Selasa, 22 Februari 2011

Trik Mudah membuat Read more

Lagi-lagi soal membuat fasilitas Read more.. atau Selengkapnya.. pada template baru (XML), topik ini rupanya yang paling banyak di baca dan di minati oleh para blogger baru. Hal ini terlihat dari banyaknya komentar yang masuk pada artikel tersebut, ada yang girang karena sudah merasa berhasil dan ada juga yang sedikit kecewa karena masih menemui kegagalan.
Dengan masih adanya kegagalan-kegagalan tersebut, maka dapat di tarik kesimpulan bahwa metode yang saya sampaikan ternyata masih kurang untuk di pahami. Dari itu tentu harus di pikirkan cara yang tepat dalam penyampaian suatu panduan. Beberapa waktu yang lalu ada sebuah komentar yang masuk pada salah satu artikel saya (artikel yang mana saya lupa dan sedikit malas untuk membuka dokumen komentar) bahwa metoda penyampaian tersebut sangatlah mudah untuk di pahami, maka pada kesempatan kali ini saya akan mencoba metoda tersebut pada artikel membuat fungsi Read more.. atau Selengkapnya...
Saran saya, ketika anda melakukan Editting pada kode template, sebaiknya jangan memakai browser Internet Explorer terutama Internet Explorer 6, pakailah browser lain semisal FireFox ataupun Opera. Bagi yang belum mempunyai browser FireFox bisa mendownloadnya secara gratis di sini! dan untuk Opera bisa mendownloadnya di sini!, Kenapa jangan memakai Internet Explorer? ini merupakan pengalaman pribadi saya ketika melakukan editting sering menemukan pesan error ketika memakai IE, dan apabila memakai browser lain pesan Error tersebut tidak muncul (proses edtting sukses), dan saya pernah membaca di blogger forum banyak yang melaporkan isu ini dan pihak blogger sendiri menyarankan untuk sementara memakai browser lain selain IE (maaf lupa catat alamat link nya).
Bagi yang belum sukses membuat fungsi read more..., coba ikuti langkah berikut ini :
Langkah #1
• Sign in di blogger dengan id anda.

• Klik Pengaturan

• Klik Format

• Pada layar paling bawah, ada text area kosong disamping tulisan Template Posting, isi tesxt area kosong tersebut dengan kode di bawah ini :





• Klik tombol Simpan Pengaturan

Pemasangan kode ini di maksudkan agar pada saat posting artikel, kode tersebut langsung muncul tanpa harus menuliskan terlebih dahulu, jadi membantu kita agar tidak harus selalu mengingat kode tersebut.

Langkah #2
• Klik menu Dasboard

• Klik Tata Letak

• Klik tab Edit HTML

• Klik tulisan Download Template Lengkap.

• Silahkan save dulu template tersebut, ini di maksudkan untuk mengurangi resiko apabila terjadi kesalahan ketika melakukan editting pada template, kita masih punya back up data untuk mengembalikannya seperti semula

• Beri tanda centang pada kotak di samping tulisan Expand Template Widget , lihat gambar di bawah :




• Tunggu beberapa saat ketika proses sedang berlangsung

• Silahkan anda cari kode berikut pada kode template milik anda :



atau kode di bawah ini (sama saja) ;


• Hapus kode diatas, lalu ganti dengan kode di bawah ini (klik pada tombol untuk menandai):



• Klik tombol Simpan Template
• Selesai.

Cara Posting Artikel
• Klik menu Posting

• Klik menu Edit HTML, maka secara otomatis tampak kode yang telah kita setting tadi, yakni :





• Tuliskan artikel yang ingin tampak pada blog sebelum kode :





• Tulis keseluruhan sisa artikel sesudah kode di atas tadi dan sebelum kode :





• Klik tombol bertuliskan MEMPUBLIKASIKAN POSTING

• Klik tulisan Lihat Blog(di jendela baru) untuk melihat hasil dari postingan kita, kemudian lihat apakah hasilnya sukses atau tidak. Jika tidak, mungkin ada bagian yang terlewatkan. Coba lihat kembali langkah diatas

Mudah-mudahan dengan adanya postingan ini tidak ada lagi yang mengalami kegagalan dalam membuat menu Read more...
Bagi anda yang mengikuti tutorial ini dan mengalami kegagalan, jangan panik ketika blog anda menjadi amburadul (katanya begitu dalam komentar), upload kembali backup templatenya dan nanti akan kembali ke keadaan semula sebelum di edit.
Selamat mencoba !
Kamis, September 10, 2009
Blogger sudah support fungsi Readmore
Untuk melengkapi hadiah perayaan hari ulang tahunnya yang ke 10, kini blogger menambahkan satu tombol yang sangat di tunggu-tunggu oleh ribuan blogger didunia yaitu tombol "Jump Breaks" atau tombol "More" atau tombol "Read more" yang mempunyai fungsi untuk memotong tulisan di halaman depan (home page) atau lebih populer dengan sebutan "fungsi read more".

Ini artinya, untuk memotong artikel agar tidak terlalu panjang tampil di halaman depan, anda hanya tinggal klik tombol " Read more" saja dan anda tidak harus repot lagi mengetikkan kode read more hasil hack atau apapun.
Namun, sepertinya tombol ini hanya muncul pada post editor baru dan dalam posisi mode "Compose" dan tidak muncul pada mode "Edit HTML". Walaupun seperti itu, anda masih tetap bisa menggunakan fungsi "read more" pada post editor lama serta dalam posisi mode "Edit HTML" yaitu dengan mengetikkan secara manual kode




Untuk anda yang memakai template asli yang disediakan blogger akan langsung bisa menikmati fasilitas ini dan hasilnya akan muncul tulisan " Read more » " seperti ini :


Bagi anda yang memakai template bukan yang disediakan oleh blogger atau template hasil download dari situs lain, fungsi " Read more " akan tetap berfungsi secara baik atau dengan kata lain artikel anda akan tetap terpotong namun tulisan " Read more » " tidak akan muncul. Untuk hal ini anda harus menambahkan kode tambahan pada template anda. Berikut langkah-langkahnya :

1. Silahkan login ke blogger dengan ID anda.
2. Klik Tata Letak.
3. Klik tab Edit HTML.
4. Beri tanda centang pada kotak kecil di sampil tulisan " Expand Template Widget "

5. Carilah kode yang mirip seperti Ini :





6. Copy lalu paste kode berikut persis di bawah kode yang tadi :





7. Klik tombol SIMPAN TEMPLATE
8. Selesai.
Dengan cara tersebut, tulisan " Read more » " akan muncul walaupun anda tidak menggunakan template yang disediakan oleh blogger.

Secara default tulisan yang akan muncul adalah " Read more » ", namun anda bisa mengubahnya sesuai keinginan anda, caranya seperti ini :

1. Silahkan login ke blogger dengan ID anda.
2. Klik Tata Letak.
3. Klik tab Elemen Halaman.
4. Klik "Edit" pada elemen "Posting Blog" atau "Blog post" untuk yang bahasa inggris.

5. Setelah muncul jendela baru, gantilah tuisan Read more » menjadi tulisan sesuai dengan keinginan anda.

6. Klik Tombol SIMPAN
7. Selesai.
Untuk anda yang menggunakan trik membuat read more seperti yang kang Rohman posting disini! sebaiknya di hilangkan saja karena blogger sekarang sudah mempunyai sistem read more sendiri. Cara mengembalikannya silahkan baca saja trik tersebut secara terbalik yaitu di baca dari bawah ke atas.
gimana cara buat masukin file ke dalam blog dari blogger.com?
Sun, 04/05/2008 - 1:29am — budiyuki
gimana ya caranya bwat masukin file PDF kita ke blog kita, dengan maksud biar orang lain tw dan klo dia suka dengan artikel PDF itu dia bisa download PDF nya. ngerti kan maksudnya? plissss, tolongin-lah ...
‹ Gimana cara akses blog blogger yang tidak bisa diakses? Hukuman apa yang pantas buat orang zina (hubungan seks bukan suami isteri)? ›
• Ngobrol
• Add new comment
Sun, 04/05/2008 - 9:49pm — surya.aj
KOMENTAR GUE.
caranya masuk di kolom edit profil, pilih bagian file URL disitu kita bisa upload file kita.
• reply
Sun, 04/05/2008 - 10:29pm — godam64
cara upload gambar dan video di blog blogger / blogspot
caranya gampang kok untuk tambah file gambar dan vidio.
pas mau tambah posting baru / artikel baru di menu cari saja tambah gambar (add picture) atau tambah video (add video) di sebelah kanan pengaturan huruf, tata letak, dan editing lainnya.
selamat mencoba.
• reply
Mon, 23/06/2008 - 4:21pm — Tamu
Kalo untuk PDF dll
Untuk naro file bisa kamu simpen dulu di googlepages.com. sign up pake account gmail kamu. terus kalo dah punya account di 'googlepages' , kamu baru bisa upload file2 kamu. setelah itu klik hasil file yg terupload di googlepages. maka akan muncul tab baru (firefox)/ windows baru (IE), yg memunculkan file yang telah kamu upload copy link nya, dan paste di notepad. atau kamu juga bisa taro di site2 uploader
lainnya dgn cara di googling. beberapa diantaranya: rapidshare, megaupload, you send it dll.
Buat screen shots thumbnail di postingan blogger kamu untuk tiap file pdf kamu berikut penjelasannya. tempel link yang udah kamu dapet baik itu dari 'google pages' , 'you send it', 'Rapidshare', 'megaupload', dll . di tiap thumbanail screenshots tiap file, hati2 ketuker heheh.
Pertama upload dulu file screenshots gambar kamu di site image hosting gratis kayak www.photobucket.com dll. sign up dulu. atau bisa juga di taro googlepages juga langsung. terus ambil linknya dan aplikasikan pada code html seperti dibawah ini:
Code:
misalkan:
(Photobucket)
(Googlepages)
paste code tersebut di postingan kamu, bagian edit html, jangan di tab compose. setelah dipaste coba di klik preview. kalo gambar dah keluar berarti kamu dah berhasil. Hooreey!!
jadi disetiap postingan kamu dah berisi gambar/sreenshots file PDF, atau lainnya yang otomatis berisi link direct ke tiap file hosting dimana kamu menyimpan file2 tsb. misal naro di google pages. otomatis tiap pengunjung yang mengklik gambar tersebut akan dibawa lsg ke area download file.
Semoga bermanfaat.
www.tilamcarpet.com , http://laptop-buyer-guide.blogspot.com
http://lifemotivator.blogspot.com , http://fotography-tips.blogspot.com
• reply
Wed, 20/08/2008 - 1:25pm — Tamu
Blog
Wah apik mas info na,tp gim mas lou buat kode html sdr untuk postingan
maaf mas q new blogger hehe
• reply
Mon, 25/08/2008 - 12:26am — Tamu
Posting video di blogger
Mas salam kenal aku Kus, boleh tanya yah, aku udah coba posting video pake add video tapi ko tetep gagal yah pake embed dari Youtube juga gagal, trus disuruh pake adobe flash player yang latest produk, gimana tuh Mas yah,
Terima kasih atas waktunya,
Salam,
Kus
• reply
Sat, 30/08/2008 - 1:56pm — Tamu
asalamualaikum
mas tanya aja jawab ke email wiwin ya
siwiwin@gmail.com
gimana caranya masukin PDF ke blog???
kan sayang kalau punya file banyak dihardisk toh hardisknya rusak pula kan sayang..
makanya wiwin buat pdf banyak-banyak ntar wiwin masukin ke blog wiwin tapi wiwin belu tahu caranya..
jika berkenan membagi ilmunya kewiwin/// dengan tidak merubah format tulisan pdf ya///
• reply
Wed, 31/12/2008 - 11:09am — Tamu
tentang file
sebenarnya aku punya file yang ingin di simpan di bloger berupa file pdf atau winzip gimana caranya
http://pesantrenputri.blogspot.com
• reply
Sun, 11/01/2009 - 10:03am — Tamu
sunny
mas mau nanya, apa gak bisa langsung uploud file ke blogspot???? kayak di wordpress itu????
dan juga caranya buat blogspot menjadi do follow itu gimana yaaaaaaaaaa??????????????????
www.cangkrukdisini.co.cc
ini coba, di blog ini do follow apa gak, maaf...........
• reply
Sun, 11/01/2009 - 1:55pm — irfansyah
irfansyah berkomentar
untuk upload file yg bersifat PDF atau file2 yg pengen didownload untuk pengunjung yg dateng ke blog kamu gampang qok! kamu harus berhosting atau menempatkan file kamu di server lain.nah nanti server tersebut memberi kamu link untuk diletakkan di blog kamu. saya ada cara ok ni........go to www.ziddu.com selain kamu dapat menempatkan file2 kamu untuk didownload pengunjung kamu bisa mendapatkan DOLLAR dari ziddu ini loh.setiap ada yang mendownload file kamu, kamu akan dapat komisi malah...hebatkan?ga percaya?coba dan coba. utnuk info lainnya dapatkan di:
irfan at http://www.bina-informatika.co.cc
• reply
Sun, 18/01/2009 - 2:59pm — Tamu
LAGU
MAS GIMANA MASUKIN LAGU KE DALAM BLOG?
INI BLOG SAYA www.masjanuprioka.blogspot.com
kira-kira kurang apa ya?
• reply
Sun, 18/01/2009 - 3:02pm — Tamu
janu
www.masjanuprioka.blogspot.com
mas komentarin donk kurangnya apa ni baru belajar.
• reply
Sat, 21/03/2009 - 7:15pm — Tamu
zaqhiia.blogspot.com
hehehe............
makaci iNfoNya..............
veRy veRy meMbaNtu aQ......................
• reply
Sat, 28/03/2009 - 2:50am — Tamu
pendatang baru
mau tanya mas,
kalo masukin html ke blog gmana caranya ya....
q banyak design template tapi format html.
• reply
Thu, 09/04/2009 - 12:59am — Tamu
lancengmadureh/newbie
Assalaamualaikum salam kenal dan damai dari lancengmadureh(Perjaka madura)! Mas..mau nanya saya sudah mengikuti langkah yang sampean berikan tentang mengupload foto dan video ke blog seperti jawaban sampean atas pertanyaan teman kita itu,cuma ketika saya mengupload video tidak bisa padahal ukurannya tidak melebihi aturan blog.Kenapa ya mas..mhn solusinya dong!kalau upload foto sukses.Mator sakalangkon (Terima kasih)atas penjelasannya!
• reply
Fri, 10/04/2009 - 4:12pm — Tamu
kode link
mas,gimana cara buat kode link yang keren?
• reply
Sat, 11/04/2009 - 10:13am — rio_aza
up load file k blog
boz gmn ni cara up loas fike k blog pnya q g jadi2 bloknya + cara masang iklan di blog dmn yah.............
• reply
Wed, 15/04/2009 - 8:25am — Tamu
Cara Upload Game
Mas Ajarin dong cara ngasih bonus game di blog. Walau game orang, tapi game yang udah basi kan g papa he he he. Blogku di "riendoesta-ghanny.blogspot.com"
• reply
Mon, 15/06/2009 - 10:20pm — Tamu
hebat ei..
MAs saya new blogger nih? tlong ajarin semua yg berhubngan dgn blog? ni blog bru saya sadly09 blogspot thnak sblumnya.......
• reply
Sat, 05/09/2009 - 8:34am — Tamu
My comment
Mas saya gimana ya cara bikin form buat pendaftaran di blog kita,cos gua mu bikin community mtv insomnia nieh,taukan??tolong d shar ya
• reply
Fri, 22/01/2010 - 8:10am — Tamu
saya dah coba kok ga bisa
saya dah coba kok ga bisa
• reply
Sun, 24/01/2010 - 6:17am — Tamu
ry
mas, koek saya ngak bsa nambah video di blog saya, gmana caranya.
• reply
Mon, 15/02/2010 - 3:15am — Tamu
upload
gimana cara upload fili html ke blog?
• reply
Wed, 17/03/2010 - 10:41pm — Tamu
berkunjugn za ke
berkunjugn za ke webku ada cara buat upload file jenis apa ja ke blogger....
thanks....
• reply
Thu, 25/03/2010 - 10:26pm — Tamu
Api
Mas, saya baru belajar, gmana si carnya upload video trus bisa di download org lain?..
http://apui-anime.blogspot.com
• reply
Wed, 14/04/2010 - 7:58am — Tamu
Upload file unlimited storage & dibayar
Buat yang mau upload file sebanyak-banyaknya dan tdk dibatasi, upload aja ke alamat ini :
http://www.ziddu.com/register.php?referralid=(yoa0xEjRM;
caranya copy paste aja alamat tersebut ke addressbar browser anda. Lalu isi username dan account e-mail anda disana. Klik register, maka anda sudah bisa mengupload file sepuasnya dan kalau file anda didownload orang lain, maka anda akan dapat bayaran. Jadi upload aja sebanyak-banyaknya (boleh tex, doc, pdf, image, dll terserah), yang penting bukan virus.
Semoga bermanfaat,
y_saiful@yahoo.com
• reply
Fri, 16/04/2010 - 10:28am — Tamu
mas gmn cara mendaftarkan
mas gmn cara mendaftarkan blog ke yahoo..dan gmn cara upload file html ke blogger misaly dengan alamt http://blogku.blogspot.com/file.html
• reply
Tue, 01/06/2010 - 3:18am — Tamu
cara upload video
gmna cara upload video?? udah buka entri baru tp ga ada pilihan buat video cm image aja
• reply
Sun, 12/09/2010 - 12:54pm — Tamu
comment donks...
mas.. ni blog saya.. comment.in y.. soalnya baru belajar.. (blogny sich udh lama tp d edit"ny baru 3 bulan) thanx b4
• reply
Thu, 30/09/2010 - 5:33pm — Tamu
AKU BUTUH INFO
infonya sangat bermanfaat ndan
• reply
Sat, 13/11/2010 - 11:36am — Tamu
toto'z
Mau tanya nich, kalo di wordpress kan kita bisa unggah/sisipkan ..... media, kita bisa langsung upload file dari komputer, klao di blogspot bisa ga ya? belum ketemu nich apa memang fiturnya ga ada?
• reply
Tue, 21/12/2010 - 9:34am — Tamu
uploud pdf
trims, langkah pertama sudah berhasil lewat www.ziddu.com. mas irfan bisa minta bantuan langkah berikutnya?
• reply
http://organisasi.org/gimana-cara-buat-masukin-file-ke-dalam-blog-dari-blogger-com

Tidak ada komentar: