Selasa, 01 Februari 2011

Resep nakal melunakkan daging

Seorang kawan yang berprofesi sampingan sebagai jagal (tukang sembelih) sapi memberikan resep untuk melunakkan daging sapi yang liat dan daging hewan lain seperti ayam. Resep ini banyak digunakan oleh penjual daging olahan seperti warung makan dan penjual lauk dari daging.



Daging yang liat bisa jadi karena proses penyembelihan yang salah, hewan stres akibatnya otot-otot tegang dan dagingnya pun nantinya liat dan keras bila dimasak. Bisa juga daging yang liat karena hewan sudah cukup tua dan hewan yang diliarkan (tidak dikandang). Istilah hewan yang diliarkan yaitu umbaran, misal ayam kampung umbaran yaitu ayam yang diumbar tidak dikandangkan. Ada yang menyebutnya ayam aerobik karena selalu berlari ke sana kemari yang menyebabkan dagingnya sangat liat alias ulet. Banyak tip melunakkan daging seperti menggunakan getah pepaya (papain) yang sehat karena dari bahan alami. Sedangkan resep dari kawan jagal itu dari bahan kimia yaitu: obat sakit flu. Lho, apa bisa? Daging yang cukup liat dan keras ketika direbus dimasukkan 1-2 butir obat sakit flu (bodrex, procold, inza dll) sesuai jumlah daging yang dimasak. Air rebusan dibuang sebelum diberi bumbu dan dimasak lebih lanjut.



Bagaimana obat flu bisa melunakkan daging? Obat sakit kepala tersebut mengandung zat pereda rasa sakit (amphitaminoven). Zat itulah yang membuat daging melunak ketika direbus. Resep yang sedikit licik tersebut juga digunakan para penjual ayam sembelihan khususnya ayam petelor afkir. Beberapa jam sebelum disembelih ayam diberi sebutir obat flu, dijamin daging ayam petelor afkir yang terkenal a lot menjadi empuk.



Terserah apakah ingin mencoba resep yang mengandung zat kimia itu atau memilih papain yang sehat alami. Walau obat flu juga aman diminum asal dosisnya sesuai tetapi tetap harus hati-hati.





http://elfarid.multiply.com/journal/item/343

Cara CEPAT MELUNAKAN DAGING AGAR MENJADI LUNAK

Resensi oleh:laras
Daging....ada -ada aja,keras lah,,,kalau godognya juga lama,ampun dah.....sekarang anda gak perlu cemas lagi,karena ada cara yang cepat agar daging anda menjadi lunak dan empuk....Perhatikan pula apabila anda memakan daging,,,berupa steak atau jenis lain,,,,kalau anda mau menikmati daging...perhatikan dulu seratnya....seratnya kemana?anda tak perlu pisau cukup dengan sendok atau garfu entuk membelah daging....jangan sekali-kali memotong daging berlawanan dengan serat daging,sebab akan menyulitkan kita.,,caranya ikuti serat dengan sendok dan garfu,dan akan dengan mudah terbelah.Biasakan lah hal ini dilakukan karena akan sangat bermanfaat bila anda seorang Bussines man atau eksekutif lainnnya.

Apalagi bila anda menemukan daging kerbau,seratnya kasar luar biasa,beda dengan sapi lebih halus dan kecil-kecil,sementara kebo agak kasar seratnya,terus warna daging terlalu merah,masih baik daging sapi lah,nah untuk melunakan daging dengan cara:

1.bersihkan daging dengan air bersih

2.Kemudian siapkan air dalam panci dan rebus sampai matang,daging jangan dimasukan dulu....lalu masukan 2 butir bodrex kedalamnya dan setelah lima menit baru masukan daging sapi,kebo atau ayam yang keras....tunggu sebentar kemudian angkat dan coba dengan garfu sudah lunak apa belum?kalau sudah ya langsung angkat...kalau belum ya tanak lagi...

Setelah lembek atau lunak,maka angkat dan titiskan kemudian cuci dengan air bersih,kemudian masak sesuai selera....ok lah...

Cara CEPAT MELUNAKAN DAGING AGAR MENJADI LUNAK Originally published in Shvoong: http://id.shvoong.com/lifestyle/food-and-drink/2012739-cara-cepat-melunakan-daging-agar/
http://id.shvoong.com/lifestyle/food-and-drink/2012739-cara-cepat-melunakan-daging-agar/Untuk menghasilkan makanan olahan dari daging yang empuk sebaiknya daging tersebut jangan dicuci dahulu namun cukup di blancing saja.

Yaitu dengan cara memasukan daging tersebut ke dalam air dingin lalu merebusnya sampai setengah matang. Hal ini dapat membersihkan kotoran yang terdapat dalam daging tanpa harus mencucinya, karena saat daging dicelupkan ke air dingin, kotoran dalam daging dapat keluar dan saat air telah panas kotoran tersebut akan menjadi gumpalan diatas permukaan air.

Jadi daging menjadi lebih bersih dan g alot lagi!
http://gudangresep-qie.blogspot.com/2009/01/tips-agar-daging-tidak-alot-keras-1.htmlAgar daging lebih lunak, lumuri daging yang telah dipotong-potong dengan garam. Garam juga dapat ditambahkan ketika merebus daging. jika Anda menghindari penggunaan garam dalam jumlah berlebih, gunakan daun pepaya untuk membungkus daging dan biarkan beberapa saat sebelum memasaknya.http://www.klipingku.com/2009/10/tips-melunakkanmengempukkan-daging/Dipilih oleh Suara Terbanyak
Panci presto melindungi sistemnya dari kebocoran massa menuju ke lingkungan di luar presto. Air yang mendidih di dalam panci presto akan menguap, namun uap tersbeut tidak akan mampu ke luar lingkungan presto, hal ini akan menyebabkan terjadinya penumpukan tekanan di dalam presto. tekanan yang semakin tinggi akan meningkatkan titik didih air sehingga air akan mendidih di atas 100 derajat celcius dan akan semakin tinggi seiring dengan meningkatnya tekanan akibat dari semakin banyaknya molekul air yang menguap.

Kombinasi dari tekanan dan temperatur yang tinggi itulah yang membuat presto mampu melunakkan daging. Proses pelunakkan daging tidak hanya kita menekan daging dengan tekanan tinggi dalam waktu lama, hal ini juga terkait terjadinya deformasi struktur protein yang ada pada daging; dengan temperatur dan tekanan yang tinggi protein yang menyusun daging akan terdeformasi, rusak, dan terpecah-pecah sehingga daging menjadi lebih lunak dan lebih mudah dipotong/digigit.

Bukti dari terdenaturasinya protein pada temperatur tinggi bisa dilihat pada susu UHT murah yang biasa dijual di masyarakat; di bagian komposisi susu pasti terdapat bahan yang disebut bubuk kuning telur yang dicampurkan ke dalam susu guna meningkatkan kadar protein susu, karena protein susu rusak selama proses UHT (Ultra High Temperature) yang dilakukan pabrik demi sterilisasi.
materi referensi:
Materi kuliahAir akan mendidih ditemparatur 100 derajat celcius dan tekanan udara 1 atmosfir.
jadi air hanya bisa mencapai temperatur itu saja.
Panci Presto menaikan tekanan udara diatas 1 atmosfir sehingga temperatur auirnya bisa jauh diatas 100 derajat celcius.
sehinggan bisa mehancurkan tulang menjadi cair apalagi cuma daginghttp://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20100717045729AAzS2NX Tips Mengolah Daging Kambing
18 November, 2010
TIPS MENGOLAH KAMBING Tips Mengolah Daging KambingTips Mengolah Daging Kambing

Agar olahan kambing anda nikmat dan tak kalah dari olahan sapi, ada baiknya perhatikan tips-tips berikut ini :

1. Pilihlah daging dari kambing yang masih muda agar dagingnya tidak liat.
2. Untuk menghasilkan sajian dari daging kambing yang berkualitas, pilih daging kambing yang segar dan masih baru dengan ciri : daging berwarna merah segar, berbau khas, bingkas / kenyal, seratnya lebih halus dari daging sapi dan banyak lemaknya ( dagingnya lunak ). Jika yang diolah kaki, kepala atau jerohan pilihlah yang sudah bersih dari bulu dan kotoran.
3. Sebaiknya pilih daging kambing yang sudah mengalami proses pelayuan ( digantung beberapa saat ) agar daging tidak liat.
4. Jika membeli daging kambing dalam jumlah besar, sebaiknya simpan daging kambing dalam freezer dengan kemasan sesuai porsi sekali masak.
5. Karena daging kambing yang lunak adalah yang banyak lemaknya, maka sebelum mengolah sebaiknya potong atau buang lemak yang menempel pada daging jika tidak diperlukan.
6. Jika kita tidak membeli kambing yang masih hidup / tidak tahu usia kambing yang akan diolah, agar tidak liat sebaiknya lumuri dahulu daging dengan parutan buah nanas, atau bungkus daging dengan daun pepaya dan biarkan beberapa saat. Anda juga bisa memanfaatkan meat tenderizer ( bubuk papain ) siap pakai yang banyak dijual di pasaran untuk melunakkan daging.
7. Untuk mengeluarkan otak dari tempurung kepala, setelah kepala dibersihkan, rebus atau kukus kepala hingga matang baru pecahkan tempurung kepalanya dan keluarkan otaknya. Dengan cara ini otak tidak hancur.
8. Untuk mengurangi aroma atau bau yang tidak sedap pada daging, sebelum diolah sebaiknya daging dilumuri dengan air jeruk nipis atau cuka yang didiamkan beberapa saat kemudian dicuci bersih. Selain itu bisa juga dengan cara merebus daging dengan aneka rempah seperti daun salam, daun jeruk, serai, kayu manis, cengkih atau rempah yang lainnya sebelum diolah.
9. Pastikan saat daging dimasukkan air sudah mendidih. Hal ini juga dapat meminimalkan bau tak sedap pada kambing atau prengus. Jika daging diolah dengan kuah santan sebaiknya rebus daging dengan santan cair, jika daging sudah lunak baru ditambahkan santan kental.
10. Jika merebus daging atau bagian kambing lainnya ( jerohan, iga dll ) belum lunak tapi air sudah habis, tambahkan air mendidih agar cepat lunak.
11. Jika yang diolah jerohan kambing, sebaiknya rebus jerohan dengan rempah berulang-ulang. Jangan lupa untuk mengganti airnya setiap kali merebus.
12. Masak daging kambing dengan bumbu yang tajam dan berempah untuk menghilangkan prengus / bau tak sedap kambing.
13. Untuk menetralisir setelah mengkonsumsi daging kambing, imbangi dengan minum jus seledri, mentimun atau belimbing.

pixel Tips Mengolah Daging Kambing
Incoming search terms for the article:

resep masak daging kambingmengolah daging kambingresep masakan daging kambing indonesiamenghilangkan bau jerohanresep masakan dari daging kambingresep sup kepala kambingresep masakan kepala kambingresep masakan daging sapi & kambingresep masak daging kepala kambingresep-resep masakan daging kambinghttp://resepmasakanindonesia.info/tips-mengolah-kambing/

2 komentar:

nugraheni mengatakan...

ika engkau miskin bersyukurlah karena engkau akan sedikit mempertanggungjawabkan hartamu
Jika engkau kaya bersykurlah karena engkau mempunya banyak kesempatan beramal
Apapun yang terkadang kita anggap kekurangan sesungguhnya itu rahmat jika kiya mensyukurinya
Apapun yang kita anggap nikmat bisa jadi azab jika kita tidak mensyukurinya

Sumber: KUMPULAN KATA MUTIARA ISLAM & KATA2 MOTIVASI ISLAM - Peluang Usaha
Jangan pernah mengeluh atas apa2 yang diberikan Allah kepadamu
kabarkan kepada Nya bahwa engkau ikhlas dan bersyukur atas segala keputusan Nya

Sumber: KUMPULAN KATA MUTIARA ISLAM & KATA2 MOTIVASI ISLAM - Peluang Usaha

Unknown mengatakan...

Thanks infonya