasanton.k12.ca.us/AMADOR/Creek/AP99/Brooke/home.html
Situs acuan :
http://scssi.scetv.org/mims/schools/blhs/science/y98/cynth1.htm
http://www.shu.ac.uk/schools/sci/sol/cgi/answers/sf75.htm
http://www.selah.wednet.edu/SOAR/SciProj2000/JonathanA.html
http://scssi.scetv.org/mims/schools/blhs/science/y00/bryanc1.htm

Pencemaran
Apakah pH tanah mempengaruhi pertumbuhan strawberi? Apa pengaruh air garam pada pertumbuhan tanaman?
http://scssi.scetv.org/mims/schools/blhs/science/y98/jessi1.htm
Situs acuan :
http://www.ash.udel.edu/ash/teacher/collab/Env_salinity.html
Apakah selada efektif sebagai bioassay medium untuk menentukan racun pada larutan garam?
http://ei.cornell.edu/toxicology/bioassays/lettuce/RefTest.asp
Situs acuan :
http://ei.cornell.edu/toxicology/bioassays/lettuce/
Apa pengaruh garam yang berbeda pada tanaman kol?
http://scssi.scetv.org/mims/schools/blhs/science/y00/kimib1.htm
Akankah air sabun merusak atau membantu pertumbuhan benih dan/atau pertumbuhan tanaman?
http://www.selah.wednet.edu/SOAR/SciProj2000/NicoleB.html
Situs acuan :
http://www.selah.wednet.edu/SOAR/SciProj2000/MichaelM.html
http://scssi.scetv.org/mims/schools/blhs/science/y00/jessica3.htm
Apa pengaruh kelantong pada tummbuhan tanaman?
http://www.selah.wednet.edu/SOAR/SciProj2000/VanessaR.html
Apa pengaruh asap rokok pada kelangsungan tanaman? Apakah nikotin menyebabkan pertumbuhan tanaman?
http://tqd.advanced.org/3692/past/42nd/htmls/147.html
Bagaimana asap rokok mempengaruhi pertumbuhan tanaman.
http://tqd.advanced.org/3692/past/42nd/htmls/144.html
Situs yang dianjurkan : http://www.ric2.com/cgr.jsp?495326 Apakah kafein mempengaruhi pertumbuhan tanaman? http://www.madsci.org/posts/archives/feb98/887303049.Gb.r.html
Situs acuan :
http://www.vpop.net/~selfrel/articles/nyerges44.html
Apakah pengaruh dari virus mosaik tembakau pada sayuran?
http://www.accessexcellence.org/AE/AEC/AEF/1996/plati_tmv.html
Apa pengaruh ozon pada pertumbuhan tanaman?
http://www.selah.wednet.edu/SOAR/SciProj99/VanessaSciProj.html
Apa yang terjadi pada sayuran jika terjadi hujan asam?
http://www.selah.wednet.edu/SOAR/SciProj2000/EricD.html
Situs acuan : http://www.hartwick.edu/envirsci/Issues/acidrain/Acidrain.html
Akankah asam semut menyembuhkan penyakit dari hujan asam pada tumbuhan?
http://scssi.scetv.org/mims/schools/blhs/science/y98/julie1.htm
Lihat kategori ilmu lingkungan untuk kategori pencemaran.
http://members.aol.com/ScienzFair/environ.htm

Kimia
Tes pH
Dapatkah kita membuat indikator pH dari kubis/kol merah?Persiapan kertas pH
http://members.aol.com/ScienzFair/phcabage.htm
Situs acuan :
http://members.aol.com/ScienzFair/redcab.htm
Apakah pantas bunga sebagai indikator pH alami?
http://www.phys.virginia.edu/Education/outreach/8thgradesol/FlowerIndicators.htm
Situs acuan :
http://www.usc.edu/CSSF/Current/Projects/S0513.pdf
Apa pH pokok pada rumah tangga? http://bird.miamisci.org/ph/
Situs acuan :
http://services.juniata.edu/ScienceInMotion/chem/labs/ph/house.doc
Bagaimana jaringan hidup bereaksi pada penambahan pH?
http://members.aol.com/ScienzFair/livtissu.htm
Rapat Jenis Apakah kepadatan air itu?Apakah kepadatan air berubah dengan temperatur?Bagaimana?
http://cwis.nyu.edu/pages/mathmol/modules/water/density_lab.html
Membandingkan kepadatan zat penyusun dan membuktikan dengan visualisasi.
http://www.spartechsoftware.com/reeko/Experiments/ExpDensityLiquids.htm
Situs acuan : http://members.aol.com/ScienzFair/density.htm
Faktor apa yang menyebabkan kaleng soda meleyot?
http://www.swe.org/SWE/StudentServices/CareerGuidance/GirlScoutModules/ bouyanc.html
Apakah garam pada air laut berkurang?
http://cherryweb.com/Major_Project/oact2.htm
Peragaan bahwa kepadatan CO2 lebih besar dari udara.
http://www.reachoutmichigan.org/funexperiments/quick/hyperchem/ combustco2.html
Situs acuan :
http://www2.ncsu.edu/ncsu/pams/science_house/learn/CountertopChem/exp9.html
http://www.psrc.usm.edu/macrog/proposal/dreyfus/outcome/demo/demos2.htm

Tes Zat Penyusun
Dapatkah kita menguji persentase vitamin C?
http://members.aol.com/ScienzFair/vitc2.htm
Situs acuan :
http://library.thinkquest.org/2690/exper/exp28.htm
http://www.grassroutes.com/cooks/nutrition/vitaminc/
Apakah tingkatan vitamin C relatif pada jeruk yang berbeda?
http://members.aol.com/ScienzFair/vitaminc.htm
Situs acuan :
http://members.aol.com/ScienzFair/arthur.htm
http://www.accessexcellence.org/atg/data/released/0490-MaryColvard/index.html
Apakah sinar Matahari menyebabkan vitamin C pada jeruk?
http://www.csiro.au/crest/crestpro/cpb001.htm
Apakah tablet vitamin C benar-benar aktif?
http://chem.lapeer.org/Chem1Docs/VitCAnalysis.html
Membandingkan kalori dalam makanan seperti kebanyakan jenis kacang, manisan yang putih dan empuk.
http://www.uky.edu/~holler/msc/discover/nutstoyou/hotnuts.html
Situs acuan : http://www.qacps.k12.md.us/cms/sci/life/lifelab9.htm
http://ofcn.org/cyber.serv/academy/ace/sci/cecsci/cecsci188.html
http://ericir.syr.edu/cgi-bin/printlessons.cgi/Virtual/Lessons/Science/Chemistry/CHM0025.html
Minuman dingin apa yang mempunyai tingkatan kafein yang tinggi?
http://www.chemistry.adelaide.edu.au/external/Soc-Rel/Content/Expts/hplcexpt.htm
Situs acuan :
http://www.cspinet.org/new/cafchart.htm
Berapa banyak kadar kafein pada teh bungkus?
http://web.centre.edu/~muzyka/organic/lab/caffeine.htm
Situs acuan :
http://newton.dep.anl.gov/askasci/chem00/chem00291.htm
http://departments.oxy.edu/tops/Caffeine/CAFFEINE-S.pdf
http://members.tripod.com/suian/experiment.html
http://www.chem.tamu.edu/class/majors/experimentnotefiles/notes25.htm
Apakah kopi instan mempunyai banyak kafein?
http://www.sad58.k12.me.us/mtabram/chemis~1/DEREK'~1/report2.htm
Metode apa yang menghasilkan rasa kopi tanpa kafein?
http://www.worldwidemart.com/choice/decaf.html
Membandingkan kadar protein pada susu.
http://members.aol.com/ScienzFair/milkpro.htm
Makanan apa yang banyak nutrisinya?
http://members.aol.com/ScienzFair/nutrient.htm
Bagaimana kita dapat mengukur persentase pati?
http://library.thinkquest.org/2690/exper/exp22.htm
Situs acuan : http://www.cs.pdn.ac.lk/chem/Wab/exp16b.htm
http://www.geocities.com/CapeCanaveral/Hall/1410/lab-GS-10.html
Membandingkan jumlah pati pada penyusun sayuran.
http://www.accessexcellence.org/AE/ATG/data/released/0335-HeidiHaugen/
Minuman dingin apa yang banyak gulanya?
http://www.selah.wednet.edu/MS/SciProj98/6TH/Sugar/COURTNEYA.HTML
Apakah asam semut (asam yang menetralkan asam-asam) efektif menetralkan asam pada salah pencernaan dan rasa panas pada perut?
http://members.aol.com/ScienzFair/antacids.htm
Tablet asam semut apa yang paling aktif?
http://www.cchem.berkeley.edu/~chem1a/fall95/lab/bio/stomach/week1.html
Apakah sisa reaksi asam semut baik menetralkan asam pada sakit perut?
http://www.cchem.berkeley.edu/~chem1a/fall95/lab/bio/stomach/week3.html
Situs acuan :
http://www.selah.wednet.edu/SOAR/SciProj99/NicoleSciProj.html
Pewarna rambut apa yang menghasilkan jumlah asam cuka terbesar?
http://chem.lapeer.org/Chem1Docs/LeadAnal.html
Berapa persen sel telur ayam disusun dari kalsium karbonat? Bandingkan persentasenya dengan burung.
http://chem.lapeer.org/Chem1Docs/EggshellTitration.html

Perubahan Bentuk - Pembekuan/Penguapan
Akankah es balok lebih cepat mencair pada air tawar atau air garam?
http://members.aol.com/ScienzFair/icemelt.htm
Apakah bentuk mempengaruhi seberapa cepat balok es mencair?
http://www.selah.wednet.edu/SOAR/SciProj2000/ChristineC.html
Apakah bentuk mempengaruhi titik beku air? Apakah zat lain seperti cuka, koka kola, gula dan susu mempengaruhi titik beku air?
http://members.aol.com/ScienzFair/freeze.htm
Situs acuan :
http://octopus.gma.org/surfing/antarctica/salt.html
Apakah garam mempengaruhi titik didih air?
http://www.miniscience.com/projects/ExmSciProj.htm
Situs acuan :
http://128.252.223.112/posts/archives/mar98/890688854.Ch.r.html
http://www.bxscience.edu/~chinyu/2690/exper/exp18.htm
http://www.soton.ac.uk/~plf/ScI-Journal/vol3no2/v3n2a2.html
Apakah temperatur awal air mempengaruhi berapa lama air membeku?
http://www.isd77.k12.mn.us/resources/cf/projects/ASHBAC~1.HTM
Kapan air beku mengembang atau mengkerut?Kenapa?
http://www.pausd.palo-alto.ca.us/k6science/water/w_q_a/expand.html
Situs acuan : http://library.thinkquest.org/2690/exper/exp6.htm
Kenapa kebanyakan es buram atau putih dan bagaimana membuat es menjadi transparan?
http://www.howstuffworks.com/question205.htm
Situs acuan :
http://www.madsci.org/posts/archives/mar2000/954344904.Ch.r.html
Apakah perbedaan antara balok es yang terbuat dari air ledeng dan balok es yang terbuat dari air suling? Bagaimana cairan berbeda (air, jus jeruk, minuman dingin, dll) mempengaruhi peleburan dari pelembut es (CO2)? Apakah temperatur udara mempengaruhi kecepatan peleburan pelembut es?
http://van.hep.uiuc.edu/van/qa/section/States_of_Matter_and_Energy/Properties_of_Water/20020128220336.htm
Apa yang terjadi ketika bola penyengat dipanaskan?
http://library.thinkquest.org/2690/exper/exp19.htm

Tegangan Permukaan
Dapatkah benda logam mengapung pada permukaaan air?
http://library.thinkquest.org/2690/exper/exp12.htm
Membandingkan tegangan permukaan dari beberapa cairan rumah tanggga
http://www.satellitescience.org/water/watertryathome.html
Situs acuan :
http://www.aea10.k12.ia.us/instruct/sci4-9/Property/PROPE571.html http://quest.arc.nasa.gov/space/teachers/mg/9tension.html
Bagaimana pertambahan zat gizi yang berbeda mempengaruhi kekuatan gelembung?
http://members.aol.com/ScienzFair/bubble.htm
Pembersih/Deterjen/Sabun
Apakah komposisi larutan sabun mempunyai pengaruh pada tegangan permukaan? http://www.ilpi.com/genchem/demo/tension/
Situs acuan :
http://members.aol.com/ScienzFair/pepper.htm
Apakah sabun dan air lebih baik memindahkan lemak daripada hanya air saja? http://library.thinkquest.org/2690/exper/exp24.htm
Dapatkah kita menemukan berapa banyak fosfor pada deterjen yang kita gunakan?
http://wwwchem.csustan.edu/chem1002/phosphat.htm
Apakah pembersih ubin baik menyingkirkan buih sabun pada kamar mandi?
http://www.isd77.k12.mn.us/resources/cf/projects/tile.html
Apakah pembersih jendela baik untuk membersihkan noda?
http://www.selah.wednet.edu/SOAR/SciProj2000/LaceyT.html
Penelitian dan peragaan dasar pembuatan sabun dan penjelasan bagaimana sabun membersihkan kotoran dan lemak.
http://www.madsci.org/experiments/archive/854443814.Ch.
html Situs acuan :
http://www.pinemeadows.net/recipes.php Apakah mungkin membuat sabun dirumah sama bagusnya dengan apa yang kita beli dipasar?
http://www.silverlink.net/~timer/soapinfo.html
Apakah pengaruh deterjen rumah tangga pada agar-agar bau buah?
http://www.accessexcellence.org/AE/AEC/AEF/1996/thompson_jell-o.html
Apakah jenis deterjen yang baik membersihkan noda?
http://www.selah.wednet.edu/MS/SciProj98/6TH/McKaylaS/Detergents.html
Apakah jenis dari penyusun yang baik pembersihnya dengan memilih jenis bubuk pencuci?
http://www.selah.wednet.edu/SOAR/SciProj99/EmilySciProj.html
Apakah pembersih baik membersihkan noda dari baju katun? Akankah larutan pembersih kering lebih memindahkan noda daripada deterjen biasa?
http://www.selah.wednet.edu/SOAR/SciProj99/KatieSciProj.html
http://www.selah.wednet.edu/SOAR/SciProj2000/CaitlinH.html
Situs acuan :
http://www.selah.wednet.edu/SOAR/SciProj2000/JennyLynA.html
Apakah jenis pembersih karpet yang baik untuk membersihkan banyak jenis noda?
http://www.selah.wednet.edu/SOAR/SciProj99/AshleighSciProj.html
Apakah zat penyusun pasta gigi bekerja dengan baik untuk memutihkan gigi?
http://www.selah.wednet.edu/MS/SciProj98/6TH/KylieW/TeethWhiteners.html
Situs acuan :
http://www.selah.wednet.edu/SOAR/SciProj2000/KyleM.html
Menentukan apakah zat biasa yang didapur akan membersihkan uang sen dengan baik.
http://www.miamisci.org/ph/pennies.html
Apakah pengaruh sabun pada gelembung?
http://134.121.112.29/fair_95/gym/hs025.html

OKSIDASI - PENGKARATAN - KEBUSUKAN/DEKOMPOSISI
Situs yang dianjurkan :
http://www.ric2.com/cgr.jsp?495326
Apakah larutan rumah tangga akan membusukan sebuah apel paling cepat?
http://scssi.scetv.org/mims/schools/blhs/science/y99/nicol1.htm
Dapatkah Anda menghasilkan metana atau bahan bakar lain dari akar tumbuhan?
http://www.re-energy.ca/t-i_biomassbuild-2.shtml
Apakah zat biasa rumah tangga membuat karat pada seng lebih cepat?
http://scssi.scetv.org/mims/schools/blhs/science/y00/beng3.htm
Apakah pengaruh temperatur pada pengkaratan almunium?
http://scssi.scetv.org/mims/schools/blhs/science/y00/mattw1.htm
Apakah logam biasa akan membuat karat lebih cepat oleh air garam?
http://www.selah.wednet.edu/MS/SciProj98/6TH/CurtisF/SaltwaterCorrosion.html
Apakah pengaruh pH air pada pengkaratan paku?
http://scssi.scetv.org/mims/schools/blhs/science/y99/jason3.htm Apakah pengaruh kimia pada alat penyapu es?
http://www.selah.wednet.edu/SOAR/SciProj2000/EvanJ.html

PEMBAKARAN
Apakah warna lidah api menunjukkan temperaturnya? Apakah jumlah udara menyebabkan berapa lama lilin terbakar?
http://library.thinkquest.org/2690/exper/exp8.htm
Situs acuan :
http://www.madsci.org/experiments/archive/854445732.Ch.html
Dapatkah lilin yang terbakar menentukan persentase oksigen?
http://personal.cfw.com/~rollinso/Candle/CandleExpt.html
Situs acuan :
http://192.107.108.56/portfolios/h/heineman_b/tvi/weatherweb/oxygen.htm
http://www.haverford.edu/educ/knight-booklet/doesironreact.htm
Pembelajaran atmosfer dan pengukuran persentase oksigen dalam udara sekitar.
http://othello.mech.nwu.edu/~peshkin/scifair/oxygen.html
Unsur apa yang dibutuhkan untuk menjaga api tetap nyala dan bagaimana bahan pemadam kebakaran bekerja memadamkan api?
http://www.pp.okstate.edu/ehs/MODULES/Exting/exting.htm
Situs acuan :
http://www.ilpi.com/safety/extinguishers.html
Dapatkah Anda mengenal sebuah logam dengan melihat warna api ketika logam terbakar?
http://www.gotessays.com/essays/503/#anchor781569
Apakah jenis penyusun dari bahan yang mudah terbakar?
http://www.selah.wednet.edu/MS/SciProj98/6TH/JasonB/FabricFlammability.html
Situs acuan :
http://youth.net/nsrc/sci/sci045.html#anchor783508
http://www.csiro.au/crest/crestpro/cpb007.htm
http://www.ci.phoenix.az.us/FIRE/firefbrc.html
http://www.selah.wednet.edu/SOAR/SciProj2000/JZet.html
Bagaimana penyusun semprotan mempengaruhi pembakaran?
http://www.selah.wednet.edu/SOAR/SciProj99/MattSciProj.html

KRISTAL
Bagaimana temperatur mempengaruhi pengembangan kristal?
http://www.selah.wednet.edu/SOAR/SciProj2000/KaitlynS.html
Situs acuan :
http://www.selah.wednet.edu/SOAR/SciProj2000/JenniferM.html
Akankah ketidakmurnian mempengaruhi pembentukan kristral?
http://tqd.advanced.org/3692/past/42nd/htmls/162.html
Akankah persentase protein mempengaruhi nilai kristal?
http://scssi.scetv.org/mims/schools/blhs/science/y99/emily1.htm
Apakah zat-zat biasa pada rumah tangga akan mengkristral?
http://www.selah.wednet.edu/MS/SciProj98/6TH/TravisY/Crystals.html
Situs acuan :
http://www.hamptonresearch.com/stuff/MRC101.html
http://homepages.skylink.net/~skaarup/pages_candy/candy_03_rockcandy.html
http://members.aol.com/ScienzFair/salt.htm
http://www.commean.com/rocks/crystals/page3.htm
KROMATOGRAFI
Peragaan bagaimana metode dasar kertas kromatografi akan memberikan pengenalan pena tulis yang berbeda.
http://www.yesmag.bc.ca/projects/paper_chroma.html
Situs acuan :
http://collections.ic.gc.ca/science/english/chem/projects/chromat.html
http://wwwchem.csustan.edu/chem1002/mrsketch.htm
Dapatkah kertas kromatografi digunakan untuk mengenal pigmentasi dalam bayam?
http://216.239.33.100/search?q=cache:zFKKMYCLEcQC:services.juniata.edu/ScienceInMotion/chem/labs/chrom/veggies.doc+spinach+chromatography&hl=en&ie=UTF-8
Dapatkah kertas kromatografi menentukan isi warna pada lapisan lilin?
http://www.labarchive.net/labdb/get.tcl?experiment_id=56
Pada cairan pemisah mana yang terbaik, distilasi (penyulingan) atau kertas kromatografi?
http://members.aol.com/ScienzFair/liqsep.htm

Gabungan Bidang Studi
Bagaimana pewarnaan gelas dibuat?
http://www.ironandglass.com/howglass.htm
Situs acuan :
http://members.tripod.com/CAT391/how_made.htm
Apa pengaruh temperatur pada reaksi kimia?
http://library.thinkquest.org/2690/exper/exp4.htm
Situs acuan :
http://www.studentcentral.co.uk/coursework/essays/1316.html#Ideas
Apa hubungan antara penyusun permukaan area dan bagaimana pengaktifan kembali?
http://chem.lapeer.org/Chem1Docs/SurfaceAreaRate.html
Situs acuan :
http://library.thinkquest.org/2690/exper/exp5.htm
Dapatkah tes fotosintesis digunakan untuk memperlihatkan mana dari dua pohon katkus yang tetap layu untuk 24 jam dan mana yang tetap cerah?
http://home.earthlink.net/~dayvdanls/photolab/photolab1.htm
Apakah temperatur mempengaruhi tekanan yang didesak oleh gas?
http://library.thinkquest.org/2690/exper/exp3.htm
Berapa banyak CO2 yang dihasilkan reaksi cuka/soda kue?
http://www.etacuisenaire.com/testtube.jsp
Peragaan bagaimana mengunakan CO2 untuk membuat minum dingin yang berkarbonat.
http://www.beer-winemaking.com/htms.htm
Akankah minyak sayur cocok mengantikan bahan bakar diesel?
http://sunsite.anu.edu.au/icase/i_exemp1.html
Apakah mungkin memindahkan garam dari air laut sehingga kita dapat meminumnya? Apakah sinar Matahari mempengaruhi bahan celup yang digunakan dalam pewarnaan kertas? Apakah panas itu?
http://www.brookings.com/bswf/ex1.htm
Dapatkah kita menentukan jika air leeng kita keras atau lembut?
http://library.thinkquest.org/2690/exper/exp21.htm
Bagaimana kekerasan air mempengaruhi rata-rata penguapan? Cat apa yang menahan warnanya ketika diluar pada cuaca?
http://scssi.scetv.org/mims/schools/blhs/science/y99/josho1.htm
Apakah pengaruh sifat cat pada beberapa kertas?
http://tqd.advanced.org/3692/past/42nd/htmls/163html#anchor781569
Bagaimana kelembatan mempengaruhi rambut manusia? kenapa kelembatan mempengaruhinya?
http://www.wcsscience.com/hair/page.html
Apa pengaruh dari shampo yang berbeda pada kekuatan peregangan dari rambut?
http://www.selah.wednet.edu/SOAR/SciProj2000/MckenzieH.html
Bagaimana zat alami mempengaruhi rambut manusia?
http://members.aol.com/ScienzFair/hair.htm
Apakah yang dibutuhkan untuk membuat parfum ruangan?
http://members.aol.com/ScienzFair/perfume.htm
Membandingkan hujan dan/atau cerah dari beberapa lokasi uang berbeda dekat rumah anda dari polusi. Menentukan bahwa itu bertambah buruk dekat kota besar dan/atau pembangkit.
http://www.miamisci.org/ph/lpexpand2.html
http://scssi.scetv.org/mims/schools/blhs/science/y99/ashle3.htm
Which household kitchen wrap is best to protect against seepage?
http://members.aol.com/ScienzFair/invisink.htm
Apakah bahan rumah tangga dapat digunakan untuk membuat plastk alami?
http://www.spartechsoftware.com/reeko/Experiments/ExpMakingPlastic.htm
Faktor apakah yang mempengaruhi kecepatan reaksi antara rennin dan susu? Bandingkan kekerasan relatif dari beberapa jenis paku yang berbeda.
http://www.soton.ac.uk/~plf/ScI-Journal/vol1no2/v1n2k41.htm
Apakah pengaruh dari zat klorin pada penyusun bak mandi?
http://www.riotshopper.com/swimcare.htm
Situs acuan :
http://members.aol.com/ScienzFair/chlorine.htm
Faktor apakah yang mempengaruhi bagus tidaknya bahan celup baju?
http://www.soton.ac.uk/~plf/ScI-Journal/vol2no1/v2n1k41.html
Apakah pengaruh asam cuka pada sel telur?Kenapa?Apakah zat lain juga mempunyai pengaruh yang sama? http://scssi.scetv.org/mims/schools/blhs/science/y99/corey3.htm
Bagaimana larutan glukosa mengalir melalui dinding usus ayam dan jalan manakah larutan glukosa lebih mudah bergerak?
http://www.mhs.csd6.k12.ny.us/complete/glucose.htm
Bandingkan bagaimana kecepatan tulang ayam memburuk ketika ditaruh pada cairan rumah tangga seperti asam cuka, air garam, cairan deterjen, dll.
http://members.aol.com/ScienzFair/chknbone.htm
Situs acauan :
http://www.flinnsci.com/homepage/bio/rubbone.html
http://www.iit.edu/~smile/bi9711.html
Dapatkah tulang sumsum menyerap kembali kalsium?
http://scssi.scetv.org/mims/schools/blhs/science/y99/angelk1.htm
Apakah pengaruh perubahan temperatur pada chemoilluminescence?
http://scifun.chem.wisc.edu/HOMEEXPTS/Chemilum.html
Tunjukkan bagaimana sayuran rumah tangga dan buah dapat digunakan untuk membangkitkan listrik.(Juga lihat kategori listrik Magnet)
http://members.aol.com/dswart/discussion.html
Peragaan bagaimana listrik dapat mengurai air menjadi hidrogen oksigen.
http://www.education.eth.net/acads/experiments/ccorner_funtime27.htm
Situs acuan :
http://www.energy.ca.gov/education/projects/projects-html/split_h2o.html
http://education.indiana.edu/cas/tt/v1i2/electrolysis.html
http://www.pbs.org/safarchive/4_class/44_guides/guide_902/4492_air.html#act1
http://www.MiniScience.com/projects/WaterElectrolise.htm#act1
Peragaan dan membandingkan perekat-perekat buatan rumah seperti perekat yang terbuat dari susu? Yang mana lebih kuat dan tahan lama?
http://members.aol.com/ScienzFair/milkglue.htm
Situs acuan :
http://members.aol.com/reciperoom/glue4.txt
Situs acuan untuk topik kimia.
http://members.aol.com/ScienzFair/chemref.htm

Ilmu Komputer
Bagaimana komputer membantu manusia apa yang mau mereka lakukan? Dapatkah komputer mensimulasi bentuk kehidupan buatan? Bagaimana komputer dapat digunakan sebagai fungsi waktu untuk menjaga tetap bergerak Menentukan komputer paling cepat dari jenis program yang berbeda.
http://www.sciam.com/2000/1100issue/1100amsci.html
Faktor apa yang mempengaruhi kecepatan operasi komputer? Peragaan bagaimana komputer dapat digunakan sebagai alat pendidikan.
http://www.selah.wednet.edu/SOAR/SciProj2000/SamJ.html
Peragaan bagaimana monitor komputer menggunakan pixel untuk menciptakan gambar.
http://www.howstuffworks.com/tv.htm
Peragaan bagaimana data internet dapat diguanakan untuk memperkirakan cuaca pada sekitar rumah anda. Pengembangan permainan komputer seperti hangman dan tic-tac-toe. Menciptakan sebuah program yang memberikan manusia informasi berdasarkan ulang tahun mereka.
http://ericir.syr.edu/Virtual/Lessons/Science/Physical/PHY0051.html
Apakah mesin pencarian WWW menghasilkan data yang akurat?
http://www.howstuffworks.com/modem.htm
Bagaimana halaman web bekerja? Tunjukkan bagaimana program komputer dapat mensimulasi kejadian astronomi. Membuat program cara mengajar penguna dengan cepat dalam BASIC.
http://www.howstuffworks.com/web-page.htm
Apakah komputer atau monitor komputer menghasilkan sinyal radio? Menguji pengaruh medan magnetik pada perekam(kaset, disket, dll) Membuat program stimulasi kecerdasan, rangsangan berdasarkan penguna dimana penguna memberi masukan kepada program.
http://www.noradcorp.com/emfs101.htm
Situs acuan :
http://coastalpost.com/98/4/7.htm
http://infoventures.com/private/FEDERAL/Q&A/qa-envn9.html
http://vitatech.net/eng.html
Dapatkah program komputer mempengaruhi kemampuan anak? Peragaan bagaimana pengujian dapat diatur oleh komputer dan terus menerus.
http://members.aol.com/ScienzFair/complern.htm
Pengembangan dan peragaan program perkiraan gerakan orbit komet.
http://k12.colostate.edu/stmarys/comet.html
Pengembangan rancang program tingkat lanjut untuk menyelesaikan beberapa masalah probabilitas dalam matematika.
http://www.wku.edu/~neal/probability/prob.html
Pengembangan rancangan program untuk memecahkan beberapa masalah dalam matematika tingkat lanjut. Memciptakan sebuah program yang mengajarkan pengguna seperangkap kebenaran teknis melalui cabang metode belajar program.
http://faculty.washington.edu/rag/CLASSES/m465/PROJECTS/proj465/proj465.html
Bagaimana bahasa progam C bekerja? Membandingkan kecepatan/efektif dari bahasa program yang berbeda dan dijalankan pada program yang sama.
http://www.howstuffworks.com/c0.htm
Pengembangan sebuah program yang akan menentukan kemungkinan terjadi dari tinggal landas dan penerbangan pesawat. Pengembangan sebuah program untuk memecahkan rumus matematika. Pengembangan sebuah program untuk mengubah pengukuran Inggris menjadi pengukuran metrik. Pengembangan sebuah program untuk mengenal jejak hewan pada keadaan kondisinya. Dapatkah sebuah program komputer memprediksi populasi masa depan dari suatu bangsa bersadarkan statistik populasi masa lalu? Pengembangan sebuah program kesehatan untuk pengenalan penyakit anak-anak berdasarkan pada gejalanya.
http://tqd.advanced.org/3692/past/42nd/htmls/169.html
Situs acuan untuk topik Ilmu Komputer
http://members.aol.com/ScienzFair/compref.htm

Ilmu Konsumen
Intisari dari tes barang :
http://k12s.phast.umass.edu/~jkenney/abs3.html
http://k12s.phast.umass.edu/~jkenney/abs9.html
http://k12s.phast.umass.edu/~jkenney/abs15.html
Toko mana yang mempunyai harga yang baik?
http://members.aol.com/ScienzFair/costs.htm
Apakah minuman dingin mempunyai jumlah karbonat paling besar?
http://members.aol.com/ScienzFair/carbnatn.htm
Minuman apakah yang menyebabkan gigi bernoda?
http://members.aol.com/ScienzFair/stain.htm
Apakah bau kunyahan gusi bertahan lebih lama?
http://members.aol.com/ScienzFair/chewgum.htm
Apakah barang pembersih baik membersihkan noda pada karpet?
http://members.aol.com/ScienzFair/carptcln.htm
Jenis popok manakah yang banyak menyerap?
http://members.aol.com/ScienzFair/diaper.htm
Situs acuan :
http://youth.net/nsrc/consumer/con012.html#anchor310508
http://www.selah.wednet.edu/SOAR/SciProj2000/VanessaW.html
Jenis kertas lap manakah yang banyak menyerap?
http://members.aol.com/ScienzFair/ptowel.htm
Jenis kertas lap manakah yang paling kuat?
http://members.aol.com/ScienzFair/strength.htm
Jenis baterai apa yang tahan lama dan menyala terus menerus?
http://www.miniscience.com/projects/batteries/batteries.html
Rancangan lain memperlihatkan baterai apa yang tahan lama?
http://www.energy.ca.gov/education/projects/projects-html/battery.html
Jenis daun jagung manakah yang paling sedikit bijinya?
http://www.popweaver.com/exp6.htm
Situs acuan : http://www.popcorn.org/mpindex.htm
http://popcornlovers.com/
Apakah burger siap saji mengandung paling sedikit lemaknya?
http://members.aol.com/ScienzFair/grease2.htm
Cara memasak manakah yang baik mencegah makanan terpotong?
http://k12s.phast.umass.edu/~jkenney/abs13.html#spray
Tas plastik manakah yang kokoh dari beban?
http://members.aol.com/ScienzFair/zip.htm
Temperatur berapakah yang baik untuk menyimpan popcorn hasil microwave?
http://www.popweaver.com/exp3.htm
Warna lilin apakah yang membakar paling cepat?
http://yn.la.ca.us/nsrc/sci/sci032.html#anchor597603
Manakah yang lebih baik mandi dengan pancaran atau bak mandi?
http://members.aol.com/ScienzFair/shower.htm
Bandingkan jumlah besi pada sarapan sereal yang berbeda. Sereal manakah yang tetap renyah tahan lama ketika ditaruh dalam susu?
http://members.aol.com/ScienzFair/ironcer.htm
Situs acuan untuk topik Ilmu Konsumen
http://members.aol.com/ScienzFair/consmref.htm

Ilmu Bumi
Cuaca
Bagaimana bentuk tornado dan apa yang menyebabkan terjadinya? http://www-personal.engin.umich.edu/~dkyser/weather/form.htm
Situs acuan : http://www.umkc.edu/sites/env-sci/module5/weblab5.htm
http://www.spartechsoftware.com/reeko/Experiments/ExpTornado.htm
Membuat tornado dalam kotak untuk menunjukkan bentuk tornado.
http://www.amasci.com/amateur/tornbox.html
Situs acuan :
http://www.usatoday.com/weather/tg/wchamb/wchamb.htm
http://www.weather-photography.com/Tornado/generator.html
http://www.tornadoproject.com/cellar/workshop.htm
http://www.crh.noaa.gov/ict/torbox/torbox.htm
Apakah penyebab embun?Cuaca penuh es?Bagaimana hubungan embun dengan kelembaban?
http://www.minnetonka.k12.mn.us/science/lessonsk1/frost.html
Situs acuan :
http://www.allstar.fiu.edu/aero/Experiment16.htm
http://www.nws.noaa.gov/er/bgm/wxtalk/script33.txt
http://www.acad.carleton.edu/curricular/GEOL/classes/geo258/studentswork/McGee.html
Peragaan bagaimana bentuk awan melalui pengembunan yang mengelilingi benda sekitarnya.
http://www.chias.org/www/edu/activities/activity1/activity1.html
Situs acuan :
http://www.spartechsoftware.com/reeko/Experiments/ExpCloudsInBottle.htm
http://www.education.eth.net/acads/experiments/ccorner_funtime15.htm
Menjelaskan bagaimana bentuk kabut dan membuat alat yang dapat menghasilkannya.
http://starryskies.com/try_this/fog.html
Situs referensi :
http://members.aol.com/ScienzFair/foggy.htm
Apa hubungannya antara bentuk kabut, temperatur dan ketinggian?
http://ww2010.atmos.uiuc.edu/(Gh)/guides/mtr/cld/home.rxml
Menentukan jenis awan mana yang membawa hujan, mana yang membawa kilat.
http://ww2010.atmos.uiuc.edu/(Gh)/guides/mtr/cld/home.rxml
Bandingkan hujan lokal pada suatu negara.
http://www.collaboratory.nunet.net/timber/4thgradescifair2.htm
Menjelaskan sirkulasi air dan bagaimana hujan pas padanya. Peragaan sirkulasinya.
http://mbgnet.mobot.org/salt/cycle/index.htm
Situs acuan :
http://www.und.nodak.edu/instruct/eng/fkarner/pages/cycle.htm
http://www.und.nodak.edu/instruct/eng/fkarner/pages/hands.htm
http://www.angelfire.com/nj/PflommScience/H20Cycle.htm
http://www.geocities.com:0080/CollegePark/Den/1816/cycle.html
Membandingkan ketelitian dua atau lebih hasil prakiraan cuaca.
http://www.collaboratory.nunet.net/timber/scifair/eigthf/5.htm
Apa yang mempengaruhi pengembunan, temperatur udara, temperatur air atau kecepatan udara?
http://cherryweb.com/Major_Project/oact1.htm
Membuat dan memperagakan stasiun cuaca dengan alat ukur hujan dan indikator angin.
http://www.creighton.edu/~damorss/wind_speed.htm
Lihat juga disini untuk banyak cara membuat stasiun cuaca kepunyaaan Anda.
http://sln.fi.edu/weather/todo/todo.html
Membuat indikator kecepatan angin yang tidak mahal.
http://www.energy.ca.gov/education/projects/projects-html/anemometer.html
Situs acuan :
http://www.energy.ca.gov/education/projects/projects-html/windmeasure.html http://169.244.176.147/Nick.html Membuat termometer rumah dan menggunakannya untuk jejak temperatur.
http://www.energy.ca.gov/education/projects/projects-html/thermometer.html
Situs acuan :
http://www.howstuffworks.com/therm.htm
http://www.sciam.com/2000/1200issue/1200amsci.html
Membangun indikator kelembaban rumah untuk stasiun cuaca anda dan memperagakan pengoperasiannya. Bagaimana barometrik tekanan udara memperkirakan cuaca?
http://www.geocities.com/molerat1964/humid.htm
Situs acuan :
http://www.geocities.com/molerat1964/humid2.htm http://members.aol.com/ScienzFair/humidity.htm
Membangun barometer Anda sebagai stasiun cuaca rumah? Apakah tekanan barometrik berubah dengan bentuk Bulan? Bagaimana kecepatan angin mempengaruhi sepanjang hari?
http://earthspace.net/try_this/baro1.html Situs acuan :
http://www.spartechsoftware.com/reeko/Experiments/ExpHomemadeBarometer.htm
Apakah udara dingin itu dan apa pengaruhnya pada benda mati? Apakah perbedaan pada temperatur tempat teduh dan sinar matahari? Apakah perbedaan bermacam-macam waktu dalam satu hari?
http://www.howstuffworks.com/question70.htm
Menjelaskan bagaimana langit biru dan kadang berubah warna. Peragaan bagaimana embun atau debu diudara dapat merubah warna pada atmosfer.
http://www.sciencemadesimple.com/sky_blue.html
Situs acauan :
http://www.exploratorium.edu/snacks/blue_sky.html
http://math.ucr.edu/home/baez/physics/General/BlueSky/blue_sky.html
http://world.std.com/~mmcirvin/bluesky.html
Aksi Vulkanik
Konstruksi sebuah model berapi dan menjelaskan apakah penyebab gunung berapi meletus.
http://volcano.und.nodak.edu/vwdocs/volc_models/explosive.html
Cara tambahan dari bangunan model gunung berapi. Apakah tekanan barometrik berubah dengan bentuk Bulan?
http://www.geocities.com/molerat1964/vol.htm
Situs acuan :
http://www.giseis.alaska.edu/Input/lahr/taurho/volcano/volcano.html
http://volcano.und.nodak.edu/vwdocs/kids/kids.html
http://vulcan.wr.usgs.gov/Vhp/framework.html
PLAT TEKTONIK
Gempa Bumi
Dapatkah kita memperagakan bagaimana gempa bumi bawah laut menghasilkan tsunami?
http://www.shu.ac.uk/schools/sci/sol/cgi/answers/bc03.htm
Membuat sebuah model gambaran lebar dasar laut dan subduksi.
http://greenwood.cr.usgs.gov/pub/open-file-reports/ofr-99-0132/
Membangun model kerja dan memperagakan penyebab gempa Bumi.
http://www.aeic.alaska.edu/Input/akpepp/demos.html
Situs acuan :
http://quake.wr.usgs.gov/research/deformation/modeling/eqmodel.html
http://quake.wr.usgs.gov/
http://greenwood.cr.usgs.gov/pub/open-file-reports/ofr-98-0767/
http://www.geol.binghamton.edu/faculty/barker/demos/demo6.txt
http://www.geol.binghamton.edu/faculty/barker/demos/demo8.txt
Membuat sebuah alat rumah tangga untuk mengukur gempa Bumi dan menjelaskan cara penggunaannya. Jika mungkin, buat sebuah alat cukup sensitif untuk mengukur gerakan atau orang berjalan dekat dengan alat.
http://www.geocities.com/molerat1964/Seis.htm
Situs acuan :
http://www.tinkersguild.com/sample/columns/1979/07/1979-07-body.html
http://psn.quake.net/lehmntxt.html
http://cse.ssl.berkeley.edu/lessons/indiv/davis/hs/Seismograph.html
Geologi
Faktor apakah yang berpengaruh pada stabilitas bukit pasir/kerikir? Menjelaskan bagaimana endapan minyak dibentuk dan membangun sebuah model minyak. Menunjukkan bagaimana batu bara dibentuk dan menjelaskan perbedaan dari jenis batu bara. Peragaan lubang panas manakah yang tahan lama, air atau tanah.
http://www.geo.arizona.edu/K-12/azpepp/education/activity/la.html
Apakah porositas dari sampel jenis pasir dan kerikil berbeda? Bagaimana Anda membuat beton? Bandingkan kemampuan kepadatan dari jenis tanah yang berbeda dan bandingkan perbedaan peraturan gedung
http://www.slb.com/seed/en/lab/porosity/
Situs acuan :
http://www.spacegrant.hawaii.edu/class_acts/Porosity.html
http://www.spacegrant.hawaii.edu/class_acts/Porosity2.html
Menjelaskan jenis batuan apa fosil terdapat dan menunjukkan contoh lokalnya.
http://earthspace.net/try_this/fossil.html
Ilmu Kelautan
Menjelaskan kenapa lautan asin, dari mana garam datang dan berapa lama laut mengambilnya.
http://www.palomar.edu/oceanography/salty_ocean.htm
Situs acuan :
http://wwwga.usgs.gov/edu/saline.html
http://www.gov.ns.ca/natr/publications/salt.htm
http://ocean.ocean.fsu.edu/~nancy/1001/chap4.html
Pembelajaran mengenai penyebab perubahan warna pada lautan dan pengaruh larutan tercemar tidak murni dan/atau mengembang pada air.
http://www.bigelow.org/foodweb/satellite4.html
Erosi tanah Situs yang dianjurkan :
http://www.ric2.com/cgr.jsp?495326
Memperagakan bagaimana angin, hujan dan perubahan temperatur mengauskan gunung. Menguji pengaruh permukaan tanah pada pengaliran hujan.
http://www.bright.net/~double/erode.htm
Situs acuan :
http://www.sasked.gov.sk.ca/docs/elemsci/gr3ubesc.html
http://members.aol.com/ScienzFair/erosion.htm
Memperagakan erosi tanah, menunjukkan beberapa penyebabnya dan menjelaskan bagaaimana mengaturnya.
http://www.maf.govt.nz/MAFnet/schools/kits/soil.htm
Menjelaskan dimana dan bagaimana lubang galian mengembang, dan apakah ada hubungannya dengan jenis tanah.
http://ga.water.usgs.gov/edu/earthgwsinkholes.html
Situs acuan :
http://www.technos-inc.com/central_florida_photos.htm
Menguji petak sawah dan menentukan jika petak sawah ini dapat membantu mencegah erosi tanah.
http://persephone.agcom.purdue.edu/~agcom/Pubs/AE/AE-114.html
Situs acuan :
http://www.botgard.ucla.edu/html/botanytextbooks/economicbotany/Solanum/a1467tx.html
Situs acuan untuk topik
Ilmu Bumi http://members.aol.com/ScienzFair/earthref.htm

Listrik dan Magnet
Listrik statis
Apakah mungkin memperlihatkan muatan elektrostatis dengan elektroskop rumah?
http://www.ee.rochester.edu:8080/~jones/demos/electrophorus.html
Memperagakan bagaimana membuat dan menggunakan elektroskop rumah.
http://www.exploratorium.edu/snacks/electroscope.html
Sebuah Elektroskop rumah sangat sederhana.
http://www.mos.org/sln/toe/simpleelectroscope.html
Acuan Elketroskop :
http://www.snopud.com/education/elecscop.htm
http://wappingersschools.org/RCK/activities/WEBSITE/Ele/demo2.htm
http://www.ee.rochester.edu:8080/~jones/demos/electroscope.html
Penelitian muatan elektrostatik, membuat dan memperagakan detektor muatan. http://www.eskimo.com/~billb/emotor/chargdet.html
Dapatkah kutub dari muatan elektrostatik yang berbeda dapat ditentukan dengan detektor muatan sederhana?
http://www.spartechsoftware.com/reeko/Experiments/ExpAttractingTape.htm
Penelitian muatan elektrostatiik besar, membangun dan memperagakan pengaruh yang dihasilkannya dengan generator Van de Graff.
http://www.eskimo.com/~billb/emotor/vdg.html
Situs acuan :
http://www.howstuffworks.com/vdg.htm
Dapatkah percecokkan sederhana membanngunkan muatan yang cukup untuk membangkitkan kejutan listrik?
http://www.spartechsoftware.com/reeko/Experiments/ExpMakingSparks.htm
Bagaimana daya hantar dari air sulingan dipengaruhi ketika zat penyusun seperti garam, gula, asam cuka atau soda kue ditambahkan?
http://members.aol.com/ScienzFair/elec0001.htm
Bola Lampu
Bola lampu mana yang murah?
http://www.ric2.com/cgr.jsp?495326
Membuat bola lampu dasar, dengan hampa udara jika mungkin, dan tes bahan filamen berbeda untuk menentukan yang terbaik.
http://www.si.edu/lemelson/edison/html/making_a_light_bulb.html
Baterai
Apakah temperatur mempengaruhi tegangan atau arus keluar dari sel baterai? Apakah sel baterai lebih tahan lama jika digunakan terus menerus atau jika dimatikan dan dihidupkan berkala? Apakah sel baterai lebih tahan lama jika digunakan terus menerus
http://www.energy.ca.gov/education/projects/projects-html/battery.html
Memperagakan bagaimana menggunakan buah biasa dan sayuran sebagai baterai.
http://www.energy.ca.gov/education/projects/projects-html/lemon.html
Situs acuan :
http://members.aol.com/dswart/index.html
http://www.miniscience.com/projects/PotatoElectricity/
http://library.thinkquest.org/15873/lab/fun/lemon.shtml
http://www.teachers.net/lessons/posts/118.html
http://members.aol.com/ScienzFair/lemon.htm
http://www.funsci.com/fun3_en/electro/electro.htm
Memperagakan bagaimana membuat dan menggunakan sebuah baterai asam cuka.
http://www.roadshow.org/resources/scientists/witehira/activity.html
Memperagakan bagaimana membuat dan menggunakan baterai potato
http://www.fofweb.com/Onfiles/SEOF/Science_Experiments/5-40.pdf
Situs acuan :
http://www2s.biglobe.ne.jp/~syuLove/potato.htm
http://www.education.eth.net/acads/experiments/ccorner_funtime18.htm
Dibawah kondisi apa badan manusia dapat berpura-pura seperti baterai?
http://www.spartechsoftware.com/reeko/Experiments/ExpHumanBattery.htm
Membuat sel rumah untuk ekperimen.
http://www.education.eth.net/acads/experiments/ccorner_funtime21.htm
Sel Energi Surya
Apakah sudut dari cahaya mempengaruhi jumlah listrik dalam sel energi surya (solar sel)?
http://www.collaboratory.nunet.net/timber/scifair/eigthc/3.htm
Apakah pengaruh dari kosentrasi cahaya pada kleuaran solar sel?
http://www.pleasanton.k12.ca.us/AMADOR/Creek/AP99/mast_sellers/index.html
Membuat sel fotolistrik untuk eksperimen.
http://members.aol.com/ScienzFair/chemcell.htm
Tema Lainnya
Logam mana yang sumber termolistriknya baik?
http://www.thermoelectrics.com/introduction.htm
Situs acuan :
http://chem.ch.huji.ac.il/~eugeniik/history/seebeck.html
Membuat sebuah Jacob Ladder untuk memperagakan penguraian io air.
http://www.repairfaq.org/sam/jacobs.htm
Memperagakan dan menjelaskan bagaimana listrik dapat digunakan untuk menguraikan air dalam komponen hidrogen dan oksigen.
http://www.energy.ca.gov/education/projects/projects-html/split_h2o.html
Situs acuan :
http://www.miniscience.com/projects/WaterElectrolise.htm http://www.education.eth.net/acads/experiments/ccorner_funtime27.htm
Membangun sebuah kristal detektor, menjelaskan pengoperasian, dan menentukan perbedaan faktor yang mempegaruhi pengoperasiannya.
http://members.aol.com/djadamson7/articles/foxhole.html
Apakah penyusun dari blok gelombang radio? Menguji faktor yang menentukan aliran arus dalam susunan rangkaian tahanan seperti seri, paralel dan seri-paralel.
http://www.selah.wednet.edu/MS/SciProj98/6TH/RossS/RadioWaves.html
Dapatkah alat elektronik otomatis menyortir benda dengan warna?
http://members.aol.com/ScienzFair/colrsort.htm
Kemagnetan
Faktor apa yang menetukan kekuatan dari sebuah elektromagnet?
http://www.studentcentral.co.uk/coursework/essays/149.html
Apakah perubahan urutan kabel pada sebuah elektromagnet mempengaruhi kekuatannya?
http://www.selah.wednet.edu/MS/SciProj98/6TH/BriannaB/electromagnets.html
Situs acuan :
http://www.howstuffworks.com/electromagnet.htm
http://www.essaybank.co.uk/free_coursework/1940.html
Dapatkah kita menggunakan kemagnetan memindahkan kereta?
http://www.execpc.com/~rhoadley/magtrain.htm
Disini banyak sifat magnet yang sulit pada model kereta. Bagaimana kekuatan dari medan magnet berubah dengan jarak dari magnet? Dapatkah medan magnet Bumi dideteksi oleh gulungan kabel yang rapat (koil)?
http://www.eskimo.com/~billb/maglev/maglev.html
Jika magnet permanen ditempatkan berlawanan medan magnet Bumi, apakah ada titik luar angkasa dimana medan magnet Bumi dihilangkan?
http://www.askeric.org/Virtual/Lessons/Science/Earth_Science/EAR0022.html
Memperagakan bagaimana elektromagnet digunakan untuk menciptakan barang yang berguna setiap hari.
http://www.geocities.com/molerat1964/mag2.htm
Memperagakan bagaimana kemagnetan dapat digunakann untuk meciptakan motor listrik.
http://www.howstuffworks.com/motor.htm
Situs acuan :
http://buffy.eecs.berkeley.edu/Programs/doublex/motors.html
Membuat generator listrik dan menguji pengaruh faktor keluarannya.
http://www.amasci.com/amateur/coilgen.html
Memperagakan kontruksi dan pengoperasian dari sebuah elektromagnet derek.
http://www.education.eth.net/acads/experiments/ccorner_funtime19.htm
Membuat model generator yang mengunakan angin sebagai sumber tenaganya. Membuat sebuah model kecil yang menunjukkan bagaimana listrik dapat membangkitkan gerakan gelombang.
http://www.re-energy.ca/ridethewind/buildamodel-1.shtml
Situs acuan :
http://www.infinitepower.org/pdf/13-Lesson-Plan.pdf
Dapatkah kompas dibuat dari bahan rumah tangga biasa? Membuat dan menjelaskan pengoperasiann dari model generator listrik air. Memperagakan dan menjelaskan bagaimana listrik dapat dibangkitkan dari sesuatu dari medan magnet dan koil.
http://members.aol.com/ScienzFair/compass.htm
Membuat model rel percepat dan menunjukkan bagaimana alat dapat digunakan untuk gerakan orbit pesawat ruang angkasa atau satelit.
http://www.scitoys.com/scitoys/scitoys/magnets/gauss.html
Penelitian sejarah dan teknik pengoperasian dari sistem telegraf dan membangun sebuah sistem telegraf yang mampun mengirim sinyal antar ruangan.
http://www.yesmag.bc.ca/projects/telegraph.html
Situs acuan :
http://www.chss.montclair.edu/~pererat/perbuild.html
Dapatkah telegraf beroperasi seperti alat tanpa kabel?
http://www.chss.montclair.edu/~pererat/perwirls.htm
Memperagakan dan menjelaskan bagaimana gangguan sebuah rangkaian listrik dapat menyebabkan getaran yang menghasilkan suara.
http://www.geocities.com/molerat1964/mag2.htm
Apakah frekuensi gelombang radio yang khusus atau jaringan transmisi tegangan tinggi merupakan resiko kesehatan?
http://ohioline.osu.edu/cd-fact/0185.html
Untuk lebih mengetahui ide kelistrikan dan kemagnetan lihat halaman Ilmu Fisika.
http://members.aol.com/ScienzFair/physics.htm
Situs acuan untuk topik Kelistrikan dan Kemagnetan
http://members.aol.com/ScienzFair/elecref.htm
Ilmu Rekayasa
Apakah rancangan sebuah jembatan yang baik dari tusuk gigi atau batang es kream?
http://members.aol.com/ScienzFair/bridges.htm
Rancangan jembatan apa yang mempu menahan beban yang berat?
http://www.selah.wednet.edu/SOAR/SciProj2000/MeganC.html
Situs acuan :
http://www.selah.wednet.edu/SOAR/SciProj2000/ErikJ.html
http://www.selah.wednet.edu/SOAR/SciProj2000/NathanB.html
Apakah rancangan yang baik untuk sebuah mainan mobilan dengan kekuatan sebuah balon?
http://www.alaska.faa.gov/flt_std/aved/teachers/Rcar.html
Apakah rancangan yang baik untuk ring pesawat?
http://askeric.org/cgi-bin/printlessons.cgi/Virtual/Lessons/Science/Physics/ PHS0039.html
Kertas pesawat manakah dapat terbang dengan jauh?
http://www.zurqui.com/crinfocus/paper/air-bld1.html
Situs acuan :
http://www.pchelp.net/planes.htm
http://www.paperairplanes.co.uk/planes.html
Apakah rancangan yang baik untuk mainan mobilan dengan kekuatan perangkap tikus? Memperagakan pengaruh bangunan pesawat dari bentuk aerodinamik dan pengujian beberapa rancangan yang berbeda dari mobil berkekuatan CO2.
http://members.aol.com/ScienzDesk/mousetrp.htm
Bagaimana berat dan bentuk mempengaruhi kecepatan benda mati?
http://www.selah.wednet.edu/SOAR/SciProj2000/BlaineH.html
Metode manakah dapat digunakan untuk melindungi sebuah telur mentah yang dijatuhkan dari atap?
http://members.aol.com/ScienzFair/eggdrop.htm
Perekat apa yang paling kuat?
http://www.soton.ac.uk/~plf/ScI-Journal/vol3no2/v3n2a1.html
Penelitian dan peragaan yang bagaimana gabungan dari panas dan mgnet dapat digunakan untuk membuat sebuah motor.
http://scitoys.com/scitoys/scitoys/magnets/magnets.html
Penelitian dan peragaan panel solar yang menghasilkan air panas.
http://www.greenhouse.gov.au/renewable/reis/home/solar_hot_water.html
Situs acuan :
http://www.ncsc.ncsu.edu/fact/04pasdhw.html
Material apa yang membuat alat perekat yang baik?
http://www.selah.wednet.edu/SOAR/SciProj2000/DannyW.html
Apakah ukuran partikel pasir mempengaruhi daya tahan batu?
http://www.selah.wednet.edu/JHS/Brown/CARMELLASciProj.html#top
Penelitian dan peragaan jalan bangunan serta mengaspal aspal yang dicampur kerikil dengan proses simulasi pada pelapisan coklat.
http://www.swe.org/SWE/StudentServices/CareerGuidance/GirlScoutModules/ asphalt.html
Bagaimana saya bisa membuat botol termos?
Situs yang dianjurkan :
http://www.ric2.com/cgr.jsp?495326
Bagaimana saya dapat membuat alat yang menjaga bongkahan es dari pencairan selama 24 jam?
http://members.aol.com/ScienzFair/icecube.htm
Situs acuan :
http://www.madsci.org/posts/archives/feb98/887743866.Ph.r.html
Dapatkah sinar matahari digunakan untuk memasak makanan?
http://solarcooking.org/plans.htm
Bagaimana saya dapat membuat tungku perapian Matahari yang mempunyai temperatur tinggi?
http://www.eskimo.com/~billb/amateur/mirror.html
Efisien rancangan apakah untuk kincir angin?
http://www.selah.wednet.edu/SOAR/SciProj2000/MikeE.html
Situs acuan :
http://www.selah.wednet.edu/SOAR/SciProj2000/AshleighB.html
http://www.selah.wednet.edu/SOAR/SciProj2000/JohnH.html
Bagaimana klorin yang berbeda kosentrasinya mempengaruhi sebuah saringan karbon?
http://www.selah.wednet.edu/SOAR/SciProj99/StevenSciProj.html
Apakah kecepatan film mempengaruhi batas lampu?
http://www.selah.wednet.edu/SOAR/SciProj2000/BethanyG.html
Jenis rintangan apakah yang lebih efektif untuk menghilangkan suara jalan raya?
http://www.selah.wednet.edu/SOAR/SciProj2000/StevenP.html
Rancangan dan membangun sebuah terowongan angin untuk pengujian kecapatan udara.
http://www.sciam.com/1197issue/1197amsci.html
Situs acuan :
http://www.physics.umd.edu/deptinfo/facilities/lecdem/f4-14.htm
Bagaimana sudut dari mata pisau mempengaruhi penerbangan sebuah helikofter?
http://www.lerc.nasa.gov/www/k-12/TRC/Aeronautics/Helicopter.html
Situs acuan :
http://www.lerc.nasa.gov/www/k-12/TRC/Aeronautics/Maple_Seed.html
Rancangan dan membangun sebuah alat sederhana untuk peragaan prinsip pesawat terbang layang.
http://www.spartechsoftware.com/reeko/Experiments/ExpHoverCraft.htm
Situs acuan :
http://freeweb.pdq.net/headstrong/Hover.htm
Model lanjut :
http://www.amasci.com/amateur/hovercft.html
http://207.157.12.149/hovercraft_plans.html
http://www.xinventions.com/main/hovercrafts/first.htm
Material apa yang baik untuk kontruksi sebuah balon udara panas?
http://www.selah.wednet.edu/SOAR/SciProj2000/HeatherK.html
Membandingkan efisiensi relatif dari lampu neon dan lampu pijar.
http://www.nrel.gov/buildings/highperformance/light/moneyres.htm
Apakah pemandangan diluar mempengaruhi pemakaian energi sebuah rumah?
http://www.eren.doe.gov/erec/factsheets/landscape.html
Situs acuan :
http://www.pueblo.gsa.gov/cic_text/housing/energy-savers/landscaping.html
http://www.pioneerthinking.com/landscape.html
http://www.agen.ufl.edu/~fees/pubs/eh144.html
Apakah pengaruh pembendungan pada goncangan penyerap?
http://www.selah.wednet.edu/SOAR/SciProj2000/BristonT.html
Membandingkan kekuatan struktur dari kubah geodesi segi empat panjang yang menutupi wilayah yang sama.
http://www.kyrene.k12.az.us/itech/kmsitech/geodome.htm
Apakah kekuatan kubah berbentuk sel telur diperagakan sebagai menampung berat beban?
http://www.spartechsoftware.com/reeko/Experiments/ExpEggShellArches.htm
Kertas serbet jenis apa yang banyak menyerap?
http://members.aol.com/ScienzFair/ptowel.htm
Kertas serbet jenis apa yang paling kuat?
http://members.aol.com/ScienzFair/strength.htm
Merancang menara yang terbuat dari kertas.
http://www.tcnj.edu/~asper/desicomm.html
Merancang menara yang terbuat dari perekat.
http://www.yesmag.bc.ca/projects/tower.html
Membuat sebuah jam tahan air.
http://www.motthall.org/curriculum/science2000/drip/drip.htm
Apakah balok lapis dirancang lebih kuat?
http://scssi.scetv.org/mims/schools/blhs/science/y99/brian1.htm
Gaya penunjang atap apakah yang paling kuat?
http://www.selah.wednet.edu/SOAR/SciProj2000/AaronJ.html
Bangunaan apa yang dirancang bagus untuk berdiri pada gempa?
http://www.selah.wednet.edu/SOAR/SciProj2000/JordanP.html
Menjelaskan bagaimana kesan dibentuk dalam gambar pada layar TV?
http://www.howstuffworks.com/tv2.htm
Membangun sebuah detektor kristal radio dan menjelaskan pengoperasiannya.
http://freeweb.pdq.net/headstrong/crystal.htm
Memperagakan bagaimana sebuah detektor radio AM dapat dapat dibangun dari material sisa dan menjelaskan fungsi dari beberapa komponen.
http://freeweb.pdq.net/headstrong/foxhole.htm
Membangun kilatan cahaya dari LED (dioda emisi cahaya)
http://www.intelligentchild.com/flashlight/
Situs acuan :
http://www.dma.org/~wagner/led.htm
http://www.jacksonville.net/~rcurry/ericsled.html
http://www.mindspring.com/~jeffpo/ledlite.htm
Penelitian dan peragaan konstruksi serta pengoperasian dari sebuah mikroskop stereoskopik.
http://www.funsci.com/fun3_en/uster/uster.htm
Susunan manakah yang baik digunakan untuk memblok aliran air?
http://www.selah.wednet.edu/SOAR/SciProj2000/AlexK.html
Penelitian teknologi kereta elektromagnetik dan membuat modelnya. Membandingkan kecepatan transmisi dari kabel tembaga dengan kabel fiber optik.
http://www.eskimo.com/~billb/maglev/maglev.html
Dapatkah sensor robot kecil dibuat untuk digunakan pada pengaspalan dan jalan raya yang otomatis mencari dan mengindikasi pengaspalan atau jalan raya ketika rusak dengan ukuran tertentu sehingga dia dapat memperbaiki?
http://www.ai.mit.edu/projects/ants/
Menentukan frekuensi resonansi dari gelas.
http://www.wellesley.edu/Physics/Rberg/glassdemo.html
Situs acuan :
http://olbers.kent.edu/alcomed/Remote/Resonance/resonance.html http://www.physics.brown.edu/Studies/Demo/waves/demo/3d4055.htm
Peragaan komunikasi suara pada sebuah sorotan cahaya.
http://home.earthlink.net/~lenyr/modlitbm.htm
Peragaan transmisi suara dengan beberapa amplitude laser.
http://home.earthlink.net/~lenyr/modlaser.htm
Proyek robot (proyek tingkat lanjut untuk investasi uang dan waktu)
http://www.robotprojects.com/
Situs acuan untuk topik Ilmu rekayasa
http://members.aol.com/ScienzFair/enginref.htm

Ilmu Lingkungan
Polusi air.
Apakah pengaruh deterjen posfat bagi tingkat oksigen dari empang?
http://scssi.scetv.org/mims/schools/blhs/science/alliso1.htm
Apa pengaruh dari polusi bagi kehidupan air?
http://www.selah.wednet.edu/JHS/Brown/MeganPSciProj.html#top
Situs acuan :
http://www.selah.wednet.edu/SOAR/SciProj99/TrevorSciProj.html
http://www.selah.wednet.edu/SOAR/SciProj2000/RobB.html
http://www.selah.wednet.edu/SOAR/SciProj2000/CodyJ.html
Apakah pencemaran air lebih tinggi pada sungai yang ada dikota atau didesa?
http://www.selah.wednet.edu/SOAR/SciProj2000/AlyC.html#top
Apakah zat kimia pembeku memberikan pertumbuhan bagi ganggang?
http://www.pleasanton.k12.ca.us/AMADOR/Creek/AP99/krista/home.html
Situs acuan :
http://members.aol.com/ScienzFair/alggrow.htm
http://splash.metrokc.gov/wlr/basins/cleanlk.htm
http://www.ci.austin.tx.us/neighbor/innfertl.htm
http://members.aol.com/ScienzFair/lakelife.htm
Menguji dan membandingkan perbedaaan metode pemurnian dan penyaringan.
http://www.pacificro.com/Solutio2.htm
Situs acauan :
http://www.princeton.edu/~oa/manual/water.shtml
http://members.aol.com/ScienzFair/watrpure.htm
http://benson.byu.edu/Members/laurak/Lessons/5.1/view
Dapatkah kemagnetan digunakan untuk memindahkan mineral dari air keras?
http://newton.dep.anl.gov/askasci/chem00/chem00579.htm
Penelitian dan peragaan metode memberantas kuman atau pemurnian air menggunakan sinar Matahari sebagai sumbernya.
http://members.aol.com/ScienzFair/solrwatr.htm
Apakah ada hubungan antara air bersih yang tercemar dengan air seni hewan?
http://scssi.scetv.org/mims/schools/blhs/science/molly1.htm
Apakah pengaruh dari tumpahan minyak pada kehidupan laut?
http://octopus.gma.org/surfing/human/savethebay.html
Apakah mungkin memperoleh kembali minyak dari tumpahannya?
http://www.soton.ac.uk/~plf/ScI-Journal/vol3no3/v3n3a3.html
Situs yang dianjurkan :
http://www.ric2.com/cgr.jsp?495326
Situs acuan :
http://www.accessexcellence.org/AE/AEC/AEF/1994/brown_oil.html
http://members.aol.com/ScienzFair/oilspill.htm
http://www.globalideasbank.org/inspir/INS-132.HTML
http://members.aol.com/oilbac.htm
Menguji bagaimana beberapa polutan (kotoran hewan, fosfat, asam) mempengaruhi pertumbuhan bakteri dan/atau ganggang dalam air.
http://www.pleasanton.k12.ca.us/AMADOR/Creek/AP99/Heather_Andrea/home.html
Membandingkan kapasitas penyangga dari sumber air biasa dengan alat ukur tingkat pencemaran dari air.
http://scssi.scetv.org/mims/schools/blhs/science/y98/joshm1.htm
Ambil contoh air dari beberapa lokasi yang berbeda dari lahan anda dan uji pH sampel tersebut dan kemandulan/pencemaran dari pembuangan kotoran.
http://members.aol.com/watercon.htm
Situs acuan :
http://www.selah.wednet.edu/SOAR/SciProj99/RachaelSciProj.html
Bagaimana efektifnya selada sebagai bioassay menengah untuk menentukan racun dari air yang tercemar?
http://ei.cornell.edu/toxicology/bioassays/lettuce/RefTest.asp
Situs acuan :
http://ei.cornell.edu/toxicology/bioassays/lettuce/
Apakah pengaruh air keruh pada larutan oksigen?
http://www.selah.wednet.edu/SOAR/SciProj2000/CristalG.html
Apakah pengaruh organisme yang menurunkan kadar kotoran pada oksigen?
http://members.aol.com/biowaste.htm
Polusi Udara
Apakah polusi udara lokal bertambah buruk atau bertambah baik? Menguji dan membandingkan perbedaan metode dari pemurnian dan penyaringan udara.
http://lsvl.la.asu.edu/askabiologist/pages/experiment1.html
Dari manakah wilayah kita mendapat banyak partikel polusi udara?
http://members.aol.com/ScienzFair/airpart.htm
Membandingkan jenis dan kualitas partikel udara didekat sisi anda yang berbeda.
http://www.hhmi.org/coolscience/airjunk/index.html
Apakah karbon dioksida memberikan panas pada lingkungan tertutup?
http://www.woodrow.org/teachers/esi/1998/p/humansources/Activity.htm
Apakah aerosol ada diudara dan apakah kualitas udara mempengaruhi asma? Apakah metana memberikan panas pada lingkungan tertutup? Menentukan jika tumbuhan membuat adaptasi untuk mengimbangi polusi udara.
http://members.aol.com/ScienzFair/aerosols.htm
Penelitian dan eksperimen dengan tumbuhan berbeda untuk melihat jika satu diantaranya dapat digunakan sebagai indikator polusi udara.
http://www.mpm.edu/collect/botany/lichens.html
Polusi Tanah/Pengaturannya
Apakah pengaruh pada kehidupan tumbuhan ketika deterjen ditambahkan pada tanah? Menguji dan membandingkan kemampuan menurunkan bakteri dari bubuk sabun yang berbeda.
http://www.miniscience.com/projects/plantdetergent/index.html
Berapa lama obat pembunuh rumput mencemarkan tanah? Bagaimana turun hujan mempengaruhi erosi tanah?Peragakan
http://www.cals.cornell.edu/dept/flori/weedfacts/wdfct3.html
Membandingkan pengaruh dari poliakrilamit dan poliakrilik pada erosi tanah.
http://scssi.scetv.org/mims/schools/blhs/science/megan1.htm
Metode apa yang bekerja baik mengatur erosi tanah?
http://members.aol.com/ScienzFair/conserve.htm
Polusi Lingkungan
Apakah kertas daur ulang lebih rapat ketika dipendam? Apakah baju daur ulang lebih rapat ketika dipendam? Dapatkah sampah makanan dan kotoran menjadi kompos? Apakah jenis zat anti beku memelihara lingkungan?
http://www.selah.wednet.edu/SOAR/SciProj2000/EmilyP.html
Apakah pengaruh tumpahan minyak pada tumbuhan hidup? Apakah peranan dari panas dan mikroba pada susunannya?
http://lsvl.la.asu.edu/askabiologist/pages/experiment2.html Situs acuan : http://www.cfe.cornell.edu/compost/science.html
Apakah tingkatan nilai pelajar menunjang pengetahuannya tentang polusi?
http://youth.net/nsrc/social/soc022.html#anchor568992
Memperagakan bagaimana kertas dapat didaur ulang.
http://members.aol.com/ScienzFair/recycle.htm
Situs acauan :
http://www.cs.uiowa.edu/~jones/prairiepaper.html
http://www.intersurf.com/~redstic/Paper/Hand.htm
http://www.pioneerthinking.com/makingpaper.html
Pemanasan Global/Polusi
Apakah pengaruh karbon dioksida pada pemanasan global?
http://www.wested.org/werc/earthsystems/atm/globalwarming.html
Situs acuan :
http://members.aol.com/ScienzFair/grnhse.htm
Membandingkan tingkat CO2 dari sumber gas yang berbeda untuk menentukan pengaruh pada pemanasan global.
http://www.fi.edu/tfi/activity/earth/earth-4.html
Memperagakan efek rumah kaca dengan mengukur temperatur dari tangkapan sinar (kotak dilindungi dengan gelas atau plastik) Dari mana metana berasal dan bagaimana metana mempengaruhi pemanasan global?
http://www.fi.edu/tfi/activity/earth/earth-5.html
Situs acuan :
http://www.reachoutmichigan.org/funexperiments/agesubject/lessons/greenhouse.html
Apakah pelajar yang lebih tua mengetahui tentang penebangan hutan dari pada pelajar yang muda?
http://youth.net/nsrc/social/soc021.html#anchor542321
Apakah penyebab dari hujan asam?Dapatkah kita membuat hujan asam buatan di lab?
http://www.reachoutmichigan.org/funexperiments/agesubject/lessons/newton/ acdrain.html
Situan acuan :
http://royal.okanagan.bc.ca/mpidwirn/atmosphereandclimate/acidprecip.html
http://btdqs.usgs.gov/precip/arfs.htm
Apakah pengaruh dari hujan asam pada tumbuhan hidup?
http://www.hartwick.edu/envirsci/Issues/acidrain/Acidrain.html
Situs acuan :
http://www.madison.k12.wi.us/stugeon/acfacts.htm
http://www.ncf.carleton.ca/ip/social.services/eco/info/primer/rain/plant
http://www.epa.gov/airmarkets/acidrain/experiments/exp7.html
http://www.shu.ac.uk/pri/scripts/resources/uploaded/ideas/air_poll6.htm
Penelitian metode menentukan keadaan setelah iklim dan memperagakannya.
http://whyfiles.news.wisc.edu/021climate/index.html
Tema Lingkungan Lainnya
Apakah tempat pembakaran sampah sebagai alternatif penganti ladang?
http://scssi.scetv.org/mims/schools/blhs/science/charlo1.htm
Apakah pH hujan berbeda dari satu tempat ke tempat lain?
http://www.miamisci.org/ph/lpexpand2.html
Situs acuan untuk topik Ilmu Lingkungan
http://members.aol.com/ScienzFair/earthref.htm

Ilmu Fisika
Kekuatan
Rancangan apa yang baik untuk mobil mainan bertenaga sebuah balon?
http://www.alaska.faa.gov/flt_std/aved/teachers/Rcar.html
Rancangan apa yang baik untuk mobil mainan bertenaga perangkap tikus?
http://members.aol.com/ScienzDesk/mousetrp.htm
Apakah massa dari anak panah mempengaruhi kekuatannya?
http://www.selah.wednet.edu/SOAR/SciProj2000/JordenD.html
Penyelesaian maslah dengan massa : Menentukan perubahan pada koin.
http://members.aol.com/ScienzFair/coinmass.htm
Faktor apakah yang mempengaruhi kecepatan parasut jatuh ke tanah?
http://www.schoolresult.com/experiments/science_experiments21.htm
Membandingkan potensial energi dari massa berbeda ketika diangkat.
http://askeric.org/cgi-bin/printlessons.cgi/Virtual/Lessons/Science/Physics/PHS0036.html
Dapatkah kita mencontoh eksperimen Galileo tentang bidang datar dengan gravitasi?
http://es.rice.edu/ES/humsoc/Galileo/Student_Work/Experiment95/inclined_plane.html
Situs acuan :
http://www.uky.edu/~holler/msc/discover/galileo/galileox.html
Lapisan jalur apakah yang mempunyai tahanan yang kecil untuk sebuah mainan mobil-mobilan, amplas, kertas timah atau aluminium foil?
http://youth.net/nsrc/sci/sci025.html#anchor1311452
Apakah ada keuntungan seorang mekanik meningkatkan jalur benda?
http://www.cedu.niu.edu/scied/student/homepages/01_fall/section_02/hines/guideddiscovery.html
Situs acuan :
http://www.avonmaitland.on.ca/NorthEasthopePS/OurSchool/science8.htm
Apa yang terjadi pada kekuatan lift ketika penambahan tarikan ditambahkan pada katrol?
http://www.howstuffworks.com/pulley.htm
Gunakan sebuah model elevator untuk memperagakan nilai dari sistem tarikan.
http://www.schoolresult.com/experiments/science_experiments13.htm
Memperagakan apakah bulu ayam jatuh dengan kecepatan yang sama?
http://www.exploratorium.edu/snacks/falling_feather.html
Memperagakan apakah atau tidak mungkinkah mengukur kekuatan gravitasi antara dua massa menggunakan keseimbangan puntiran.
http://www.fourmilab.ch/gravitation/foobar/
Dapatkah percobaan ini ditunjukkan bahwa gravitasi dipuncak gunung lebih kecil daripada dilautan?
http://newton.dep.anl.gov/askasci/phy00/phy00348.htm
Situs acuan :
http://www.edu.pe.ca/southernkings/zerogravity.htm
http://www.physlink.com/Education/AskExperts/ae111.cfm
Membandingkan bahan rumah tangga yang berbeda sebagai gemuk dalam kemampuannya mengurangi gesekan logam.
http://youth.net/nsrc/sci/sci045.html#anchor784008
Memperagakan bagaimana mesin sederhana berkerja pada konstruksinya dengan menggunakan mesin Goldberg kuno.
http://www.rube-goldberg.com/
Situs acuan :
http://ofcn.org/cyber.serv/academy/ace/sci/cecsci/cecsci009.html
http://www.y3k.com/rube.html
Membandingkan dan memperagakan nilai dasar mesin seperti sudut, ban, tarikan dan sekrup. Apakah hisapan mangkok sama untuk semua permukaan?Kenapa?
http://www.swe.org/SWE/StudentServices/CareerGuidance/GirlScoutModules/machines.html
Apakah goresan pada bola basebal mempengaruhi kecepatan ketika bola basebal dilemparkan?
http://sportsfigures.espn.com/sportsfigures/lp_golfIsADrag.jsp?iAm=null
Situs acuan :
http://www.thirteen.org/edonline/nttidb/lessons/as/cballas.html
Apakah pengaruh berat pemukul pada seberapa jauh bola ketika dipukul?
http://infosports.net/baseball/arch/2521.htm
Membandingkan pemukul almunium dengan pemukul dari kayu dan menjelaskan keuntungan dari tiap pemukul.
http://amos.indiana.edu/library/scripts/baseballbats.html
Situs acuan :
http://newton.dep.anl.gov/askasci/phy00/phy00259.htm http://www.sciencedaily.com/releases/2002/11/021120065531.htm
http://www.webball.com/scout/hitting.html
Faktor apakah yang mempengaruhi keuletan dari bola yang dilemparkan?
http://members.aol.com/ScienzFair/bounce.htm
Material apakah yang lebih efektif untuk memproteksi telur dari tubrukan.
http://members.aol.com/ScienzFair/eggdrops.htm
Situs acuan :
http://members.aol.com/ScienzFair/eggdrop.htm
Pesawat kertas manakah yang terbang paling jauh?
http://www.zurqui.com/crinfocus/paper/air-bld1.html
Situs acuan :
http://www.pchelp.net/planes.htm
http://www.paperairplanes.co.uk/planes.html
Bagaimana bentuk mempengaruhi daya angkat pesawat dari sayap pesawat?
http://www.howstuffworks.com/airplane.htm
Membandingkan kekuatan dari kertas lap, basah dan kering.
http://members.aol.com/ScienzFair/strength.htm
Apakah telur ini lebih kuat dari lainnya?
http://members.aol.com/ScienzFair/eggs.htm
Situs acuan :
http://www.agweb.okstate.edu/fourh/aitc/lessons/book56/shapeoft.pdf
http://www.spartechsoftware.com/reeko/Experiments/ExpEggShellArches.htm
http://resources.yesican.yorku.ca/lpdd/g02/demos/eggs1.htm
Apakah potongan kayu merubah kekuatan dari tiap kayu? Bandingkan kekuatan melekat dari bermacam-macam jenis perekat. Apakah pengaruh kelembaban pada bermacam-macam perekat?
http://scssi.scetv.org/mims/schools/blhs/science/y99/marion1.htm
Bandingkan daya lengket dari beberapa jenis pita?
http://scssi.scetv.org/mims/schools/blhs/science/amos1.htm
Rancangan perekat manakah yang paling kuat? Bahan rumah manakah yang bagus sebagai minyak pelumas?
http://scssi.scetv.org/mims/schools/blhs/science/y99/brian1.htm
Barang komersil manakah yang bagus sebagai minyak pelumas? Bagaimanakah tali mempengaruhi terbang layang-layang?
Situs yang dianjurkan :
http://www.ric2.com/cgr.jsp?495326
Sudut mata pisau manakah yang lebih efisien untuk kincir angin?
http://www.selah.wednet.edu/SOAR/SciProj99/MikeESciProj.html
Penelitian dan peragaan prinsip Bernoulli.
http://www.exploratorium.edu/snacks/balancing_ball.html
Bentuk/Rancangan apakah yang baik untuk boomerang?
Apakah ukuran dan bentuk frisbee baik lemparan jauh?
http://www.tyler.net/psteigman/
Jenis senar apakah yang paling kuat?
http://youth.net/nsrc/sci/sci039.html#anchor1017228

Temperatur
Apakah pengaruh temperatur pada volume air dan tekanan? Faktor apakah yang mempengaruhi temperatur dari lidah api? Apakah pengaruh panas pada lem perekat yang berbeda?
http://www.selah.wednet.edu/SOAR/SciProj2000/BreeS.html
Situs acuan :
http://members.aol.com/ScienzFair/tempres.htm
http://canada.trucktires.com/library/publications/periodicals/RealAnswers/02v7iss1/ra8.htm
Membandingkan jenis kayu yang berbeda untuk meliahat yang mana lebih cepat terbakar. Membandingkan bahan bakar seperti kayu, batu bara, gas dan minyak. Yang mana paling panas? Jenis kayu bakar apakah yang membuktikan paling panas?
http://k12s.phast.umass.edu/~jkenney/abs6.html#wood
Konstruksi dan penjelasan pengoperasian dari pemasak matahari.
http://www.fsec.ucf.edu/Solar/PROJECTS/SolarCooker/cooker.htm
Situs acuan :
http://solarcooking.org/plans.htm
Konstruksi dan penjelasan pengoperasian dari tungku matahari.
http://www.eskimo.com/~billb/amateur/mirror.html
Membandingkan material yang berbeda (pasir, batu, air, kayu, kertas, dll) dalam kemampuannya menahan panas setelah dipindahlan dari sumber panas.
http://members.aol.com/ScienzFair/solrstor.htm
Apakah warna dari benda menentukan panas yang diserap dari matahari?
http://askeric.org/cgi-bin/printlessons.cgi/Virtual/Lessons/Science/Space_Sciences/SPA0020.html
Situs acuan :
http://scssi.scetv.org/mims/schools/blhs/science/y98/leona1.htm
Apakah temperatur mempengaruhi kekuatan dari pembalut karet?
http://scifun.chem.wisc.edu/HOMEEXPTS/rubberband.html
Material apakah yang paling baik penyekatannya?
Faktor apakah yang mempengaruhi penyekatan?
http://www.howstuffworks.com/thermos.htm
Apakah warna dari rambut manusia mempengaruhi kemampuan untuk menyekat?
http://scssi.scetv.org/mims/schools/blhs/science/y99/jenni1.htm
Gelas manakah yang pertama kali panas, dibungkus kertas hitam atau dibungkus aluminium foil?Gelas manakah yang menahan es lebih lama?
http://www.schoolresult.com/experiments/science_experiments24.htm
Logam apakah yang paling baik menghantarkan panas?
http://www.mcps.k12.md.us/curriculum/science/partners/hhmi/sip/sipforms/mrchips.pdf
Situs acuan :
http://www.ap.stmarys.ca/demos/Thermo/conductometer/conductometer.html
http://hypertextbook.com/physics/thermal/conduction/
Air panas atau dingin?
Apakah panas mempengaruhi perekaman kaset? Faktor apakah yang menentukan berapa lama sebuah lilin terbakar?
http://members.aol.com/ScienzFair/hotwatr.htm
Situs acuan :
http://www.wiskit.com/marilyn/freezing.html
Membandingkan bahan rumah tangga yang mudah terbakar. Material manakah yang menahan panas? Membandingkan bahan atap yang mudah terbakar. Membuat kondisioner udara dan menjelaskan bagaimana cara kerjanya. Bagaimana anti beku bekerja mengatur pendinginan/penguapan dalam cairan? Apakah warna mempengaruhi bagaimana material padat akan kehilangan panas? Apakah temperatur mempengaruhi berapa banyak gula dan garam dapat terlarut dalam air?
http://youth.net/nsrc/sci/sci045.html#anchor783508
Situs acuan :
http://www.csiro.au/crest/crestpro/cpb007.htm
Apakah pergerakan udara memberikan penguapan? Bagaimana permukaan mempengaruhi penguapan rata-rata dari cairan? Apakah pengaruh temperatur pada penguapan air? Apakah temperatur mempengaruhi transmisi data dalam kabel fiber optik?
http://scssi.scetv.org/mims/schools/blhs/science/mandy1.htm
Apakah temperatur mempengaruhi keakurasian senjata api?
http://scssi.scetv.org/mims/schools/blhs/science/y99/treyb3.htm

Osilasi B
Faktor apakah yang mempengaruhi periode dari pendullum?
http://www.sedl.org/scimath/compass/v02n01/pendulum.html
Situs acuan :
http://www.howstuffworks.com/clock2.htm
http://www.exploratorium.edu/snacks/resonant_pendulum.html
http://www.si.edu/resource/faq/nmah/pendulum.htm

Bunyi

Faktor apakah yang mempengaruhi kebisingan atau volume dari bunyi?
http://members.aol.com/ScienzFair/soundvol.htm
Kenapa suara saya berbeda pada kaset rekaman?
http://www.straightdope.com/mailbag/mrecordvoice.html
Situs acuan :
http://www.questacon.edu.au/html/echo_in_my_head.html
http://www.teacherdevelopment.net/Books/samplepages/language-teacher's-voice-sample.pdf
Apakah efek doppler itu dan faktor apa yang mempengaruhi?
http://www.fearofphysics.com/Sound/doppler.html
Metode apa yang dapat digunakan untuk mengukur kecepataan suara?Mana yang lebih akurat?
http://members.bellatlantic.net/~vze2n9fe/sound/sound.htm
Situs acuan :
http://www.geocities.com/Athens/Delphi/1993/labs/phys/sound5.htm
http://arts.ucsc.edu/EMS/Music/tech_background/TE-01/soundSpeed.html
http://members.aol.com/ScienzFair/soundspd.htm
http://www.lessonplanspage.com/ScienceSpeedSound8.htm
Apakah kecepatan suara merambat berbeda melalui material? Menentukan frekuensi resonansi alami dari perlengkapan kaca. dapatkah gelas anggur pecah hanya dengan bunyi? Berapah panjang bunyi dapat ditransmisikan melalui pipa?
http://csgrad.cs.vt.edu/~chin/speed.html
Situs acuan :
http://www.school-for-champions.com/science/sound.htm
Faktor apakah yang mempengaruhi bunyi akustik?
http://www.uhfmag.com/Issue63/soundproofing.html
Sonoluminescen : Mengubah bunyi menjadi cahaya.
http://members.aol.com/cpeter2001/science2/


Cahaya dan Optik
Menjelaskan spektrum cahaya tampak dan menjelaskan bagaimana pencampuran sinar. Bagaimana mata menafsirkan pencampuran warna-warna pokok?
http://home.earthlink.net/~schepps/potteryAteach/teaching/whitelight.html
Situs acuan :
http://sln.fi.edu/tfi/activity/physics/op-3.html
http://home.att.net/~B-P.TRUSCIO/COLOR.htm
http://members.aol.com/ScienzFair/prism.htm
Bagaimana pelangi dibentuk?
http://www.geom.umn.edu/education/calc-init/rainbow/
Kenapa langit biru meski ada beberapa warna lain?
http://www.exploratorium.edu/snacks/glue_stick/index.html
Situs acuan :
http://www.sciencemadesimple.com/sky_blue.html
http://cimss.ssec.wisc.edu/wxwise/bluesky.html
http://www.why-is-the-sky-blue.org/why-is-the-sky-blue.html
Bagaimana jarak mempengaruhi kecemerlangan dari sinar?
http://www.world.std.com/~mmcirvin/bluesky.html
Memperagakan pengaruh lensa yang berbeda pada sinar cahaya.
http://www.funsci.com/fun3_en/lens/lens.htm
Dapatkah anda mengambarkan sesuatu melalui lubang tanpa menggunakan film?
http://www.exploratorium.edu/sln/light_walk/pinhole_todo.html
Konstruksi, peragaan dan menjelaskan optik dan pengoperasian satu atau lebih jenis kamera.
http://home.houston.rr.com/molerat/pin.htm
Situs acuan :
http://www.exploratorium.edu/sln/light_walk/camera_todo.html
http://www.kodak.com/global/en/consumer/education/lessonPlans/pinholeCamera/pinholeCanBox.shtml
Konstruksi dan peragaan pengaruh serta pengoperasian satu atau lebih mikroskop rumah.(Lihat juga kategori mikrobiologi). Faktor apakah yang mempengaruhi pemantulan sinar? Refraksi ?
http://freeweb.pdq.net/headstrong/micro.htm
Konstruksi dan peragaan sebuah alat yang menunjukkan efek stroboskopik.
http://www.education.eth.net/acads/experiments/ccorner_funtime20.htm
Konstruksi periskop dan menggunakannya untuk menjelaskan pemantulan cahaya. Dapatkah kerapatan dari cairan ditentukan dengan menggunakan refraksi cahaya? Apakah kecepatan potret memenuhi Anda pada gambar foto?
http://www.education.eth.net/experiments/framepages/ccorner_funtime14.htm
Situs acuan :
http://www.xited.co.uk/dandt/periscope/
http://rustam.uwp.edu/GWWM/periscope.html
http://www.dkonline.com/science/private/class/periscope.html
Apakah lensa lebih efektif menyerap sinar ultraviolet?
http://www.selah.wednet.edu/SOAR/SciProj2000/BryanG.html
Penelitian dan penjelasan hasil gambar 3D dari foto 2D.
http://www.funsci.com/fun3_en/stscp/stscp.htm
Penelitian dan penjelasan proses dari hasil energi cahaya oleh triboluminensen. Apakah cahaya merambat pada material dengan kecepatan berbeda? Bagaimana kita dapat mengukur refraksi cahaya yang melalui zat yang berbeda?
http://www.madsci.org/experiments/archive/860029125.Ch.html
Bagaimana kemagnetan gelas bekerja?Bagaimana menentukan kemagnetan?
http://www.beakman.com/magnify/magnify.html
Penelitian dan penjelasan mengunakan kabel fiber optik untuk transmisi data.
http://www.vgav.com.au/fiberguide.htm
Situs acuan : http://lrs.ed.uiuc.edu/nethandbooks/glossary/fiber-optics.html
http://users.erols.com/kmorneau/transmission/data.htm
http://www.lascomm.com/tutorial.htm
Apakah tekukan dalam kabel fiber optik menghilangkan data transmisi audio? Warna apa yang menunjukkan baik dalam kegelapan?
http://scssi.scetv.org/mims/schools/blhs/science/y98/ericr1.htm
Warna apa yang menunjukkan baik dalam kabut tebal? Gelas apakah yang baik untuk menghilangkan cahaya yang menyilaukan?
http://www.collaboratory.nunet.net/timber/scifair/fifth/2.htm
Apakah layar benar-benar menghilangkan jumlah radiasi ultraviolet?
http://youth.net/nsrc/sci/sci045.html#anchor781569
situs acuan :
http://www.howstuffworks.com/sunscreen.htm
http://matrix.mvhs.fuhsd.org/~i-heng/Biowebsite/journals/vol4/2/a2.html
Apakah infrared itu dan bagaimana kita dapat mendeteksinya?
http://www.ipac.caltech.edu/Outreach/Edu/Herschel/backyard.html
Situs acuan :
http://ericir.syr.edu/Projects/Newton/11/infrared.html

Hidrolik
Bagaimana tower air menekan air melalui sebuah desa?
http://www.howstuffworks.com/water.htm
Bagaimana kita dapat mengukur kekuatan dari air yang ditekan ke bawah Bumi?
http://www.eecs.umich.edu/mathscience/funexperiments/agesubject/lessons/newton/AirPrss.html
Dapatkah tekanan udara digunakan untuk memasukkan telur kedalam botol?
http://www.urbanext.uiuc.edu/eggs/lessonplan09.html
Situs acuan :
http://freeweb.pdq.net/headstrong/egg.htm
http://www.publish.csiro.au/cyberscience/helix/TH44/TH44B3.htm
http://www.fi.edu/qanda/amy5/amy5.html
Apakah tekanan udara yang cukup besar untuk menahan kertas tipis pada meja?
http://houck.salkeiz.k12.or.us/houck.website/student.pages/Science.Web.Pages/experiments/brad.briles.science/newspaper.html
Menggunakan penyelam Cartesian untuk memperagakan bagaimana mengubah dalam tekanan yang mempengaruhi kerapatan serta bagaimana kerapatan mempengaruhi pengapungan.
http://freeweb.pdq.net/headstrong/cart.htm
http://www.exploratorium.edu/snacks/descartes_diver.html
http://www.exploratorium.edu/snacks/condiment_diver/
http://www.ed.uiuc.edu/courses/CI241-science-Sp95/resources/philoToy/philoToy.html
Apakah pengaruh tekanan pada titik didih air?
http://www.pump.net/liquiddata/boilingpointwater.htm
Apakah tekanan atmosfer cukup untuk meremukkan kaleng logam?
http://freeweb.pdq.net/headstrong/Can.htm
Situs acuan :
http://houck.salkeiz.k12.or.us/houck.website/student.pages/Science.Web.Pages/experiments/dale.petersdorf.science/boom.html
Apakah tekanan atmosfer cukup untuk meremukkan botol plastik? Apakah pengaruh aliran udara pada penguapan air?
http://houck.salkeiz.k12.or.us/houck.website/student.pages/Science.Web.Pages/experiments/jason.hatfield.science/sci.bottle.html
Berat berapakah sekelompok balon dapat terbang?
http://ofcn.org/cyber.serv/academy/ace/sci/cecsci/cecsci097.html
Apakah hubungan antara viscositas cairan dan bentuk benda yang dijatuhkan?
http://scssi.scetv.org/mims/schools/blhs/science/stepha1.htm
Bagaimana kita dapat menggunakan waktu untuk air jatuh daripada jam listrik?
http://www.mhs.csd6.k12.ny.us/curriculum/science2000/drip/drip.htm
Sink logam dan kapal yang lebar dibuat dari logam. Penelitian dan peragaan bagaiamana dan kenapa benda logam dapat mengapung?
http://www.beakman.com/float/float.html
Faktor apakah yang mempengaruhi ketupan kaleng soda?
http://www.swe.org/SWE/StudentServices/CareerGuidance/GirlScoutModules/bouyanc.htm

Atom
Penelitian sinar kosmik dan partikel radioaktif lain dan konstruksi serta peragaan menggunakan ruang berawandengan mendeteksi persentasenya.
http://freeweb.pdq.net/headstrong/cloud.htm
Situs acuan :
http://www.sciam.com/2001/0101issue/0101amsci.html
Penelitian dan peragaan menggunakan teleskop sinar kosmik.
http://www.sciam.com/2001/0201issue/0201amsci.html
Material apakah yang baik untuk melindungi sinar X?
http://www.selah.wednet.edu/SOAR/SciProj2000/TrevorG.html
Dapatkah mesin sinar X tidak mahal menunjukkan struktur bagian dalam?(Peringatan-hanya untuk pelajar tingkat tinggi dibawah dewasa) Apakah partikel-partikel elektron atau gelombang itu?
http://www.noah.org/science/x-ray/index.html
Apakah pembakaran batubara memberikan ancaman pada tumbuhan dari emisi radon yang dihasilkan?
http://134.121.112.29/fair_95/gym/hs013.html
Situs acuan untuk Ilmu Fisika
http://members.aol.com/ScienzFair/physref.htm
Asisten Deputi Urusan Program Riptek Unggulan dan Strategis
Deputi Bidang Program Riptek - Kementerian Riset dan Teknologi
Gedung II BPPT, lt. 6, Jl. MH Thamrin no.8 Jakarta 10340
T : [+62.21] 316.9172, 316.9180 F : [+62.21] 310.2368, 310.1728
email : rur@ristek.go.id

Tidak ada komentar: