Senin, 07 Februari 2011

Multimedia Sebagai Media Pembelajaran di Sekolah

Resume

Multimedia menjadi alternative sebagai media dalam proses pembelajaran di sekolah. Dengan menggunakan multimedia sebagai media pembelajaran diharapkan menumbuhkan ketertarikan dan minat siswa dalam mengikuti pelajaran dan juga memperoleh hasil/tujuan yang maksimal.

Salah satu faktor untuk mencapai tujuan pembelajaran adalah metode pembelajaran. Oleh sebab itu metode pembelajaran merupakan suatu ketrampilan yang harus dimiliki oleh setiap pengajar/guru. Metode pembelajaran yang tepat akan sangat berperan dalam terciptanya tujuan pendidikan itu sendiri.

Metode pembelajaran konvensional yang digunakan oleh para pengajar pada prinsipnya sama, apakah itu dengan cara diskusi, praktek secara langsung ataupun cara-cara lainnya. Dengan metode ini siswa suatu saat akan mengalamai kejenuhan, dan juga tidak semua siswa bisa menerima cara-cara tersebut hal ini disebabkan setiap siswa memiliki tingkat intelegen yang berbeda. Dalam kehidupan sehari-hari bisa kita lihat bahwa acara televisi, lagu, video, animasi ataupun gambar-gambar yang menarik bisa menimbulkan rasa ketertarikan dan penasaran serta tidak membuat kita merasa cepat jenuh. Dan juga kita lebih mudah mengerti dan menerimanya itupun karena adanya inovasi dan kreativitas yang terus-menerus sehingga masyarakat tidak mudah bosan bahkan menunggu.

Dari kehidupan sehari-hari seperti yang telah diuraikan, maka tidak ada salahnya para pengajar menggunakan metode/cara seperti halnya televisi, lagu ataupun gambar. Untuk mengimplementasikan metode tersebut secara tidak langsung kita akan berhubungan dengan teknologi informasi. Perkembangan teknologi informasi dari hari ke hari terus berkembang dengan pesatnya. Mengapa kita tidak memanfaatkan teknologi informasi tersebut untuk melakukan metode pembelajaran ?. Mau tidak mau para pendidik dituntut untuk menguasai teknologi informasi meskipun sedikit atau sekedar tahu informasinya, karena cakupan dari teknologi informasi sendiri sangat banyak.

Berbicara mengenai televisi, lagu, animasi dan gambar maka kita akanhttp://blogger.kotamagetan.com/multimedia-sebagai-media-pembelajaran-di-sekolah.html

Tidak ada komentar: